4 Orang Indonesia yang Sukses dan Mengawali Bisnis Mereka dari Titik Nol

oleh Diah
14:48 PM on Mar 7, 2016

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan kesuksesan, keberhasilan sampai dengan harta berlimpah? Tentunya, semua orang menginginkannya, bukan? Nah, apa yang harus dilakukan untuk mendapatkannya itu? Pastinya adalah dengan bekerja keras.

Di seluruh dunia ada banyak sekali orang terkenal dengan segudang kekayaan materi yang tidak akan mampu dihabiskan dalam sekejab, seperti Bill Gate sampai dengan sang triliuner muda berbekata pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Mereka adalah bukti bahwa kerja keras dan konsistensi selalu menghasilkan apa yang diinginkan. Bahkan tidak sedikit dari para jutawan, miliuner sampai biliuner tersebut memulai usahanya dari titik terendah atau dari 0.

Tidak hanya mereka-mereka yang berhasil dan sukses dari luar negeri saja, di Indonesia sendiri juga ada banyak orang-orang seperti itu. Berikut orang-orang sukses yang memulai usahanya dari 0 di Indonesia.

1. Bob Sadino

Siapa sih yang tidak mengenal sosok kalem yang kini telah tiada ini? Bob Sadino adalah salah satu pebisnis terkenal Tanah Air yang memiliki kisah juang untuk terus berusaha dan menginspirasi banyak orang. Di awal sebelum dia terkenal dan menjadi seorang yang sukses, Bob pernah membuka bisnis sewa mobil yang dia jalankan sendiri. Bahkan dia turun sebagai sopirnya sekaligus. Dikarenakan bisnisnya tidak terlalu berkembang dan membuatnya rugi, Bob harus menutup usahanya itu.

Bob Sadino [ Image Source ]
Bob Sadino [ Image Source ]

Untuk terus dapat hidup dan mendapatkan penghasilan, Bob pernah menjadi seorang buruh bangunan dengan upah harian. Karena memang pada dasarnya dia memiliki insting seorang pebisnis, dia lantas meminjam uang ke tetanggannya untuk berjualan telur ayam dengan cara sales direct atau dari pintu ke pintu untuk menjajakannya.

Tak malu dan tak kenal lelah, usaha ini terus dia kerjakan sendiri. Usahanya terbilang sukses dan dia berhasil membuka rumah usaha bernama Kem-Chicks yang menawarkan produk pertanian dan peternakan. Dengan kerja keras dan strategi jitu dalam menjalannya, usaha-usaha yang dibangun dan dirintis Bob membuahkan hasil dan mengantarkannya ke titik kesuksesan sampai ajalnya menjemput.

2. Purdi E Chandra

Pria yang lahir di Lampung pada tanggal 9 September 1959 ini memang sudah memiliki insting bisnis yang kuat sejak dia duduk di bangku SMP. Pada saat bersekolah, dia pernah beternak ayam dan bebek yang kemudian telur-telur hewan ternaknya itu dia jual ke pasar.

Walaupun harus jatuh bangun, namun dia tetap menjalankan beberapa usaha lainnya selain beternak ayam dan bebek. Di tahun 1982, dia bersama beberapa temannya membangun sebuah lembaga bimbingan belajar yang dinamakan Lembaga Bimbingan Test Primagama. Walaupun pada waktu itu masih tercatat sebagai mahasiswa, Purdi tetap bertekat untuk melanjutkan usahanya tersebut.

Purdi E Chandra [ Image Source ]
Purdi E Chandra [ Image Source ]

Bermula hanya memiliki 2 murid saja, Purdi tetap telaten menjalankan usaha bimbingan belajarnya tersebut hingga kini mencapai 100 ribuan lebih. Bahkan, Museum Rekor Indonesia (MuRI) pernah mencatat bahwa Primagama adalah bimbingan belajar terbesar di Indonesia.

Sekarang ini, Primagama sudah memiliki lebih dari 20 anak cabang perusahaan yang bergerak dalam berbagai sektor, seperti pendidikan formal dan non-formal, biro perjalanan sampai dengan rumah makan.

3. Sunny Kamengmau

Siapa sangka dari tangan pria Indonesia ini tercipta sebuah tas yang sangat terkenal di kalangan sosialita, khususnya di Jepang bernama Robita. Sunny Kamengmau adalah seorang pria yang tidak memiliki ijazah SMA yang sebelum terkenal dan sukses dia adalah seorang tukang sapu di sebuah hotel.

Dikarenakan berbagai pertimbangan, pihak hotel kemudian mengangkat Sunny sebagai satpam di tempat yang sama. Walaupun tidak memiliki bakat akademis seperti yang banyak dimiliki orang-orang terkenal, namun tekatnya untuk mengubah nasib dan mempelajari strategi bisnis serta belajar bahasa Inggris dan Jepang sangat tinggi. Bahkan, Sunny juga menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli kamus agar dia dapat mempelajari bahasa asing tersebut.

unny Kamengmau [ Image Source ]
unny Kamengmau [ Image Source ]

Sampai suatu ketika, dia bertemu dengan seorang pebisnis dari Negara Sakura yang menantang dirinya untuk membuat sebuah model tas yang kemudian akan dipasarkan ke Jepang. Karena tertantang dan memiliki naluri bisnis, Sunny menyanggupinya dan mencoba membuat tas seperti yang diinginkan.

Walaupun sempat jatuh bangun dalam usaha pembuatan tas tersebut, Sunny terus berusaha dan bekerja keras sampai pada akhirnya dia berhasil dan sanggup memperkerjakan lebih dari 100 orang.Kini dia menjadi salah seorang desainer tas dengan brand tersohor di Jepang yang tentu saja omsetnya miliaran Rupiah.

4. Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono

Bagi yang pernah ke Jakarta atau orang asli Ibu Kota sendiri pastinya mengetahui ada sebuah armada taksi dengan ciri khas warna biru yang bernama Blue Bird. Siapa sangka bahwa usaha jasa transportasi umum ini adalah hasil kerja keras seorang wanita.

Mutiara Siti Fatimah Djokosoentono adalah seorang wanita yang terlahir dari keluarga yang cukup berada. Sayangnya, ketika dia masih mengenyam pendidikan, bisnis orang tuanya bangkrut dan membuatnya harus bersusah payah untuk terus bersekolah sampai jenjang perkuliahan.

Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono
Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono [ Image Source ]

Setelah lulus kuliah dan menikah dengan dosennya sendiri, Mutiara mencoba peruntungan dengan berbisnis kain batik yang dia jajakan dari pintu ke pintu. Tidak hanya kain batik, dia juga berjualan telur sebagai usaha lainnya.Sepeninggal suaminya, 2 modil sedan yang dimilikinya dia gunakan sebagai sarana transportasi yang untuk menggunakannya, para pelanggan harus menelepon terlebih dahulu ke rumahnya. Karena dianggap liar dan tidak memiliki izin, maka usahanya itu menjadi cukup berantakan.

Untuk melanjutkan bisnisnya itu, dia harus menemui mantan Gubernur Ali Sadikin. Ternyata usaha yang dia kerjakan berbuah hasil yang cukup menggembirakan. Jasa transportasi Blue Bird menjadi salah satu icon taksi terkenal di Jakarta dengan omzet jutaan dalam satu harinya.Memang pada umumnya untuk menjalankan suatu bentuk usaha, dibutuhkan modal yang cukup bahkan besar, namun jangan sampain terpaku akan hal tersebut, karena ada juga usaha yang dapat dilakukan dengan modal kecil.

Jika Anda dapat memutar otak, melihat celah sampai dengan mengatur strategi bisnis disertai dengan keberanian untuk berspekulasi juga kerja keras tanpa mengenal lelah, maka apapun jenis usaha Anda akan dapat berbuah hasil yang menggembirakan seperti yang dilakukan oleh orang-orang sukses di atas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA