5 Operasi Rahasia Terdahsyat ini Terjadi Saat Perang Dunia ke-II

oleh Adi Nugroho
12:45 PM on Mar 20, 2016

Perang dunia ke-II dikenal sebagai salah satu perang paling sengit dalam sejarah umat manusia. Perang ini melibatkan banyak negara dunia dan membuat jutaan orang meninggal dengan cara yang mengenaskan. Perang dunia ke-II juga merupakan masa di mana puluhan operasi rahasia diluncurkan oleh dua belah pihak. Mereka mengirim agen untuk melakukan aksi tertentu atau memata-matai militer musuh agar bisa menentukan taktik penyerangan.

Saat perang dunia ke-II terjadi dengan sangat dahsyat. Puluhan hingga ratusan orang bergerak secara diam-diam untuk melakukan operasi rahasia yang sangat penting. Berikut uraian selengkapnya tentang operasi rahasia zaman perang dunia ke-II yang bisa diubah menjadi cerita thriller yang seru.

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

1. Operasi Biting

Operasi Biting adalah operasi yang dilakukan oleh militer Inggris untuk mendapatkan radar baru dari Jerman. Radar ini dibangun di Prancis dan kelak akan digunakan untuk mendeteksi musuh dari jauh. Inggris ingin mengetahui radar ini agar mereka bisa menirunya dengan baik. Akhirnya pada 20 Februari 1942, satu batalion berparasut diterjunkan ke Prancis untuk mendapatkan radar itu.

Operasi Biting [image source]
Operasi Biting [image source]
Misi ini berhasil membuat Inggris mendapatkan beberapa alat yang hebat. Bahkan mereka berhasil mengembangkan alat itu menjadi sesuatu yang lebih maju. Sayangnya, apa yang mereka lakukan tak begitu memengaruhi Jerman. Negeri ini tetap tak terkalahkan meski diam-diam sekutu ingin menghancurkannya dari dalam.

2. Operasi Corona

Operasi Corona adalah operasi yang dilakukan oleh tentara Inggris untuk membuat pasukan Jerman kebingungan. Mereka menyusup ke beberapa channel radio dan menyuruh orang yang bisa berbicara Bahasa Jerman untuk memberikan perintah palsu. Dengan perintah palsu ini maka pilot pesawat akan mau saja jika disuruh.

Operasi Corona [image source]
Operasi Corona [image source]
Operasi ini melibatkan banyak sekali orang Yahudi yang bisa keluar dari kamp konsentrasi. Mereka akan berbicara Bahasa Jerman lalu menipu siapa saja yang ada di ujung radio agar menuruti permintaannya. Atas aksinya ini banyak pilot Jerman ditangkap karena mendarat di tempat yang sebelumnya telah dikepung banyak musuh.

3. Operasi Postmaster

Operasi Postmaster adalah sebuah operasi yang dilakukan Inggris secara rahasia untuk mengetahui alur U-Boats dari Jerman. Pihak Inggris curiga jika pelabuhan-pelabuhan netral digunakan untuk memandu kapal U-Boats hingga akhirnya dengan mudah menembaki kapal barang dari Inggris hingga negeri itu mengalami kerugian yang sangat banyak.

Operasi Postmaster [image source]
Operasi Postmaster [image source]
Akhirnya pihak Inggris membakar kapal-kapal yang diperkirakan membantu Jerman secara diam-diam. Mereka membuat mabuk para pemilik kapal sebelum membakar habis-habisan kapal yang sudah dicurigai. Dampak dari operasi ini, U-Boats dari Jerman yang suka menyerang kapal-kapal dari Inggris menurun dengan sangat drastis.

4. Operasi Kreipe

Operasi Kreipe adalah operasi paling gila dalam sejarah tentara rahasia milik Inggris. Misi ini dilakukan dengan menangkap salah satu Jenderal Jerman bernama Kreipe. Dalam operasi super rahasia ini Inggris menyuruh beberapa agen untuk berdandan seperti tentara Jerman. Mereka bahkan berhasil membunuh bodyguard yang dimiliki oleh sang Jenderal.

Operasi Kreipe [image source]
Operasi Kreipe [image source]
Dalam kasus penculikan paling fenomenal ini, Inggris sukses membuat Jerman diam dan tak banyak bicara lagi. Mereka malu karena salah satu Jenderal terbaiknya bisa ditangkap. Saat kasus penculikan ini melupa, orang di Pulau Crete yang dikuasai oleh Jerman mulai termotivasi untuk melawan segala bentuk penindasan yang terjadi.

5. Operasi Gunnerside

Operasi Gunnerside adalah sebuah operasi membabi buta yang dilakukan oleh pasukan rahasia Norwegia. Mereka melakukan penghapusan besar-besaran terhadap semua fasilitas Jerman yang ada di negerinya. Akhirnya mereka menyusup ke sebuah bangunan yang digunakan oleh Jerman untuk mengembangkan senjata nuklir terbarunya.

Operasi Gunnerside [image source]
Operasi Gunnerside [image source]
Pihak sekutu memberikan dukungan kepada para pejuang Norwegia untuk bertindak. Mereka memberikan pelatihan bertempur hingga akhirnya bisa masuk ke sarang dari ilmuwan Jerman itu. Di sana mereka memasang banyak sekali bom di titik vital lalu meledakkannya secara bersamaan. Akibatnya, lokasi pengembangan nuklir ini rusak parah dan membuat Jerman jadi marah besar.

Inilah lima operasi rahasia yang dilakukan saat terjadi perang dunia ke-II. Tanpa operasi ini mungkin perang dunia ke-II tidak akan berlalu dengan cepat. Oh ya, di Indonesia ada enggak ya operasi rahasia seperti ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA