Ini Alasan Kenapa Pakai Headset Saat Berkendara Bisa Bikin Kamu Almarhum

Enak sih berkendara sambil dengar musik, tapi ternyata nyawa jadi taruhannya.

oleh Nikmatus Solikha
15:15 PM on Jul 18, 2017

Yang namanya musik saat ini emang nggak bisa dipisahkan sama kehidupan masyarakat. Mulai dari acara hajatan sampai kegiatan harian, musik udah jadi bagian yang nggak bisa ditinggalkan. Memang, dengerin lagu kesukaan ampuh banget buat ngusir rasa boring. Tapi, belakangan ini rasa ketergantungan terhadap musik kayaknya makin parah saja.

Bahkan, nggak jarang para pengendara motor memakai headset saat di perjalanan. Padahal, pakai headset pas lagi berkendara terhitung sebagai aktivitas yang bahaya banget. Masih nggak percaya? Ini lho 5 alasan kenapa berkendara sambil pakai headset bisa bikin kamu almarhum.

Baca Juga
8 Tips Anti Gugup Ucap Ijab Kabul Ini Wajib Kamu Lakukan Supaya Pernikahanmu Nggak Berakhir Konyol
6 Tips Memilih Agen Travel Umroh Terpercaya Agar Nggak Sampai Ketipu

Bikin telinga nggak berfungsi dengan semestinya

Satu kasus yang terjadi pada Lilis Astriani warga Pademangan Timur barangkali bisa jadi pelajaran buat kamu semua. Pasalnya, si mbak 19 tahun ini juga termasuk pecinta musik yang juga pakai headset saat mengendarai motor matic-nya. Gara-gara kebiasaan buruk tersebut, si mbak justru mengalami musibah tragis.

Pakai headset di jalan raya [image source]
Dia terserempet kereta api penumpang premium gara-gara nggak denger suara kereta yang melintas, untung nggak sampai tewas. Meski cuma keserempet kereta, tapi Lilis mengalami luka kepala dan memar di seluruh tubuhnya. Sepertinya lumayan buat bikin kapok pakai headset saat berkendara, secara masih 19 tahun gitu lho, sayang banget kalau musti tewas almarhum cuma gara-gara earphone.

Bikin konsentrasi saat berkendara turun

Ya memang, ajal itu di tangan Tuhan, tapi kamu tetep harus tahu kalau berkendara di jalan raya butuh konsentrasi tinggi. Tapi, ketika kamu menggunakan earphone, sama halnya kamu mecah konsentrasi dengan lagu-lagu yang kamu dengerin. Memang, musik bisa bikin kamu santai, tapi fokusmu pada jalanan juga otomatis bakal berkurang.

Ilustrasi fokus berkendara [image source]
Padahal, jalan raya itu tempatnya bahaya. Kamu juga harus siap nerima sinyal-sinyal yang diberikan oleh pengendara lain. Misalnya saja, ada sesuatu hal bahaya di sekitar kamu, biasanya kendaraan lain bakal bantu kasih peringatan. Tapi, jika kamu pakai headset, nggak bakal bisa nerima peringatan tersebut.

Bikin kamu nggak peka dengan sekeliling jalan

Jalan raya itu bukan milik pribadi. Banyak pengendara lain yang juga menggunakannya. Oleh sebab itu, selain fokus kamu juga harus lebih peka dengan kondisi sekeliling. Saat kamu menggunakan headset untuk mendengarkan musik, otomatis konsentrasi kamu terbagi antara mengemudi dan ikut bernyanyi.

Pengendara motor [image source]
Ujung-ujungnya, respon kamu dengan sesuatu yang terjadi juga bakal lemah. Kemampuan dalam mengambil keputusan juga melambat. Sehingga, orang-orang yang pakai earphone selama perjalanan bener-bener rawan mengalami kecelakaan.

Musik bisa mempengaruhi kecepatan

Biasanya, buat mengatasi ngantuk saat berkendara sebagian orang lebih milih lagu yang nge-beat. Lagu-lagu tempo cepet tersebut cenderung bikin adrenalin naik. Walhasil, pengendara tanpa sadar menyesuaikan kecepatan motor dengan tempo lagu. Motor pun bergerak lebih cepat dan mungkin kamu nggak menyadari hal itu.

Ilustrasi pakai headset [image source]
Padahal, tahu sendiri kalau ngebut di jalan raya itu nggak cuma membahayakan diri sendiri, tapi juga orang lain di sekeliling kita. Kalau kecepatan kamu dalam memacu motor sampai nabrak pengendara lain, siapa yang harus disalahin?

Bisa bikin jantungan

Bahaya pakai headset saat di jalan raya rupanya juga sudah ditindak tegas oleh undang-undang, Gaes. Kalian harus catet kalau UU no.22 Tahun 2009 udah ngerangkum peraturan yang isinya, ‘Dilarang mendengarkan musik saat mengendarai motor’. Pada pasal 283 juga tertulis bahwa ‘Setiap orang yang mengemudi Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan kurungan pidana penjara 3 bulan.

Ilustrasi muka kamu yang abis diputusin pacar dan dimarahin emak [image source]
Bayangin jika saat itu kamu harus dipenjara hanya karena earphone. Bikin bapak emak di rumah marah-marah, pacar juga langsung minta putus. Apa kamu nggak langsung tewas karena jantungan tuh? Hehe…

Lima alasan di atas rasanya udah cukup kuat buat bikin kamu ninggalin headset selama perjalanan ya. Secinta-cintanya kamu sama musik, nggak harus membahayakan keselamatan kamu kan? Misalnya berkendara tanpa musik bikin kamu ngantuk, kamu bisa cari alternatif seperti ngemut permen mint, sama ampuhnya kok. Semoga bermanfaat.

 

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA