7 Pahlawan Super Asli Indonesia yang Sekuat Superhero Luar Negeri

oleh Tetalogi
09:00 AM on Feb 14, 2016

Saat ini memang lagi musimnya film-film dengan tema superhero. Berawal dari cerita komik, kini Hulk, Captain Amerika, Thor, Deadpool, dan sejenisnya mulai muncul versi live action nya. Ceritanya nggak kalah seru dengan versi komiknya, apalagi dengan berbagai efek visual canggih yang membuat aksi para superhero ini kelihatan makin nyata.

Indonesia, ternyata juga punya deretan pahlawan super yang sebenarnya juga nggak kalah hebat dengan superhero luar negeri, lho. Mereka juga punya kekuatan super dan tekad mulia untuk mengalahkan kejahatan. Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Aquanus

Tokoh Aquanus berasal dari sebuah komik karya Wid NS taun 1968 dengan judul Aquanus di Planet Vibhy. Asal muasal Aquanus adalah dari seorang bayi raja Sving dari planet Zyba yang dilarikan dengan roket ke luar angkasa. Bayi ini ternyata kemudian jatuh di lautan bumi. Ia kemudian diasuh oleh keluarga pemburu paus dan diberi nama Dhanus.

Aquanus [Image Source]
Aquanus [Image Source]
Karena bangsa Vibhy bisa hidup di darat dan laut, Dhanus juga memiliki kemampuan yang sama. Ketika berenang di dasar laut, ia bertemu dengan seorang bangsa Vibhy yang memberinya sabuk pelangi. Sabuk inilah yang menjadi senjata Aquanus. Lokasi cerita komik ini digambarkan berada di Yogyakarta.

2. Godam

Godam juga masih merupakan tokoh superhero karya Wid NS. Kisah ini pertama kali muncul tahun 1969 dalam komik “Memburu Dokter Setan”. Godam sebenarnya adalah pria biasa bernama Awang yang tidak memiliki keahlian khusus. Namun karena kejujuran dan kepribadiannya yang luhur, Bapak Kebenaran memberinya sebuah cincin ajaib.

Godam [Image Source]
Godam [Image Source]
Berkat cincin ajaib ini, Awang bisa berubah menjadi Godam yang sakti. Sebagai Godam, ia bisa terbang, memiliki kekuatan super, dan juga kebal dari berbagai senjata. Dengan kekuatannya ini, Godam melawan musuh bebuyutannya yaitu Roh Dokter Setan.

3. Gundala Putra Petir

Gundala Putra Petir adalah kisah pahlawan super karya Hasmi yang rilis tahun 1969. Kisahnya bermula saat Sancaka yang seorang peneliti jenius tersambar petir. Ketika mengalami koma, sebuah kekuatan dari planet lain menariknya dan mempertemukannya dengan raja yang sakti.

Gundala Putra Petir [Image Source]
Gundala Putra Petir [Image Source]
Kaisar Kronz dari kerajaan Petir memberinya kemampuan super bisa memancarkan petir dari telapak tangannya dan Raja Taifun dari kerajaan Bayu memberinya kemampuan lari secepat angin. Dengan kekuatan yang ia dapatkan ini, maka lahirlah Gundala yang siap menumpas kejahatan.

4. Sembrani

Sembrani juga merupakan pahlawan super karya Hasmi dan muncul pertama kali tahun 1974. Awal mula lahirnya Sembrani adalah ketika seorang pria bernama Tangguh tidak sengaja menemukan pesawat luar angkasa di kawah gunung Dieng. Di sanalah ia bertemu dengan Otohrb, seorang panglima perang yang memberinya kalung sakti.

Sembrani [Image Source]
Sembrani [Image Source]
Dengan kalung tersebut, Tangguh dapat berubah menjadi pahlawan super bernama Sembrani. Sebagai Sembrani, ia punya kemampuan menetralisir medan magnet, listrik, hingga racun serta juga bisa terbang. Namun emas adalah benda yang dapat melumpuhkannya hingga satu minggu lamanya.

5. Caroq

Caroq awalnya hanyalah seorang supir taksi bernama Ongko yang karena sebuah peristiwa tertentu akhirnya bisa berubah menjadi pahlawan super. Senjatanya adalah 2 buah celurit panjang yang sakti. Ia memiliki ketangkasan dan ilmu bela diri yang kuat.

Caroq [Image Source]
Caroq [Image Source]
Musuh bebuyatan Caroq adalah Si Tangan Empat dan Si Bengis. Dengan kekuatannya, Caroq  menegakkan keadilan dan mengalahkan kejahatan yang dilakukan oleh musuh-musuhnya. Caroq adalah komik superhero yang diciptakan oleh Ahmad Thoriq pada tahun 1992.

6. Pangeran Mlaar

Mlaar adalah putra mahkota kerajaan planet Covox. Sejak ayahnya dibunuh oleh Menteri Telern dan Putri Kepala Perak, Mlaar terpaksa harus disembunyikan oleh pamannya yang seorang ilmuwan. Dengan campur tangan pamannya, Mlaar memiliki kekuatan super yaitu ia bisa menjadi sangat elastis.

Mlaar [Image Source]
Mlaar [Image Source]
Pangeran Mlaar juga merupakan tokoh komik ciptaan Hasmi. Karakternya muncul pertama kali dalam komik Gundala: Perhitungan di Planet Covox pada tahun 1969.

7. Zantoro

Zantoro diceritakan sebagai pahlawan super yang berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Ia tinggal bersama dengan ayahnya yang seorang pedagang dan ahli pembuat senjata tajam. Zantoro ternyata mewarisi keahlian sang ayah dalam membuat pedang dan menggunakannya sebagai senjata.

Zantoro [Image Source]
Zantoro [Image Source]
Demgan keahlian yang ia miliki, Zantoro tumbuh menjadi seorang pahlawan yang begitu benci dengan ketidakadilan. Ia akan membasmi segala kejahatan yang terjadi di sekitarnya.

Itu tadi cuma sebagian superhero yang dimiliki oleh Indonesia. Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada lagi beberapa superhero lain yang dulu sempat populer di negara kita. Sayangnya sekarang para tokoh superhero ini tidak lagi terlalu dikenal. Mungkin ada baiknya jika para pahlawan super dari Indonesia ini kembali dimunculkan lewat sebuah serial film. Dengan demikian, akan ada tayangan lebih seru yang bisa ditonton daripada sekedar kisah cinta-cintaan yang menjadi tema kebanyakan sinetron di Indonesia saat ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA