5 Orang Ateis Paling Berpengaruh ini Membawa Perubahan Besar Pada Dunia Modern

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Jan 20, 2016

Secara sederhana, Ateis adalah orang yang tidak mempercayai adanya Tuhan atau Dewa. Mereka hidup berdasarkan sebuah logika atau hanya mempercayai sesuatu yang sangat ilmiah. Akibatnya, mereka jadi banyak berkutat dengan hal-hal berbau ilmiah hingga secara tidak sadar, apa yang mereka lakukan telah membawa perubahan besar pada dunia.

Di bawah ini, ada lima orang ateis yang dengan kemampuannya mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Terlepas dari fakta jika mereka tidak memiliki agama, para orang ateis ini nyatanya mampu bertahan dan selalu berkarya untuk kemajuan peradaban umat manusia.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Stephen Hawking

Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan hebat dalam bidang Fisika. Ia adalah penganut paham ateisme meski tak pernah mengajak orang bergabung dengan pahamnya itu. Ia selalu fokus dengan penelitian meski secara fisik ia banyak sekali memiliki kekurangan.

Stephen Hawking [image source]
Stephen Hawking [image source]
Stephen Hawking dikenal dunia akan teorinya tentang black hole. Selain itu ia juga menulis sebuah buku berjudul A Brief History of Time. Hebatnya buku ini telah terjual hingga jutaan copy dan menjadi buku paling laris dan bertahan selama 237 minggu sebagai buku best seller di Sunday Times.

2. Mark Zuckerberg

Anda semua pasti tahu siapa Mark Zuckerberg. Ia adalah pentolan jejaring sosial Facebook yang telah membawa perubahan besar pada peradaban manusia. Facebook ia kembangkan akhirnya menjadi lahan bagi banyak orang di dunia untuk bersosialisasi hingga berbisnis dengan keuntungan yang sangat fantastis.

Mark Zuckerberg [image source]
Mark Zuckerberg [image source]
Jika Facebook tidak pernah diciptakan, maka media sosial tak akan seramai sekarang. Kemudahan-kemudahan tak akan didapatkan oleh manusia. Mark Zuckerberg dikenal sebagai ateis namun tak pernah menyebarkan pahamnya itu. Ia justru banyak sekali melakukan kegiatan amal dengan membuat proyek kemajuan internet di daerah-daerah tertinggal.

3. Alan Turing

Alan Turing adalah seorang yang mendapat julukan sebagai penemu ilmu komputer. Ia juga orang pertama yang mengembangkan kecerdasan buatan. Saat perang dunia ke-II terjadi ia menjadi orang yang berhasil mengungkap kode-kode yang dikirim oleh Jerman. Akibatnya rencana keji dari Jerman diketahui oleh Inggris hingga mereka bisa waspada.

Alan Turing [image source]
Alan Turing [image source]
Setelah perang berakhir, Alan Turing justru mengalami kasus besar dalam hidupnya. Ia dijadikan tersangka karena dianggap melakukan kegiatan homoseksual. Dalam persidangan ia harus memilih antara dipenjara atau diterapi dengan obat kimia agar menjadi normal. Sayangnya akibat tekanan tinggi dari pemerintah, ia memilih bunuh diri. Well, apa yang dilakukan oleh Alan Turing terlalu besar pada Inggris namun negeri ini justru membuatnya seperti orang tidak berguna.

4. Rosalind Franklin

Rosalin Franklin adalah seorang ateis yang bekerja sebagai peneliti bidang Biologi. Ia adalah orang yang menemukan adanya double helix pada sel tubuh manusia hingga akhirnya dinamakan DNA. Sayangnya saat ia masih hidup, penelitiannya ini tidak pernah dianggap bahkan disebut cacat data.

Rosalind Franklin [image source]
Rosalind Franklin [image source]
Akhirnya Rosalind meninggal dunia dan data-data dan penelitian yang ia lakukan selama ini mulai dikembangkan. Tanpa Rosalin manusia di dunia akan susah mempelajari struktur tubuhnya. DNA adalah penting dalam tubuh manusia. Dalam DNA semua informasi genetik disimpan hingga nanti akan diturunkan kepada anak atau bahkan cucu.

5. Neil deGrasse Tyson

Jika anda sering melihat acara-acara sains di TV kabel, mungkin nama Neil deGrasse Tyson tidak asing lagi di telinga anda. Ia adalah seorang ilmuwan, dan juga komunikator yang sangat handal. Ia selalu membuat sains nampak lebih mudah dipahami oleh orang yang sebelumnya tidak mengetahui apa-apa. Dengan bahasanya yang sederhana Neil telah membuat banyak orang lebih memahami sains dengan mudah.

Neil deGrasse Tyson [image source]
Neil deGrasse Tyson [image source]
Ia mungkin tidak secara langsung menyatakan diri sebagai seorang ateis. Namun ia tidak mempercayai adanya Tuhan Yang Esa. Yang ia percayai adalah ilmu pengetahuan dan sesuatu yang bisa dijelaskan secara ilmiah dengan baik. Neil adalah seorang yang hebat dalam dunia sains karena membuat sesuatu yang awalnya sulit menjadi lebih menarik bahkan membuat semua orang yang melihatnya jadi sangat penasaran.

Inilah lima orang Ateis paling berpengaruh dan membawa perubahan besar pada hidup manusia. Meski tak beragama, mereka tetap berkarya dan memberikan segala hal terbaik kepada umat manusia di dunia!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content