Mengunjungi Pasar Santet Akodessewa di Afrika yang Akan Membuatmu Ngeri

oleh Rizal
12:30 PM on Sep 30, 2016

Berbicara soal pasar paling mengerikan di dunia, tentu nggak lepas dari sebuah tempat bernama Akodessewa ini. Ya, jika pasar biasanya menjual barang-barang konsumsi dan umum, yang satu ini lain dari pada yang lain. Percaya atau nggak, tapi Akodessewa adalah pasar yang khusus menjual barang-barang kebutuhan sihir.

Di sini kita bisa menjumpai benda-benda aneh yang bisa dibilang mengerikan. Mulai boneka-boneka Voodoo yang menyeramkan itu, sampai tubuh-tubuh hewan yang diawetkan, entah baboon, kadal, buaya dan sebagainya. Nggak hanya untuk sihir saja, segala obat alternatif tradisional khas Afrika juga bisa ditemui di sini. Dan katanya nih, obat-obatan itu sangat manjur.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Uniknya, meskipun seram luar biasa, pasar ini sangat laris dikunjungi. Bahkan kebanyakan yang mampir ke sini dipastikan membeli sesuatu untuk dibawa pulang. Masih soal Akodessewa, berikut ini adalah fakta-fakta lebih dalam tentang pasar mengerikan itu.

Benda-Benda Ngeri yang Dijual di Akodessewa

Pasti pernah mampir ke Diagon Alley-nya Harry Potter kan, meskipun hanya dalam film? Nah, Akodessewa ini kurang lebih sama seperti itu. Namun, apa yang ada di pasar Afrika ini jauh lebih seram dan menakutkan. Terutama melihat dari benda-benda yang dijual di sana. Hampir nggak ada benda lumrah di sini, semuanya sangat ekstrem dan mengejutkan.

Benda-benda ngeri yang dijual di Akodessewa [Image Source]
Benda-benda ngeri yang dijual di Akodessewa [Image Source]
Di antara berbagai benda yang dijual, kita bisa menjumpai banyak sekali bangkai-bangkai hewan yang diawetkan. Mulai dari kera baboon, burung-burung, dan lain sebagainya. Ada juga organ-organ tubuh hewan seperti jantung kuda dan lain sebagainya. Nggak hanya itu saja, ada juga boneka Voodoo dengan berbagai macam ukuran yang bisa dibeli.

Khasiat Unik dari Benda-Benda Sihir Akodessewa

Meskipun ngeri luar biasa, tapi faktanya pasar ini sangat ramai dikunjungi, terutama oleh orang-orang lokal. Para pengunjung ini rata-rata memang mencari benda-benda di sana yang konon memberikan khasiat nyata. Berbicara soal khasiat, banyak nih yang mengklaim jika hampir semua benda sihir Akodessewa memberikan manfaat nyata.

Benda-benda ini konon memberikan efek [Image Source]
Benda-benda ini konon memberikan efek [Image Source]
Misalnya adalah kaki simpanse yang katanya bagus untuk kaki agar bisa berlari kencang. Ada juga jantung kuda yang katanya efektif untuk kesuburan dan kehamilan. Cara penggunaan benda-benda sihir itu nggak hanya dipajang begitu saja. Beberapa dihancurkan menjadi bubuk baru kemudian digunakan. Tertarik ingin mencoba?

Di Akodessewa Dijual Obat untuk Semua Jenis Penyakit dan Manjur

Nggak hanya menjual benda sihir dan jimat, pasar Akodessewa juga menyediakan berbagai macam obat-obatan alternatif yang konon juga sangat manjur. Obat-obatan ini bentuknya sangat beragam dan kebanyakan ya dari bangkai-bangkai hewan yang dikeringkan itu lalu diolah lagi.

Menjual obat-obatan juga [Image Source]
Menjual obat-obatan juga [Image Source]
Soal khasiat, memang benar kalau semua yang dijual di sini itu manjur, setidaknya menurut para pengunjung. Bahkan banyak juga yang bilang jika pasar ini ibaratnya seperti pusat kesehatan di mana menyediakan obat untuk setiap jenis penyakit. Pernah ada satu cerita soal itu. Jadi, dulu ada seseorang yang terkena sakit parah lalu kemudian mencoba peruntungannya dengan mendatangi Akodessewa. Ajaibnya, ia pun berangsur-angsur sembuh setelah mendapatkan obat dari pasar ini.

Ada Tur Akodessewa yang Bisa Dicoba

Pasar satu ini jelas akan jadi tempat yang benar-benar asing dan menyeramkan bagi pengunjung baru. Makanya, ada agen khusus di sini yang bertugas sebagai guide. Dan layaknya seorang Guide, si pendamping ini akan menunjukkan apa pun dari pasar itu serta menjawab semua pertanyaan dari para turis.

Pasar Akodessewa punya turnya sendiri [Image Source]
Pasar Akodessewa punya turnya sendiri [Image Source]
Guide pasar sihir ini awalnya terkesan aneh, tapi lama-lama dianggap sangat penting kehadirannya. Para turis mengaku sangat terbantu dengan keberadaan para guide itu. Mereka yang awalnya buta, jadi lebih paham dan mengerti tentang pasar seram satu ini.

Ternyata Bukan Ilegal dan Diakui Oleh Pemerintah

Melihat barang yang diperjualbelikan di pasar Akodessewa ini bukanlah benda-benda umum, kita mungkin bakal berpikir kalau tempat ini ilegal. Kesannya mungkin seperti itu, tapi pada kenyataannya tidaklah demikian. Meskipun absurd dan aneh, tempat ini legal dan bahkan di-support penuh oleh pemerintah.

Pasar Akodessewa didukung pemerintah [Image Source]
Pasar Akodessewa didukung pemerintah [Image Source]
Ya, pemerintah tahu betul soal aktivitas perdagangan nyeleneh di pasar Akodessewa, namun sama sekali nggak mempersoalkannya. Malah, tempat ini makin sering di-blow up biar terkenal dan jadi magnet wisata baru bagi Togo. Dan memang, alasan kenapa makin banyak turis berkunjung ke sini tak lain adalah karena pasar Akodessewa.

Meskipun ngeri luar biasa, tapi tempat ini sukses jadi salah satu magnet wisatawan untuk datang ke Afrika, khususnya Togo. Kebanyakan orang-orang ke sini memang penasaran dengan wujud asli pasar Akodessewa yang terkenal itu. Dan memang, si pasar sihir ini persis banget seperti yang dibayangkan. Sayangnya, bagi yang berhati lemah disarankan untuk nggak main ke sini atau bakal pingsan seketika.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA