4 Orang Indonesia yang Diadopsi Keluarga Asing Ini Mencari Kerabat Mereka Melalui Media Sosial

oleh dwiandika
08:53 AM on Jul 28, 2016

Kita mungkin membayangkan pasti mengasyikkan jika jadi anak yang diadopsi oleh orang luar negeri. Alasannya tentu karena bakal tinggal di luar negeri yang mungkin lebih menyenangkan. Di dunia nyata, hal seperti ini memang ada lho dan dialami oleh beberapa orang Indonesia. Mereka senang tinggal di sana, namun pada akhirnya mulai penasaran dan mencari lagi keluarganya yang ada di tanah air.

Setidaknya sampai sekarang ini ada empat orang Indonesia yang pada saat masih bayi diangkat anak serta diboyong ke luar negeri oleh orang asing. Nah, ketika sudah dewasa, mereka pun mulai penasaran dengan jati dirinya dan akhirnya ketemu jika asal muasalnya ternyata berasal dari Indonesia. Akhirnya rasa ingin kembali pun sangat kuat merasuki orang-orang ini.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Berbagai cara dilakukan untuk bertemu dengan keluarga asal. Nah, empat orang ini menggunakan media sosial untuk hal tersebut. Lalu bagaimana kronologi ceritanya? Apakah mereka berhasil bertemu? Cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Sander Metz

Sander Metz adalah seorang warga Belanda yang memposting sebuah foto mengenai dirinya dan sebuah tulisan bahwa dia sedang mencari saudara dan keluarganya di Indonesia. Dalam poster yang dia tulisi sendiri tersebut, Metz mengatakan bahwa dia sebenarnya adalah orang Indonesia yang diadopsi oleh sebuah keluarga asing dan dibawa ke negeri Belanda. Setelah dewasa, dia mengetahui bahwa orang tuanya selama ini bukanlah orang tua aslinya dan dia ingin menemukan keluarganya, khususnya saudaranya yang bernama Budi Raharyo.

Sander Metz [Image Source]
Sander Metz [Image Source]
Foto yang diunggahnya ke Facebook tersebut menjelaskan bahwa nama aslinya adalah Budi Santoso, lahir di Kabupaten Ambarawa, Jawa Tengah, tanggal 20 Maret 1981. Selain mengunggah foto biografi singkat mengenai dirinya beserta beberapa foto bukti lainnya, Metz juga membuat sebuah lagu berbahasa Belanda yang jika diterjemahkan memiliki artian bahwa dia sangat rindu dengan keluarganya, terutama sang kakak, akan tetapi sampai sekarang masih kesulitan untuk bertemu.

2. Nadine

Hampir sama dengan Sander Metz, seorang wanita cantik bernama Nadine juga mempunyai kisah serupa, yaitu pada saat masih bayi, dia diadopsi oleh keluarga asing dan dibawa sekaligus dibesarkan di Belanda. Setelah mengetahui informasi mengenai dirinya yang sebenarnya, Nadine kini tengah mencari keluarganya, terutama ibunya yang diketahui bernama Meisri tersebut.

Nadine [Image Source]
Nadine [Image Source]
Dalam foto unggahannya di Facebook tersebut, Nadine menuliskan dalam Bahasa Indonesia bahwa dia sebenarnya orang Indonesia yang lahir di Jakarta dan ketika berusia 6 minggu, dia diadopsi dan dibawa orang tua angkatnya ke Belanda. Nama ibunya adalah Meisri yang diperkirakan berasal dari Sulawesi. Nadine berharap kepada siapa saja untuk dapat mempertemukannya dengan sang ibu.

3. Lin Backman dan Emilie Falk

Dua orang yang tenyata saudara kembar tidak identik asal Indonesia, Emilie Falk dan Lin Backman yang diadopsi oleh 2 keluarga asing berbeda sejak bayi akhirnya bertemu setelah berpuluh tahun terpisah. Padahal, jarak mereka hanya terpaut sekitar 40 kilometer saja di Swedia. Setelah bertemu, mereka akhirnya mengerti bahwa mereka bukanlah orang Swedia melainkan orang Indonesia yang diangkat anak oleh orang tuanya sekarang ini.

Emelie dan Lin [Image Source]
Emelie dan Lin [Image Source]
Melalui akun salah satu dari mereka, Emilie dan Lin mengunggah foto diri berdua dengan sebuah poster bertuliskan bahwa mereka sedang mencari saudara mereka yang lain dan juga diadopsi oleh keluarga asing, bernama Heru. Emelie dan lin yakin bahwa Heru diadopsi dan dibawa ke Belanda. Kini mereka mencari keberadaan dari Heru tersebut.

Mereka berempat benar-benar ingin bertemu dengan orang tua, saudara atau keluarga aslinya. Sayangnya, hingga kini belum ada kabar lanjutan, apakah mereka sudah menemukan apa yang dicari ataukah belum.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA