Orang-Orang ini Menderita Kelainan yang Memiliki Mulai dari 3 sampai 92 Kepribadian dalam Satu Tubuh

Bagaimana seseorang bisa memiliki puluhan kepribadain yang berbeda dalam dirinya dan apa saja yang bisa dilakukan dengan itu

oleh Faradina
16:00 PM on Feb 27, 2017

Banyak dari kita yang mungkin pernah mendengar cerita tentang satu orang yang hidup dengan beberapa kepribadian berbeda. Hal itu sebenarnya bukan merupakan cerita belaka, karena yang demikian adalah salah satu jenis kelainan kepribadian dengan istilah Dissociative Identity Disorder (DID). DID ini adalah kondisi di mana seseorang memiliki sejumlah kepribadian.

Orang yang menderita DID biasanya akan tanpa sadar mengubah kepribadiannya dan seketika pula lupa dengan apa yang sudah diperbuat. Tak jarang juga ‘kepribadian lain’ itu melakukan perbuatan kriminal yang membingungkan. Itulah kemudian mengapa kasus ini sangat terkenal sampai saat ini, karena baik psikiater maupun kepolisian masih kesulitan untuk memahaminya. Dan berikut ada lima orang penderita DID yang kasusnya akan dikenal sepanjang masa karena sangat.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Juanita Maxwell

Pada tahun 1979 ada seorang wanita pekerja hotel berusia 23 tahun yang dengan brutal membunuh tamu hotel. Tamu berusia 72 tahun itu dibunuh dengan cara dipukul dan digigit hingga meregang nyawa. Juanita Maxwell kemudian menjadi tersangka karena bukti darah yang menempel pada sepatunya dan luka tergores pada wajahnya. Namun saat itu si pekerja hotel mengaku tidak tahu apa yang telah terjadi.

Juanita Maxwell [image source]
Kemudian Maxwell memutuskan untuk menemui seorang psikiater dan mengaku bahwa dirinya memiliki enam kepribadian yang berbeda. Salah satunya adalah sosok Wanda Weston yang melakukan pembunuhan itu. Juanita kemudian dihukum atas perbuatan Wanda tersebut, namun ketika sudah kembali bebas dia kembali ditangkap atas dakwaan perampokan. Dan lagi-lagi dia mengaku bahwa Wanda lah pelakunya. Sosok Juanita adalah seorang wanita yang lemah lembut sementara Wanda merupakan wanita dengan cara bicara kasar dan selalu bangga atas tindakan kriminal yang pernah dilakukannya.

Billy Miligan

Billy Milligan adalah pria berusia 22 tahun yang menjadi tersangka atas kasus penculikan dan pemerkosaan tiga perempuan pada tahun 1977. Satelah divonis penjara, dia menemui seorang psikiater dan didiagnosa memiliki 24 kepribadian. Pengacara Billy kemudian menegaskan bahwa yang melakukan penculikan dan pemerkosaan itu bukanlah sosok Billy melainkan kepribadian lain dalam dirinya, Ragen seorang pria Yugoslavia dan Adalana perempuan lesbian.

Billy Milligan [image source]
Jaksa kemudian memutuskan untuk melepaskan Billy dan membawanya untuk dirawat di sebuah rumah sakit jiwa. Butuh waktu selama 10 tahun untuk kemudian 24 kepribadian dalam tubuh seorang Billy Milligan menjadi satu kesatuan. Pria ini diberitakan meninggal 2014 lalu karena kanker. Kasus Billy yang fenomenal itu kemudian membuat sutradara film tertarik mengangkatnya dan mendaulat aktor kenamaan, Leonardo DiCaprio untuk berperan sebagai Billy.

Chris Costner Sizemore

Wanita ini merasakan kepribadian lainnya mulai muncul saat di usia 2 tahun dia melihat seorang pria diangkat dari sebuah parit dan lelaki itu diduga telah meninggal. Sejak itulah kemudian Sizemore mengaku dia sering bertingkah aneh, dan sering lupa bila dirinya telah mengakibatkan sebuah kekacauan. Hal itu semakin terlihat saat dia baru saja melahirkan anak pertamanya.

Sizemore [image source]
Suatu hari salah satu kepribadiannya yang bernama “Eve Black” tiba-tiba mencoba membunuh sang anak sebelum kemudian kepriabdian lainnya yang dikenal dengan nama “Eve White” berhasil menghentikan semua itu. Selama hidupnya Chris sudah menemui sekitar delapan psikiater yang berbeda dan akhirnya terungkap bahwa dia memiliki 22 kepribadian. Kisah Sizemore ini kemudian juga difilmkan pada tahun 1957 yang membuat pemeran utamanya mendapatkan penghargaan bergengsi Academy Award.

Shirley Mason

Shirley Mason diduga menderita kelainan DID karena memiliki kisah masa kecil yang sangat tragis di mana dia disiksa oleh ibunya sendiri. Ketika merasa ada yang aneh dalam dirinya, Shirley langsung menemui Dr. Cornelia Wilbur dan menceritakan bahwa beberapa kali dia berada di sebuah hotel di kota yang berbeda-beda tanpa tahu bagaimana caranya pergi. Juga pernah suatu hari dia berada di sebuah toko dengan kondisi yang berantakan namun tak mengerti apa yang telah terjadi.

Shirley Mason [image source]
Banyak orang yang menyangka Mason adalah wanita sakit jiwa yang mengarang cerita hanya untuk mendekati sang dokter. Tapi Dr Wilbur tetap percaya pada pasiennya hingga akhirnya mereka menyadari bahwa Shirley Mason memiliki sekitar 16 kepribadian selama hidupnya meskipun belum diketahui apakah pernah salah satu diantaranya melakukan tindakan kriminal yang keterlaluan.

Truddi Chase

Sejak usianya memasuki 2 tahun, Truddi Chase sering disiksa secara fisik dan seksual oleh ayah tirinya. Sementara ibunya juga sering menyiksanya secara emosional selama 12 tahun. Itulah yang kemudian membuat Truddi kecil merasa frustasi hingga kemudian muncul 92 kepribadian yang berbeda dalam dirinya.

Truddi [image source]
Kepribadian termuda diduga berusia lima atau enam tahun berjenis kelamin wanita bernama Lamb Chop. Sementara sosok kepribadiannya yang paling tua disebutkan sudah berumur 1000 tahun, seorang penyair berasal dari Irlandia. Truddi mengaku semua kepribadiannya itu terkesan sangat akur sampai-sampai dia tak ingin menyatukan mereka semua.

Bila seseorang memiliki lebih dari satu kepribadian memang sudah menjadi hal wajar saat ini. Tentu saja orang luar juga tak akan begitu mempermasalahkan hal itu selama tidak memberikan dampak negatif. Namun tetap saja para penderita DID harus segera menemui para ahli agar apa yang ada dalam dirinya tidak menimbulkan kekacauan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA