5 Keunikan Kehidupan Orang Perancis yang Keren tapi Tak Banyak Disorot

oleh Tetalogi
07:01 AM on Dec 24, 2015

Perancis bukan cuma soal negeri romantis atau negeri fashion. Bukan pula sekedar negeri indah dengan arsitektur yang menakjubkan. Tapi ada hal lain yang bisa kita pelajari darinya.

Masyarakat Perancis mungkin dikenal sebagai sosok yang secara fisik menarik dan mereka juga romantis. Namun, ada banyak hal positif yang sebenarnya bisa kita pelajari dari mereka.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Selalu Bersikap Sopan di Manapun, Kapanpun, Kepada Siapapun

Mayarakat Perancis adalah orang-orang yang sopan. Dalam kehidupan sehari-hari dan masyarakat di sekitarnya, ada kesopanan yang selalu ditunjukkan ketika berinteraksi dengan orang lain. Begitu terbiasanya hingga terkadang tidak terasa karena sudah mengalir alami seperti udara.

Antri di kasir [Image Source]
Antri di kasir [Image Source]
Selalu ucapkan maaf ketika tidak sengaja menginjak kaki seseorang, mengucapkan selamat tinggal sekaligus mendoakan semoga harinya menyenangkan pada sales, membiarkan orang yang punya belanjaan lebih sedikit dari kita untuk ke kasir duluan, dan banyak lagi. Semua itu adalah kesopanan sederhana yang sebenarnya sangat berarti bagi orang lain serta diri sendiri.

2. Pasar yang Rapi dan Bersih

Belanja sayuran dan daging di pasar Indonesia mungkin terkadang menjadi pengalaman yang agak mengesalkan. Tempat yang kotor, kadang juga ada sampah-sampah berserakan, atau tanah dan lantai yang becek. Namun pasar di Perancis adalah tempat yang jauh berbeda.

Pasar di Perancis [Image Source]
Pasar di Perancis [Image Source]
Pasar-pasar di Perancis adalah tempat yang bersih dan menyenangkan. Tempat jualan mereka bersih, dan dagangan  yang sudah dibersihkan dan ditata dengan rapi. Serta juga ada aroma segar dagangan sayur atau daging yang jauh dari aroma-aroma busuk sampah.

3. Membawa Keranjang Sendiri Saat Belanja

Di Perancis, sama dengan di berbagai tempat perbelanjaan di negara lain juga menyediakan kresek atau kantong plastik untuk belanjaan pelanggan. Tapi, masyarakat Perancis punya kebiasaan untuk membawa tas belanjaan atau kantong sendiri saat berbelanja.

Belanja dengan membawa kantong belanja sendiri [Image Source]
Belanja dengan membawa kantong belanja sendiri [Image Source]
Kantong plastik ini hanya diberikan jika pelanggan lupa membawa tas belanjaan sendiri. Jika mereka punya belanjaan banyak, mereka akan membawa kereta dorong sendiri yang mereka miliki. Ini adalah salah satu contoh baik untuk ikut menjaga alam dengan tidak terlalu banyak menggunakan produk plastik.

4. Tidak Takut Menjadi Tua

Kebanyakan orang pada umumnya merasa takut dengan usia yang terus bertambah. Mereka takut menjadi keriput, takut tidak punya tenaga, dan takut tidak bisa menikmati hidup lagi seperti dulu.

Meski tua tetap menikmati hidup [Image Source]
Meski tua tetap menikmati hidup [Image Source]
Orang-orang Perancis tidak khawatir atau takut menjadi tua. Mereka tetap menikmati hidup meski sudah mencapai usia 50, 65, atau 80 tahun.

5. Berpakaian dan Berdandan Untuk Diri Sendiri

Wanita pada umumnya mengenakan model pakaian atau make up tertentu untuk menarik perhatian orang lain. Tidak jarang jika ada orang yang disukai, wanita akan memanfaatkan dua hal ini untuk menarik perhatian pria. Mungkin sudah saatnya kita berpenampilan untuk diri sendiri.

Wanita Perancis [Image Source]
Wanita Perancis [Image Source]
Jika memang lebih suka memakai flat shoes, kenapa harus memaksakan diri pakai high heels? Jika lebih suka tidak memakai make up, kenapa harus repot dandan berjam-jam di depan kaca? Yang penting adalah merasa nyaman dengan diri sendiri, dan tidak berpenampilan untuk orang lain.

Kita memang orang Indonesia dengan budaya sendiri. Namun bukan berarti kita harus menutup mata dan diri dari kesempatan untuk berkembang lebih baik. Tidak ada salahnya untuk bersikap lebih sopan, menata lingkungan menjadi lebih bersih, dan sebagainya seperti yang dilakukan orang Perancis. Kita bisa mengikuti apa yang baik dan meninggalkan yang buruk.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA