in

5 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Remaja Indonesia di Era Orde Baru

5. Tidak Boleh Kritis Pada Pemerintah

Di era sekarang, semua orang boleh mengkritik pemerintahan. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sering mengkritik pemerintahan lewat social media Anda. Bahkan orang yang kurang mengerti permasalahanpun bisa menjadi kritikus dan pakar dalam mengkritik pemerintahan.

Dilarang Kritis Terhadap Pemerintah
Dilarang Kritis Terhadap Pemerintah [ImageSource]
Semua hal itu tidak bisa Anda lakukan di era Orde Baru. Mengkritik pemerintah lewat lagu saja bisa membuat Anda dijebloskan ke penjara. Sudah banyak aktivis yang mengkritik pemerintahan Orde Baru tidak diketahui keberadaannya karena ‘dilenyapkan’ oleh pemerintahan Soeharto. Salah satunya adalah aktivis Widji Tukul yang hingga kini tidak diketahui keberadaannya.

Itulah tadi beberapa hal-hal yang tidak boleh dilakukan di masa pemerintahan Orde Baru. Tidak bisa dibayangkan betapa menderitanya hidup tanpa kebebasan berekspresi dan mengkritisi pemerintahan. Juga begitu banyak orang yang lenyap nyawanya akibat kebijakan sewenang-wenang.

Baca Juga : 9 Patung Pahlawan Paling Megah Dan Bersejarah di Indonesia

Meski banyak yang harus diperbaiki, setidaknya di pemerintahan sekarang, kita selalu diberi ruang untuk mengkritisi pemerintah. Oleh karena itu hendaknya kebebasan tersebut kita pergunakan dengan bijak. Jangan pernah mengkritisi dengan kebencian membabi buta, terlebih menyebarkan fitnah. (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

Perjalanan Hidup Keanu Reeves yang Lebih Dramatis dari Perannya di Film Manapun

12 Tanda Toilet Paling Anti Mainstream yang Pernah Ada