Tak Cuma Hitler, 5 Orang Penting Nazi ini Juga Mencatatkan Kejahatan Kelas Berat

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 28, 2016

Tentang Nazi, mungkin kita sudah tidak perlu lagi membuka ensiklopedi atau sekedar googling untuk mencari tahu tentang organisasi satu ini. Ya, sudah begitu kuat menancap di pikiran tentang siapa mereka dan apa yang sudah dilakukan. Seperti yang kamu tahu, Nazi adalah pelaku atas kejahatan paling gila dalam sejarah. Salah satunya adalah membantai jutaan orang Yahudi lewat Holocaust yang fenomenal itu.

Nazi selalu identik dengan Hitler. Bagaimana tidak, kekasih Eva Braun tersebut adalah otak di balik organisasi ini yang secara tidak langsung bertanggung jawab atas semua kebengisan Nazi yang pernah terjadi. Eksistensi Hitler bagi Nazi sangat penting. Tapi, kebanyakan pria tersebut hanyalah konseptor dan pencetus saja. Sedangkan eksekutornya adalah para bawahan yang setia dan loyal itu.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Tak ayal, ketika Nazi jatuh tak hanya Hitler yang diburu tapi juga para bawahan yang juga tak kalah gilanya itu. Banyak pencarian para pelaku kejahatan berat ini dilakukan. beberapa berhasil ditemukan, namun tak sedikit pula yang mati lebih dahulu.

1. John Demjanjuk, Pria yang Bertanggung Jawab Atas Matinya Banyak Yahudi

Dulu di masa kejayaan Nazi, organisasi ini banyak membuat semacam kamp konsentrasi untuk melakukan penyiksaan dan pembantaian terutama kepada Yahudi. Dari jumlah 6 jutaan Yahudi yang tewas itu, masing-masing disumbang oleh korban-korban dari kamp-kamp konsentrasi tadi. Salah satu yang terbanyak adalah kamp Sobibor yang ada di Polandia.

John Demjanjuk [Image Source]
John Demjanjuk [Image Source]
Kamp ini dijaga oleh seorang pria bernama John Demjanjuk, dan selama masa penjagaannya, sekitar 28 ribu orang mati di sana. Makanya, setelah Nazi dihancurkan Demjanjuk juga jadi orang yang paling dicari atas kelakuannya di masa lalu itu. Pria ini diceritakan berhasil lolos dari kengerian Perang Dunia II dan berpindah-pindah tempat untuk menyelamatkan diri. Hingga akhirnya ketahuan beberapa tahun lalu. Belum sempat disidang dan dijatuhi hukuman, Demjanjuk sudah meninggal duluan di tahun 2012.

2. Laszlo Csatary, Pria yang Membunuh 15 Ribu Yahudi

Csatary diketahui adalah seorang opsir polisi zaman Nazi. Ia bertanggung jawab atas upayanya membawa sekitar 15 ribu Yahudi ke Auschwitz yang kemudian disiksa atau dibunuh. Setelah Nazi hancur, Csatary melarikan diri dengan berpindah-pindah kewarganegaraan lantaran takut dihukum atas kejahatan berat yang pernah dilakukannya itu.

Laszlo Csatary [Image Source]
Laszlo Csatary [Image Source]
Pria ini pernah jadi warga Kanada, lalu berputar-putar di Eropa untuk menghindari pengejaran dirinya. Lalu di tahun 2012 lalu ia tertangkap di Budapest. Csatary jelas dinyatakan bersalah. Sembari menunggu putusan akhir berupa hukuman mati, pria ini menikmati hidupnya sebagai tahanan rumah. Namun, tak lama setelah itu ia pun meninggal dunia.

3. Vladimir Katriuk, Pasukan Nazi Paling Kejam

Pria bernama Vladimir Katriuk ini merupakan salah satu anggota dari satuan elit Nazi. Kiprahnya cukup bikin organisasi ini jumawa, namun tak dipungkiri ia juga sangat kejam. Di tahun 1943, Katriuk melakukan kejahatan gila yang diperbuatnya seorang diri. Ketika itu di sebuah desa bernama Khatyn, Katriuk membunuh sekitar 150 orang penduduk sipil di sana yang rata-rata adalah wanita dan anak-anak.

Vladimir Katriuk [Image Source]
Vladimir Katriuk [Image Source]
Atas apa yang dilakukannya ini, Katriuk pun jadi orang Nazi paling dicari. Pencarian pria ini bisa dibilang cukup susah, karena gerak Katrius yang cepat. Hingga akhirnya di tahun 2015 kemarin, ia berhasil ditangkap oleh otoritas Rusia. Sayangnya, belum akan dieksekusi Katriuk sudah lebih dulu meninggal dunia.

4. Oskar Groenig, Pria Penyangkal Holocaust

Banyak rumor beredar di luar sana yang menyatakan kalau Holocaust hanyalah propaganda Yahudi. Ada banyak bukti yang dibeberkan, termasuk ruang gas yang ternyata bukan untuk membunuh melainkan menghilangkan pakaian dari kutu. Alasan ini juga pernah dipakai oleh seorang mantan Nazi bernama Oskar Groenig ketika melakukan pembelaan diri pada sebuah sidang.

Oskar Groenig [Image Source]
Oskar Groenig [Image Source]
Ya, pria ini keukeuh mengaku kalau dirinya tidak bersalah. Tudahan yang diterimanya adalah fasilitator untuk tewasnya sekitar 300 orang di Auschwitz. Sayangnya, argumennya yang mengatakan kalau Holocaust itu tidak pernah ada, tak mampu menyelamatkannya dari hukuman penjara 4 tahun.

5. Gerhard Sommer, Pria Nazi Paling Dicari

Nama Gerhard Sommer juga masuk dalah daftar anggota Nazi paling dicari. Sommer diduga melakukan kejahatan perang dengan memfasilitasi pembunuhan sekitar 560  orang penduduk sipil. Pria ini pun pernah ditangkap dan disidang. Namun, dibebaskan karena kurangnya bukti.

Gerhard Sommer [Image Source]
Gerhard Sommer [Image Source]
Lalu setelah menimbang lagi, kasus ini kembali dibuka pada tahun 2014 lalu. Sommer yang saat ini tengah dalam perawatan, sepertinya masih belum bisa untuk dilakukan sidang apalagi dijatuhi hukuman. Konon, saat ini Sommer menderita dementia dan dalam kondisi yang buruk.

Mungkin banyak orang yang berpikir, “ah sudah tua, kenapa masih diproses pula hukumannya.”. Ya, memang sudah tua, tapi yang namanya keadilan harus tetap ditegakkan. Indonesia harusnya meniru ini. Tidak perlu segan menyinggung kasus lama yang tidak terpungkasi dan seret para tersangkanya. Keadilan bagaimana pun harus tetap diperjuangkan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content