Beginilah Penampakan 6 Pantai-Pantai Paling Unik di Indonesia

oleh Alfry
09:17 AM on Oct 24, 2014

Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke maka tak heran jika negeri ini dianugerahi begitu banyak keunikan alam. Salah satu keunikan alam yang sering di jumpai adalah karakteristik pantainya yang unik. Buktinya Indonesia memiliki pantai yang berpasir pink yang berada di Lombok.

Belum lagi pantai yang berada Maluku Utara yang memiliki pantai yang memanjang ke tengah laut sejauh 2 km, menakjubkan bukan! Di samping itu masih banyak lagi pantai-pantai unik yang tersebar di nusantara tercinta ini. Dan inilah penampakan pantai-pantai unik yang berada di Indonesia.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara – Berjalan Ke Tengah Laut Sejauh 2km

Inilah pantai paling unik yang ada di Indonesia dan mungkin di dunia, Pantai Ngurtafur. Letaknya berada di Pulau Warbal, Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. Keunikan dari pantai ini adalah pantainya yang memanjang ke tengah laut sepanjang 2 km.

Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara
Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara

Bayangkan sebuah pantai memanjang sejauh 2 km ke tengah laut yang biru dan jernih, seolah-olah Anda akan berjalan ke tengah laut. Sungguh menakjubkan! Kepulauan Kei sendiri merupakan gugusan pulau yang terletak antara Laut Seram, Laut Banda, dan Laut Arafuru. Tak heran, perairannya sangat jernih dan kaya akan biota laut.

2. Pantai Akesahu, Tidore – Mandi Air Panas di Pantai

Traveling ke pantai kalau tidak bermain ombak pasti ingin melihat sunset, itulah yang di lakukan kebanyakan orang pada umumnya. Dan jika ingin relaksasi dengan berendam di sumber air panas kebanyakan mereka akan pergi ke gunung. Tapi di pantai Akesahu yang terletak di Tidore, Maluku ini menawarkan keduanya.

Pantai Akesahu, Tidore
Pantai Akesahu, Tidore

Di pantai ini terdapat pemandian air panas yang bernama Akesahu, sebuah pemandian air panas yang terletak di pinggir pantai sehingga wisatawan dapat mandi sambil menikmati indahnya pemandangan laut. Ajaibnya meskipun letaknya di tepi pantai namun air di pemandian ini tetap tawar lho.

3. Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah – Satu Pantai Dengan Dua Jenis Pasir Berbeda

Pantai Tanjung Aan, begitulah nama pantai yang terletak di kawasan Lombok Tengah ini. Meskipun belum setenar Pantai Senggigi namun jika para traveler berkunjung ke sana dijamin akan langsung betah dan enggan untuk pulang. Pantai ini termasuk pantai yang unik di Indonesia karena dalam satu garis pantai memiliki dua jenis pasir yang berbeda.

Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah
Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah

Saat traveler memasuki pantai ini dan menengok ke sebelah kanan maka akan tampak pantai yang memiliki pasir yang begitu putih dan halus. Pada bagian ini kontur pantainya nampak begitu landai. Kemudian alihkan pandangan ke sebelah kiri pantai, terdapat pasir pantai yang berwarna lebih gelap dan memiliki kontir seperti merica, bulat dan berukuran besar. HIngga saat ini belum ada penjelasan yang memuaskan kenapa hal ini bisa terjadi.

4. Pantai Tangsi, Lombok – Pantai Dengan Pasir Berwarna Pink

Masih dari Lombok lagi, pantai satu ini memiliki warna pasir yang tidak biasa. Pada umumnya pasir pantai berwarna putih atau coklat, namun pantai ini memiliki pasir berwarna pink. Tak heran jika pantai ini mampu mencuri perhatian para turis mancanegara.

Pantai Tangsi, Lombok
Pantai Tangsi, Lombok

Jika ingin melihat warna merah muda yang sempurna, disarankan untuk mengunjungi pantai ini pada saat tengah hari ketika matahari bersinar dengan teriknya. Ditambah kontur pantai yang landai dengan suasana yang tenang maka para traveler akan mendapatkan sensasi layaknya di pantai milik sendiri.

5. Gosong Pantai, Halmahera – Melihat Fenomena Laut Terbelah

Jika sedang berlibur ke kabupaten Morotai, Halmahera, Provinsi Maluku maka mampirlah ke gosong pantai yang menghubungkan pulau Dodola Kecil dengan pulau Dodola Besar. Fenomena gosong pantai ini membuat laut seolah-olah terbelah menjadi dua bagian.

Gosong Pantai, Halmahera
Gosong Pantai, Halmahera

Disarankan untuk dapat menikmati fenomena laut ini para traveler datang disaat air laut sedang surut. Saat air surut inilah akan terbentuk sebuah gosong pantai yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Pada saat yang bersamaan traveler juga dapat melihat “batu kopi”, disebut demikian sebab batu ini menebarkan bau harum khas kopi.

6. Pantai Banyu Tibo, Pacitan – Terdapat Air Terjun Yang Jatuh Langsung Ke Pantai

Letaknya berada di Kabupaten Pacitan, Jawa timur. Pantai Banyu Tibo menjadi salah satu primadona destinasi wisata pantai di Pacitan. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai Banyu Tibo, Pacitan
Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Sesuai dengan namanya Banyu Tibo yang berarti air yang jatuh atau air terjun, di pantai ini memiliki keunikan dimana terdapat sebuah air terjun yang airnya jatuh langsung ke bibir pantai. Pengunjung dapat bermain-main di bawah air terjun ini dengan cara menuruni tebing setinggi 20 meter. Berhati-hatilah ketika menuruni tebing ini karena konturnya yang begitu terjal.

Masih banyak lagi pantai-pantai unik yang berada di Indonesia, sebagian sudah disebutkan di atas tadi. Mungkin ada salah satu pantai unik yang ada di sekitarmu yang belum banyak diketahui khalayak? Kenalkan pada dunia keindahan pantai di sekitarmu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA