Selain Ginjal, Bagian Tubuh Ini Kerap Dijual Demi Uang yang Melimpah. Miris!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 2, 2016

Di masa lalu, tubuh manusia yang sudah meninggal mungkin tidak akan berguna atau laku dijual. Mereka yang telah meninggal dunia akan dikubur atau dikremasi begitu saja. Sekarang, tubuh manusia yang telah meninggal dunia banyak dimanfaatkan untuk donor baik secara resmi atau pun ilegal. Mirisnya lagi, mereka yang masih hidup pun juga kerap dicelakai untuk diambil organ tubuhnya.

Ginjal adalah salah satu organ yang paling banyak dicari di dunia. Organ ini konon bisa bernilai fantastis. Mereka yang butuh ginjal bisa membayar mahal agar mendapatkan organ itu. Selain ginjal, organ tubuh manusia ternyata banyak yang laku dijual dengan harga yang cukup mahal. Berikut beberapa daftar organ tubuh manusia kecuali ginjal yang bisa dijual dengan harga mahal.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Paru-Paru

Organ tubuh yang bisa dijual selain ginjal adalah paru-paru. Organ ini dihargai cukup mahal kepada siapa saja yang ingin menjual paru-paru dari keluarganya. Satu buah paru-paru utuh dihargai hingga nyaris Rp50.000.000,00. Seorang profesor bernama Gunther von Hangen mengumpulkan banyak sekali paru-paru dengan penampakan yang berbeda untuk sebuah pameran.

Paru-paru [image source]
Paru-paru [image source]
Paru-paru ini akan diproses sehingga awet dan bisa dipajang. Gunther akan mengelompokkan paru-paru yang dia kumpulkan dari yang sehat hingga perokok berat dengan paru-paru berwarna gelap seperti terbakar. Oh ya, selain Guther pasar gelap organ tubuh manusia juga banyak yang menjual paru-paru untuk keperluan donor.

Kulit

Kulit juga merupakan bagian tubuh yang kerap dijual untuk menghasilkan uang yang cukup banyak. Biasanya kulit dipanen dari mayat yang tidak dikenal sehingga bisa digunakan beberapa organnya sebelum dikubur. Di pasar gelap, banyak penjahat sengaja membunuh untuk memanen bagian atau organ tubuh manusia termasuk yang laku untuk operasi-operasi besar terutama yang membutuhkan transplantasi kulit.

Kulit [image source]
Kulit [image source]
Berbeda dengan organ seperti ginjal atau paru-paru, kulit dijual per inci persegi. Harganya sekitar Rp150.000,00 per inci persegi. Satu tubuh manusia bisa menghasilkan beratus inci kulit sehingga akan menghasilkan nominal yang cukup menggiurkan. Harga dari kulit ini semakin tinggi jika memiliki kualitas tinggi dan tanpa cacat.

Darah

Darah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Kekurangan darah akan membuat manusia jadi sakit hingga akhirnya meninggal dunia. Itulah mengapa donor darah banyak dilakukan orang dengan gratis meski nantinya darah akan disalurkan oleh lembaga dengan harga cukup mahal bagi yang membutuhkannya. Satu ampul akan dihargai jutaan rupiah meski didapat dengan mudah.

darah [image source]
darah [image source]
Di dunia internasional, jual beli darah sangatlah ilegal kecuali disalurkan ke lembaga seperti Red Cross. Di luar itu, banyak orang mendapatkan darah di pasar gelap jika stok di rumah sakit menipis. Di pasar gelap, satu ampul darah bisa dihargai hingga Rp4.000.000,00. Harga ini bisa meningkat tajam jika darah yang diminta susah dicari dan tergolong langka.

Sel Telur dan Sperma

Zaman sekarang, sperma sudah bisa dijual dengan bebas di beberapa negara. Ada beberapa lembaga yang mengumpulkan sperma-sperma dari pria yang memiliki gen bagus. Wanita yang membutuhkan sperma akan membeli dan memilih dari pria yang memiliki penampakan fisik baik agar menurun ke anaknya. Oh ya, satu cup sperma dihargai hingga Rp2.500.000,00.

Sel Telur dan Sperma [image source]
Sel Telur dan Sperma [image source]
Selain sperma, sel telur juga bisa dijual dengan harga yang cukup fantastis. Satu buah sel telur bisa dihargai hingga Rp130.000.000,00. Harga ini bisa saja lebih mahal jika berasal dari wanita yang memiliki gen bagus. Oh ya, perbedaan harga sperma dan sel telur sangat tinggi karena sel telur tidak bisa diproduksi setiap hari dan cara pengambilannya susah.

BACA JUGA:  Inilah Ilmu Hitam Paling Ganas yang Konon Masih Dipakai Masyarakat Indonesia

Inilah beberapa bagian tubuh yang bisa dijual dengan harga mahal selain ginjal. Meski beberapa organ dilarang penjualannya, pasar gelap tetap menyediakan organ-organ itu meski didapatkan dengan cara yang mengerikan!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA