in

Panai, Mahar Pernikahan Suku Bugis yang Bikin Kantong Pria Kempis

Ini yang Bikin Panai Mahal

Ya, Panai nilainya nggak selalu tetap. Ada semacam term and condition-nya. Jadi, ada kalanya Panai bernilai mahal, tapi kadang juga mendingan. Penentunya sendiri ada banyak dan yang jadi patokannya selalu pihak mempelai wanita.

Nilai Panai berbanding lurus dengan kualias si mempelai wanita [Image Source]
Nilai Panai berbanding lurus dengan kualias si mempelai wanita [Image Source]
Ya, makin berkualitas si wanitanya, Panai bakal melambung. Kualitas ini biasanya dilihat dari banyak hal pula, mulai dari pendidikan, keturunan, pamor orangtua dan sebagainya. Nggak hanya itu, cantik kadang juga jadi penentu tingginya Panai. Makin kayak model si mempelainya, maka makin dalam si pria harus merogoh kantongnya. Kalau berbicara nominal, Panai ini bisa bernilai sampai ratusan juta rupiah. Kadang juga miliaran sih kalau si calon benar-benar wanita hebat.

Panai Dinego dan Bukan untuk si Wanita

Sama seperti Sinamot alias mahar adat ala Medan, menentukan jumlah Panai juga melalui proses nego dulu. Prosesnya sih biasanya kumpul satu keluarga besar begitu lalu kemudian berdiskusi berapa Panai yang harus dikeluarkan. Entah bagaimana detailnya, tapi sepertinya juga ada tuh tawar menawar harga. Lalu, setelah disepakati, baru Panai akan dibayarkan.

Ilustrasi proses nego Panai [Image Source]
Ilustrasi proses nego Panai [Image Source]
Meskipun kesannya seperti mahar nikah, Panai bukanlah untuk si wanita. Uang Panai ini kebanyakan dipakai untuk resepsi pernikahan serta belanja-belanja kebutuhan seputar ini, entah beli baju dan lain sebagainya. Kenapa Panai mahal, hal tersebut tak lain karena orang Bugis memang selalu menginginkan pesta yang luar biasa.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

John Chang, Si Manusia Listrik Asli Indonesia yang Kisah Hebatnya Terlupakan

Kebanyakan Duit, Pria Ini Beli DELAPAN SET iPhone 7s untuk Anjing Peliharaannya