Biar Nggak Kelihatan Kampungan, Inilah 5 Pantangan Saat di Bandara yang Harus Kamu Ketahui

Kelihatannya sepele, tapi hal-hal ini ternyata haram di lakukan saat berada di bandara

oleh Nikmatus Solikha
15:00 PM on Jul 16, 2017

Kalau traveling ke luar kota mungkin masih bisa ditempuh dengan bus atau kendaraan darat lain. Tapi, kalau punya niat bepergian ke luar pulau, memang musti pakai pesawat. Kalau ada dana, boleh tuh sesekali jalan-jalan jelajah pulau yang jauh dari kampung halaman kamu.

Ngomongin soal transportasi udara, kamu tentu udah nggak asing dengan bandara, kan? Kira-kira, kamu udah paham belum sih gimana bertata krama saat di tempat itu? Biar nggak dianggap kampungan, mending kamu pahami 5 hal terlarang dilakukan saat berada di bandara ini. Terlihat remeh sih, tapi ternyata haram dilakukan di kawasan penerbangan.

Baca Juga
5 Penginapan Paling Unik di Indonesia Ini Bakal Bikin Kamu Ogah Beranjak Pulang
5 Aplikasi Traveling Ini Banyak Kasih Diskon, Menyelamatkan Dompetmu Agar Nggak Sekarat Setelah Liburan

Jangan ngajak ngobrol apalagi bercanda dengan petugas check in

Pernah liat petugas check-in yang cantiknya ampun-ampunan? Rasanya pengen nyapa dan bercandain mereka. Siapa tahu bisa jodoh kan, ya? Niat hati pengen tampak humoris dan lebih akrab, tapi hal itu justru bikin kamu kelihatan kampungan.

ilustrasi petugas check in [image source]
Bercandaan calon penumpang justru bikin waktu para petugas check-in terbuang, obrolan nggak penting cuma mengganggu tugas mereka. Bisa-bisa, antrian check ini makin panjang gara-gara staf check-in nggak bisa kerja dengan fokus.

Jangan pernah bercanda soal bom di bandara

Siapapun kamu, seorang komika atau pelawak mending hentikan aktivitas bercanda saat masuk kawasan bandara. Bukannya apa-apa, cuma antisipasi biar nggak sampai salah ngomong. Memang sih, menunggu antrian di bandara kadang bikin boring. Tapi, jangan sampai kamu membunuh rasa bosan itu dengan candaan yang bisa bikin kamu terkena ancaman pidana. Lho, kok bisa?

Bercanda soal bom [image source]
Iya, bercanda soal bom itu termasuk pelanggaran pidana Pasal 437 UU Penerbangan. Makanya, kamu jangan sampai main-main sama bercandaan soal bom, karena bakal ada sanksi tegasnya. Kasus gagal terbang juga rupanya beberapa kali terjadi karena adanya bercandaan berbau bom, alih-alih terbang, malah harus berurusan sama pihak yang berwajib.

Jangan melakukan boarding sebelum waktunya

Pernah nggak sih kamu ngerasa nggak sabar untuk melakukan boarding? Meski nggak sabar, tapi mending kamu jaim deh kalau lagi di bandara—biar nggak kelihatan kampungan gitu. Sebab, saat di bandara kamu harus memastikan selalu menyimak panggilan boarding. Meski yang dipanggil boarding adalah nomor penerbangan kamu, bukan berarti kamu bisa langsung boarding.

Proses boarding [image source]
Kalau saat boarding pesawat menggunakan fasilitas garbarata, pihak penerbangan bakal duluin penumpang yang duduknya di belakang. Hal itu buat menghindari kemacetan penumpang di barisan depan yang masih sibuk naruh barang di bagasi kabinnya.

Jangan sampai protes melihat petugas pemeriksaan yang bekerja sesuai SOP

Saat akan menggunakan transportasi udara, sudah dipastikan petugas bakal memeriksa bawaan kamu dengan seksama. Atau kadang, ada beberapa orang yang ngerasa pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas bandara itu sangat lebay.

Pemeriksaan barang lebih ketat [image source]
Biarlah tas atau barang bawaan kita diperiksa dengan teliti, yang penting adalah kamu jangan sampai protes! Iya, bakal malu-maluin banget kalau kamu sampai nggak terima. Hal itu karena petugas bandara tentu sudah bekerja sesuai prosedur. Jadi, bukan cuma tas kamu saja yang diperiksa dengan intesif, tapi penumpang lain juga diperlakukan dengan sama.

Jangan sampai menolak saat petugas meminta lepas aksesoris

Masih inget dengan kasus ibu pejabat yang nampar seorang petugas bandara gara-gara menolak lepas jam tangan? Jujur aja, menurut kamu tindakan tersebut elegan atau kampungan? Yah, bisa dong ya nilai sendiri. Sebisa mungkin jangan sampai bikin keributan di bandara. Kalau petugas minta lepas jam ya harus dilepas, lepas ikat pinggang ya dilepas, nggak peduli kamu mantan pacarnya anak presiden atau siapapun.

melepas aksesori saat di bandara [image source]
Alasan kenapa beragam aksesoris logam harus dilepas adalah demi memperlancar proses pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mencegah masuknya penumpang yang membawa senjata tajam. Sebab, dulu pernah ditemukan penumpang yang menyimpan senjata tajam di ikat punggang. So, demi keamanan dan keselamatan bersama, jangan protes sama ragam pemeriksaan itu.

Berbeda dengan transportasi lain, pesawat memang memiliki standart keamanan paling ketat. Dan itulah lima hal yang harus kamu ketahui agar nggak terlihat kampungan saat berada di bandara. Semoga bermanfaat dan mudah-mudaah kamu nggak sampai lupa dengan lima pantangan tersebut saat akan melakukan penerbangan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA