5 Pahlawan Berkostum yang Ada di Dunia Nyata Untuk Menolong Manusia

oleh Norman Duarte
07:15 AM on May 17, 2015

Kisah kepahlawanan para superhero di komik dan film telah menginspirasi banyak orang. Untuk beberapa orang, inspirasi ini bahkan ‘diterjemahkan’ dalam perbuatan sehari-hari.

Beberapa orang ini menggunakan kostum dan topeng dan berkeliaran di jalan untuk melindungi orang, memerangi kejahatan, dan memberi edukasi serta penyuluhan. Berikut adalah 5 tokoh hero yang betul-betul ada di dunia nyata:

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Captain Australia

Ia beroperasi di daerah Brisbane, Australia. Sang superhero yang beraksi sejak tahun 2009 ini adalah ahli bela diri judo, jiu jitsu, kungfu, dan karate. Ia juga seorang juara tinju amatir, terlatih dalam parkour, serta ahli escapologist (ahli melarikan diri dan melepaskan belenggu).

Captain-Australia (c) abc.net
Captain-Australia (c) abc.net

Selain itu ia juga memiliki pengetahuan tentang psikologi kriminal, dan ahli negoisasi sandera dan tawanan. Ia bahkan memiliki lampu signal seperti milik Batman, yang bisa dinyalakan siapa saja yang membutuhkan pertolongannya!

2. Lion Heart dari Liberia

Terusik oleh keadaan di negaranya yang menyedihkan, Lion Heart menjadi superhero yang melindungi para pengungsi. Ia juga memberikan penyuluhan tentang kebersihan, dan kesehatan.

Lion Heart dari Liberia (c) reallifesuperheroes
Lion Heart dari Liberia (c) reallifesuperheroes

Selama ini negara Liberia memang mengalami permasalahan kesehatan yang cukup parah. Banyak penyakit menular yang diderita warganya akibat kemiskinan dan kurangnya pendidikan.

3. Phoenix Jones

Pria kulit hitam ini adalah merupakan anggota dari sebuah tim superhero yang melindungi jalanan di Seattle, Amerika. Mereka semua memiliki kostum, membawa senjata seperti pistol kejut (taser), pepper spray, dan selalu menyembunyikan identitas asli mereka.

Pada akhirnya identitas aslinya ketahuan, dan publik mengenal nama aslinya sebagai Benjamin John Francis Fodor.

4. Superbarrio

Ia adalah hero bertopeng yang memperjuangkan hak-hak kaum miskin, serta melindungi keamanan mereka di negara Mesiko. Ia bahkan sudah dianggap sebagai icon nasional negara itu.

Superbarrio (c) assets
Superbarrio (c) assets

Dulunya ia di drop-out dari sekolah dan hidup miskin, hero ini bernama asli Marco Rascon Cordova.

5. The Crimson Fist

Ia adalah seorang ahli IT. Tetapi setiap malam ia memakai kostumnya dan membagi-bagikan makanan kepada orang miskin dan tuna wisma.

The Crimson Fist (c) telegraph
The Crimson Fist (c) telegraph

Seluruh biaya ini ia keluarkan dari kantongnya sendiri. Kadang-kadang ia juga melawan penjahat dan para kriminal.

Para pahlawan bertopeng ini mempertaruhkan nyawanya agar dunia sekeliling mereka menjadi lebih baik. Meskipun cara mereka unik dan dianggap aneh, setidaknya ada banyak hal yang bisa mereka lakukan dan membawa perubahan. Salut!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA