Palasik, Hantu Penganut Ilmu Hitam Pemangsa Bayi

Berbicara mengenai hantu, Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki segudang hantu menyeramkan. Sebut saja pocong, kuntilanak, genderuwo, sundel bolong, jelangkung, dan masih banyak lagi. Kaamu pasti nggak pernah kepikiran untuk ketemu mereka. Mendengar ceritanya saja sudah cukup bikin bulu roma berdiri apalagi kalau ketemu langsung.

Dari sekian hantu yang sudah disebutkan di atas, ada satu hantu lagi yang bikin merindang. Hantu ini bernama Palasik. Mungkin nama palasik masih baru di telingamu, karena hantu ini tak begitu populer. Palasik adalah hantu yang beredar di daerah Minang.

Keberadaan Palasik cukup membuat masyarakat Minang resah. Palasik tak hanya mengganggu saja, tapi juga memangsa manusia. Mereka suka memangsa bayi atau balita. Serem ya? Seperti apa sih Palasik ini?

Memiliki Wujud Dengan Wajah yang Menyeramkan

Wujud palasik yang mengerikan membuat kebanyakan orang menganggapnya sebagai hantu. Namun sebenarnya, palasik bukanlah hantu. Palasik adalah perwujudan orang yang ingin memperkuat ilmu hitamnya dengan memakan bayi yang masih ada dalam kandungan, menghisap darah bayi atau balita yang hidup, dan memakan jasad bayi atau balita yang ada di dalam kubur. Orang yang memiliki ilmu hitam palasik, memiliki ciri tak mempunyai parit antara hidung dan bibirnya.

Wujud palasik [image source]
Wujud palasik [image source]
Untuk bisa melakukan hal-hal tersebut, si pemilik ilmu hitam bertransformasi menjadi palasik. Terkadang mereka melepas kepala dengan disertai orga-organ vital lainnya, seperti usus dan lambung. Palasik juga memiliki cara lain untuk memakan mangsanya, yaitu lewat tatapan mata. Hanya dengan menatap mata mangsa, mereka bisa melancarkan aksinya.

Jenis Palasik Tak Hanya Satu

Palasik terbang [image source]
Palasik terbang [image source]
Menurut kepercayaan masyarakat Minang, Palasik terbagi menjadi 3 jenis. Ketiga jenis ini memiliki mangsa yang sama yaitu balita atau anak-anak. Namun, yang membedakannya adalah mangsa yang mereka makan.

Palasik yang pertama gemar memakan bayi yang masih ada dalam kandungan. Wanita hamil di Minang sangat menakuti palasik jenis ini. Mereka akan berhati-hati ketika hamil, agar bayi yang dikandungnya tak hilang dimakan palasik. Jenis kedua menghisap darah bayi atau balita. Selama bayi atau balita di bawah pengaruh palasik, mereka seperti terkena penyakit. Palasik terakhir gemar memakan jasad bayi atau balita yang ada di dalam kubur.