Bikin Melongo, Petugas Handling di Airport Schiphol Amsterdam Ini Fasih Banget Bahasa Jawa

Orang asing saja fasih bahasa Jawanya, kita jangan sampai kalah

oleh Nikmatus Solikha
07:00 AM on Jun 22, 2017

Bagi kita orang Indonesia, bahasa Jawa tentu sudah nggak asing lagi. Ya, Jawa adalah salah satu bahasa paling populer lantaran penggunanya cukup banyak di Indonesia. Meskipun demikian, namun pelan-pelan bahasa ini mulai berkurang pemakainya. Entah mungkin karena dianggap kuno atau semacamnya, tapi yang jelas ini bisa dikatakan cukup bahaya bagi eksistensi bahasa populer Suriname tersebut.

Ketika di sini pengguna bahasa Jawa mulai berkurang, di luar sana justru sebaliknya. Ada banyak orang-orang asing yang mulai mahir bahasa kita ini. Salah satu buktinya adalah sebuah video yang belakangan ini viral. Jadi, di video tersebut nampak seorang pria yang diketahui berasal dari Belanda namun begitu mahir berbicara bahasa Jawa bahkan cukup medok. Sontak kejadian ini pun mengejutkan banyak orang. Seperti apa ceritanya? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

Petugas handling Schipol Amsterdam Belanda fasih bahasa Jawa

Di Airport Schiphol Amsterdam Belanda, Eka Tanjung terperangah saat bertemu dengan seorang petugas handling yang bisa berbahasa Jawa dengan lancar. Karena penasaran, jadilah Eka melakukan sedikit wawancara dengan si Bapak, sambil nggak lupa memanfaatkan ponsel untuk merekam video momen mengesankan tersebut.

videonya viral di sosmed [image source]
Saat pertama ditanya, si Bapak menjawab bahwa dia Naldo, orang Jawa. Eit, meski fasih banget saat berbahasa Jawa, tapi dilihat dari mukanya sih nggak ada Jawa-Jawanya! Terus, gimana ceritanya nih orang asing kok bisa lancar bahasa Jawa?

Bergaul sama banyak orang Jawa di luar negeri

Usut punya usut, ternyata Bapak satu ini memang bukan orang atau keturunan Jawa. Lancarnya beliau saat melafalkan bahasa tradisional Indonesia ini ternyata karena ia kerap bergaul dengan orang Jawa.

Ilustrasi orang Jawa [imange source]
So, tiap hari jalan bareng orang Jawa, makan bareng orang Jawa, bahkan tidur juga bareng sama orang Jawa. Padahal, aslinya beliau berasal dari Hindustan, dan di sana banyak banget orang-orang Jawa.

Mengenal makanan khas Jawa juga lho

Dibahas sebelumnya kalau si Bapak asal Hindustan itu sering makan bareng orang Jawa. Ternyata, nggak sebatas makan bareng saja lho. Beliau juga makan makanan khas orang Jawa. Apa saja itu? Ya gule, bakmi, ‘sauto’ alias soto dan masih banyak lagi jenis makanan yang sudah dikenalnya.

Ilustrasi makanan jawa [image source]
Wajar sih, mungkin sudah tahunan waktu yang dihabiskan bareng temen-temen dari Jawa, sempat tinggal bareng sama orang Jawa yang bikin beliaunya musti jalan ke dapur sama orang Jawa. Yang namanya istilah  ‘ngombe wedang’ mah sudah nggak asing, hehe…

Banyak bikin orang Indonesia penasaran

Seperti halnya Eka Tanjung, ternyata sebelum-sebelumnya juga banyak pengunjung dari Indonesia yang ngerasa heran dengan kemampuan si bapak dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa. Wih, masih beruntung karena pertemuan ini bisa diabadikan dengan video. Alhasil, setelah diunggah di jejaring sosial Facebook, video tersebut langsung viral.

Banyak netizen yang terkagum-kagum dengan kefasihan berbahasa Jawanya. Hmmm, gimana nih? Orang luar negeri saja bisa bangga banget gitu menggunakan bahasa Jawa. Masa kita yang asli orang Jawa nggak? Mari lestarikan bahasa khas tanah air. Biar nggak kalah sama orang asing.

Kisah petugas handling di Airport Schiphol Amsterdam yang mahir bahasa Jawa mungkin cuma sedikit dari orang-orang asing yang menguasai bahasa kita. Tentu ada rasa bangga dong, karena bahasa khas kita juga dipakai orang luar negeri. Dan kita sebagai orang asli Jawa jangan sampai malah nggak melestarikan apalagi sampai meninggalkannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA