Sarijadi, Pasar yang Digadang Paling Keren dan Modern Se-Indonesia, Siap-Siap Terkejut!

Kalau pasarnya macam begini, siapa coba lebih milih belanja di sana ketimbang di mall

oleh Arief Dian
16:00 PM on Jun 2, 2017

Menyebut kata pasar, pasti yang terbayang di benak kita adalah tempat yang agak kumuh dan kotor. Bagaimana lagi, memang seperti itulah potret pasar yang selama ini ada di Indonesia. Bukan hanya penjual, namun pembeli pun juga bertanggung jawab karena ulah tidak menjaga kebersihan saat berada di pasar. Banyak sampah berserakan, adalah salah satu bukti kelakuan kotor tersebut.

Lazimnya pasar memang begitu, namun tentu tidak semua seperti itu. Misalnya saja salah satu pasar yang ada di Bandung ini. Pasalnya, pasar ini dibangun dengan arsitektur yang sangat canggih dan modern. Kesan pasar yang kumuh dan kotor seolah tidak lagi melekat pada tempat jual beli yang satu ini. Bahkan pasar Sarijadi ini bisa dinobatkan sebagai pasar terkeren di Indonesia. Jadi seperti apa informasi selengkapnya mengenai pasar ini? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Dulunya merupakan pasar yang kumuh

pasar Sarijadi [image source]
Tidak seperti sekarang, yang nampak seperti bangunan modern, dulunya pasar Sarijadi merupakan tempat yang sangat kumuh. Senasib dengan keadaan pasar tradisional yang ada di Indonesia lainnya, baik kebersihan maupun keadaan tempat tidak terjaga sama sekali. Namun bagaimana lagi, pasalnya hanya pasar itulah yang menjadi sentra jual beli masyarakat setempat. Namun setelah mengalami revitalisasi, pasar ini telah berubah menjadi pasar yang sangat maju, bahkan mungkin yang paling canggih dan keren yang ada di Indonesia.

Sempat mangkrak karena beberapa alasan

Serba modern [image source]
Namun usaha untuk melakukan revitalisasi pasar ini ternyata tidak mudah. Meskipun telah dicanangkan sejak beberapa tahun yang lalu, namun pembangunan di pasar Sarijadi sempat terbengkalai dalam waktu yang lama. Kurang lebih dua tahun pasar yang dijanjikan akan segera rampung itu ternyata tidak selesai juga. Namun akhirnya setelah melalui proses yang cukup lama itu, tepatnya tahun 2017, pasar Sarijadi dapat berdiri dengan megah. Banyak orang merasa pangling dengan pasar ini, pasalnya bentuknya benar-benar tidak bisa dibandingkan dengan yang dulu.

Di desain berdasarkan arsitek Universitas Parahiyangan

Bilik pasar [image source]
Dalam pembangunan pasar yang canggih ini, ternyata pemerintah Bandung menggaet para arsitek dari Universitas Parahiyangan. Berdasarkan kesepakatan, dibuatlah desain sebuah pasar dengan gaya yang kotemporer sehingga berbeda dengan yang lainnya. Kurang lebih dana sebesar 19 miliar mesti dikucurkan untuk membangun pasar yang secanggih dan semodern ini. Meskipun begitu, ternyata hal itu tidak sia-sia melihat kondisi pasar yang sangat bersih dan menunjukkan desain yang sangat berkelas. Kini pasar tersebut menjadi sangat ramai bahkan ketimbang yang dahulu karena banyak warga mengaku puas berbelanja di sana.

Banyak fasilitas yang tidak ada duanya

Petugas kebersihan [image source]
Satu lagi hal menarik yang membuat pasar Sarijadi ini menjadi pilihan utama berbelanja adalah fasilitas yang luar biasa. Di sana disediakan jalan khusus bagi para difabel untuk berbelanja kebutuhan pokok. Selain itu bentuk bilik pasar juga sangat maju sudah seperti yang ada di Jepang maupun Amerika. Selain itu kebersihan di sana sangat terjaga tidak seperti pasar biasanya. Pasalnya sudah ada petugas kebersihannya sendiri yang siap membersihkan sampah yang berserakan. Meskipun demikian, para penjual dan pembeli di sana dilarang keras untuk membuang sampah sembarangan karena pasti bakal terkena teguran.

Bukan hanya sekedar pasar biasa

Pujasera [image source]
Uniknya, pasar ini memang di desain secara inovatif. Di lantai satu kita bakal menemukan para penjual kebutuhan pokok seperti sayur dan daging. Sedangkan di lantai dua, di sana tempatnya para penjual pakaian  dan kebutuhan fashion seperti baju, celana, jam tangan dan sebagainya. Sedangkan di lantai tiga, pasar Sarijadi sudah menyediakan foodcourt sendiri dengan kondisi tempat yang sangat modern. Oleh sebab itu banyak orang yang sangat betah untuk berada di tempat ini. Bahkan setelah rampung dibangun, banyak orang yang berbondong mengabadikan gambar berselfie ria.

Kalau melihat bentuk dan fasilitas bangunan yang seperti itu sih, Sarijadi tidak kalah dengan mall yang ada di Indonesia. Sudah bersih, juga canggih lagi, wajar banyak orang yang betah belanja di sana. Sarijadi seharusnya juga menjadi contoh pasar lain jika memang ingin maju pula.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA