5 Fakta Keren di Balik Kesuksesan Orang Terkaya di China, Jack Ma

oleh Tetalogi
10:03 AM on Jun 15, 2015

Orang pesimis akan selalu mengira bahwa seseorang yang sukses itu karena keberuntungan besar yang ada di tangannya. Padahal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena perjuangan dan kerja keras adalah faktor penting yang bisa membuat seseorang sukses. Hal inilah yang berusaha disampaikan oleh Jack Ma, pendiri perusahaan penjualan online terbesar, alibaba.com.

Jack Ma, Billyuner Asal China

Baca Juga
7 Smartphone 4G Super Keren yang Harganya di Bawah Satu Jutaan
5 Teknologi Bionik dalam Bidang Militer yang Perlu Dikembangkan Indonesia

Pria asal China ini menceritakan bahwa perjalanannya hingga ia bisa menjadi bilyuner seperti sekarang ini juga tidak mudah. Ada banyak kendala yang menghadangnya namun ia tetap bisa bertahan dan berjuang hingga perusahaannya dikenal oleh banyak orang.

1. Pertama Kali Mengenali Internet

Jack Ma pertama kali mendengar tentang internet pada tahun 1994. Pada tahun 1995, ia kadang-kadang pergi ke Amerika Serikat dan mendapatkan bantuan dari teman-temannya untuk dikenalkan dengan internet. Namun ia terkejut dengan sedikitnya berita yang berhubungan dengan China.

Saat pertama kali Jack Ma mengenal internet
Saat pertama kali Jack Ma mengenal internet [ImageSource]
Ia kemudian membuat situs yang meski menurutnya sangat jelek, tapi masih berhubungan dengan China. Dalam 5 jam membuat website tersebut, ia kemudian menerima banyak email dari orang China yang tertarik untuk mengenalnya. Dari sinilah ia menyadari bahwa internet adalah kesempatan besar.

2. Membuat Perusahaan Berbasis Website Pertamanya

April 1995, ia membuat perusahaan pertamanya tentang perusahaan website. Ia menamakan perusahaan tersebut China Yellow Pages. Hanya dalam waktu 3 tahun, perusahaan tersebut tumbuh dan berkembang hingga ia berhasil mendapatkan sekitar 800ribu dollar yang merupakan jumlah yang cukup besar saat itu.

Membuat Perusahaan Berbasis Website Pertamanya
Membuat Perusahaan Berbasis Website Pertamanya [ImageSource]
Melihat kesempatan besar yang ada di hadapannya berkat adanya internet, ia semakin memperlembar sayapnya dan berusaha mencari ide lain apa yang bisa ia manfaatkan. Dari sanalah ia kemudian membuat ide sebuah toko online alibaba.

3. Idenya Ditolak Banyak Orang

Sebelum membuat Alibaba, ia mengumpulkan teman-temannya untuk meminta pendapat mereka tentang ide yang ia miliki ini. Namun di luar dugaan, 23 dari 24 temannya yang hadir mengatakan bahwa ia harus menghentikan idenya tersebut mengingat pada tahun 1995 internet memang baru saja berkembang di China.

Saat ide Jack Ma Ditolak Banyak Orang
Saat ide Jack Ma Ditolak Banyak Orang [ImageSource]
Hanya satu orang yang mendukung ide Jack Ma, ia mengatakan jika memang benar-benar ingin melakukannya, lebih baik dicoba saja. Karena jika ternyata rencananya tidak berjalan seperti apa yang diinginkan, Jack Ma selalu bisa kembali ke apa yang ia lakukan sebelumnya. Hal inilah yang mendorong Jack Ma untuk terus maju.

4. Alibaba Berkembang Pesat dan Mencapai Kesuksesan

Jika saat itu ia mendengarkan 23 temannya yang lain, ia mungkin tidak bisa seperti sekarang ini. Alibaba telah berhasi berkembang dengan pesat dan mencapai kesuksesan besar. Pada September 2014 saja, Alibaba terlah berhasil mendapatkan keuntungan hingga 20 milyar dollar.

Usaha yang berkembang, Jack Ma mulai sukses
Usaha yang berkembang, Jack Ma mulai sukses [ImageSource]
Jack Ma kini menjadi Executive Chairman dari Alibaba Group. Alibaba Group sendiri kini juga sudah memiliki 9 anak perusahaan besar seperti Alibaba.com, Taobao Marketplace, Tmall, eTao, Alibaba Cloud Computing, Juhuasuan, 1688.com, AliExpress.com, dan Alipay.

5. Beberapa Hal yang Membuat Jack Ma Tetap Bertahan

Kesuksesan Jack Ma adalah buah dari kerja kerasnya dan kepercayaannya bahwa apapun yang dihadapi seseorang baik kegagalan atau keberhasilan sebenarnya adalah pengalaman untuk meraih kesuksesan. Itulah mengapa ia selalu berusaha untuk melakukan setiap hal dengan sebaik-baiknya.

Beberapa hal yang membuat Jack Ma tetap bertahan
Beberapa hal yang membuat Jack Ma tetap bertahan [ImageSource]
Untuk mencapai kesuksesan, menurut Jack Ma harus bisa melihat kesempatan jangka panjang dan jangan merendahkan setiap kesempatan. Saat kesempatan tersebut sudah datang, harus bisa cepat bergerak dalam merespon sesuatu. Ambisi juga adalah hal yang penting untuk dimiliki, karena dengan memiliki ambisi, seseorang bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Dengan melihat kisah kesuksesan Jack Ma tersebut, apakah kamu masih punya alasan untuk tidak berjuang dan berusaha keras? Kegagalan bukan akhir perjuanganmu. Karena semua orang sukses mengalami gagal lebih dahulu sebelum berhasil mewujudkan mimpinya untuk ‘mengguncang’ dunia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content