Seperti Ini Nasib 5 Orang Kontroversial di Indonesia Sekarang, Dijamin Bikin Melongo

Mulai dari mengaku Tuhan hingga kanibal, ternyata nasib mereka berbeda-beda

oleh Arief Dian
14:00 PM on Aug 14, 2017

Masih ingat dengan Lia Eden? Atau sosok kontroversional lain seperti Sumanto? Ya, Orang-orang itu memang pernah bikin Indonesia geger dengan perilaku “Edannya”. Mulai dari yang mengaku sebagai nabi baru hingga memakan daging manusia. Namun lambat laun, kabar dari mereka hilang ditelan bumi, begitu pula popularitasnya di masyarakat.

Kira-kira bagaimana nasib mereka saat ini ya? Usut punya usut, ada beragam nasib dari sosok kontoversional di Indonesia ini. Mulai dari yang makin getol menyebarkan ajarannya, hingga yang meringkuk di penjara menunggu hukuman mati. Yang jelas mereka sudah tidak lagi setenar saat pertama kali beritanya menyebar dulu. Penasaran? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Dikenal Kota Kaya, Inilah 10 Potret Sisi Lain Hongkong Tak Ubahnya Neraka Dunia
4 Fakta Tentara Wanita Korut Bagai Berada di “Neraka”, Di Balik Kegaharan Militernya

Lia Eden masih menyebarkan ajaran yang dianutnya

Mungkin dulu Indonesia sempat dihebohkan oleh kasus Lia Eden yang mengaku rasul dan dapat bertemu dengan malaikat Jibril. Namun lambat laun kabar mengenai ajaran itu mulai hilang ditelan bumi. Setelah ditelusuri, meskipun tidak lagi muncul ke publik, namun ternyata ajaran tersebut masih berkembang hingga sekarang. Bahkan, kini pengikut dari Lia Eden makin banyak dan berasal dari latar belakang yang berbeda.

Lia Eden Sekarang [image source]
Entah itu muslim, umat kristiani hingga pengikut kejawen, semua bersumpah setia mengikuti ajaran Eden. Hal itu bisa diketahui dari website para komunitas Eden yang sampai sekarang masih aktif bahkan tidak pernah lupa untuk mengupdate informasinya setiap bulan.

Sumanto eks kanibal yang jadi aktif dakwah

Rupanya salah satu sosok yang sempat viral dulu ini benar-benar menjalani jalan pertaubatannya. Ya, siapa yang tidak kenal dengan Sumanto, pria yang satu ini pernah bikin heboh lantaran memakan daging manusia. Sedikit menengok ke belakang, alasan Sumanto ini memang tidak logis, dengan dalih ingin mendapatkan kesaktian, dia menempuh cara yang tabu itu. Namun sekarang pemandangan yang berbeda dapat dilihat pada Sumanto. Ya, setelah mendapatkan rehabilitasi di suatu pondok, rupanya perilaku Sumanto bisa dibilang normal.

sumanto berdakwah [image source]
Pria paruh baya ini sering diajak oleh Kyai Supono, pemimpin pondok untuk ikut berdakwa bersamanya. Meskipun demikian, rupanya masih ada beberapa perilaku menyimpang pada dirinya, mulai dari makan tidak bayar, mencuci uang kertas dan lain-lain. Menurut orang pondok, itu hal yang wajar mengingat dirinya masih dalam proses pemulihan. Semoga sembuh deh, biar sadar kalau daging sapi lebih enak ketimbang manusia.

Kehidupan Syeh Puji yang mulai jarang terekspos media

Keberadaan Syeh Puji beberapa tahun yang lalu seolah mencuri perhatian masyarakat. Bagaimana tidak, keputusannya untuk menikahi seorang gadis yang masih di bawah umur membuat banyak kontroversi. Apalagi kalau mengingat Syeh Puji ini rupanya dulu sangat doyan memamerkan kekayaan dan koleksi barang mewah.

Syeh Puji dan Ulfa [image source]
Kini rupanya kehidupan Syeh Puji tidak lagi seperti dulu, dia tetap kaya karena punya perusahaan besar, namun tidak lagi memamerkan harta yang dimiliki. Ulfa, gadis abg yang dinikahi oleh syeh Puji pun kini sudah tumbuh menjadi sosok wanita sekaligus ibu yang cantik. Kalau dilihat sih mereka seperti punya rumah tangga yang bahagia.

Eyang Subur yang kini suka menyendiri

Empat tahun yang lalu, sosok Eyang Subur rupanya sempat jadi bahan omongan di masyarakat. Selain karena perseteruannya dengan beberapa pihak, pria ini juga diketahui punya banyak harta dan istri. Namun kira-kira bagaimana ya kabar Eyang Subur sekarang?

Eyang Subur dulu [image source]
Usut punya usut setelah perseteruan dengan Adi Bing Slamet dan Arya Wiguna, Eyang Subur kini jadi sering mengurung diri di kamarnya. Bahkan masalah makan pun, harus ada istrinya yang mengantarkan ke dalam. Masih tidak tahu apa yang sedang dilakukannya di sana, entah itu semedi kah, menenangkan diri pada masalah.

Ryan Jombang yang tinggal menunggu nasib

Satu lagi sosok kontroversial yang pernah bikin heboh masyarakat, Ryan Jagal Jombang. Ya, pria ini sempat menarik banyak perhatian media karena aksi kejamnya. Jika diingat, Ryan sempat membunuh 11 orang dan memutilasi mereka. Akhirnya pria asal Jombang itu dibekuk dan akan dijatuhi hukuman berat. Lalu, sekarang bagaimana keadaan pria itu?

Ryan menunggu putusan [image source]
Ternyata sampai sekarang Ryan masih menunggu bagaimana hasil pengadilan, pasalnya dia dijatuhi hukuman mati. Sedangkan saat mengajukan grasi pada presiden atas hukuman matinya, semua ditolak. Namun demikian masih dilakukan perundingan apakah Ryan masih bisa lolos dari eksekusi melalui beberapa pertimbangan.

Dari kisah mereka kita bisa becermin bahwa ketenaran akibat kontroversi tidak akan bertahan lama. Malah kebanyakan endingnya bernasib tidak mujur. Semoga dari keadaan mereka sekarang ini bisa jadi sebuah pelajaran buat kita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA