7 One Room Hotel Dengan Desain Paling Unik dan Pasti Nyaman untuk Liburan

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 22, 2015

One room hotel, apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata-kata ini? Yup, benar sekali, sebuah hotel tapi hanya memiliki sebuah kamar saja. Bagaimana rasanya menginap di tempat seperti ini yah? Tentunya sangat menarik, pasalnya ini ibarat kamu menyewa satu hotel untukmu sendiri. Praktis apa yang ada di dalamnya, semua bisa kamu miliki.

Uniknya lagi, desain one room hotel tidak seperti kebanyakan rumah singgah lain. Karena hanya satu kamar, maka konsepnya benar-benar memaksimalkan yang ada. Hingga tak berlebihan kalau one room hotel ini bahkan lebih keren dari pada sebuah kamar di apartemen atau hotel berbintang. Ada begitu banyak one room hotel di beberapa negara di dunia dan masing-masing punya keunikan mereka sendiri. Penasaran? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya

1. Central Hotel – Copenhagen, Denmark

Bingung mencari hunian sementara ketika berlibur ke Copenhagen, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba mampir ke Central Hotel. Tapi, harus cepat karena kamar di hotel kecil tersebut cuma satu. Meskipun begitu, apa yang akan kamu dapatkan nanti benar-benar mengejutkan. Kamar di Central Hotel ini terdiri atas dua kasur suite, kamar mandi mini dan juga jendela luar untuk pemandangan kota.

Nikmati one room hotel yang jadi satu dengan coffee shop di Central Hotel Copenhagen [Image Source]
Nikmati one room hotel yang jadi satu dengan coffee shop di Central Hotel Copenhagen [Image Source]
Tak hanya itu, ada juga fasilitas berupa LCD besar dan juga docking station untuk iPhone-mu. Tentunya tidak hanya ini, kamu akan selalu mendapatkan nuansa cozy dan hommy. Pasalnya, tepat di bawah kamarmu adalah sebuah coffee shop unik yang siap untuk membuatkanmu secangkir espresso hangat nan legit setiap saat. Ada juga sebuah lukisan Ronnie Barker atau yang dikenal sebagai komedian legendaris Inggris. Melihat hal tersebut, bisa dipastikan pelayanannya akan sangat menyenangkan karena si empunya sendiri doyan humor.

2. Inkaterra Canopy Tree House – Puerto Maldonado, Peru

Ketika kecil kamu mungkin sering bermain rumah pohon di sekitar tempat tinggalmu. Cukup menyenangkan bukan duduk-duduk di atas sana dan melihat pemandangan? Kira-kira bagaimana jika kamu bisa tidur, mandi, makan dan beraktivitas di atas sini? Pasti menyenangkan! Impian masa kecil itu bisa kamu realisasikan dengan mengunjungi Inkaterra Canopy Tree House  yang ada di Peru ini.

Tidak ada rumah pohon yang seindah di Inkaterra Canopy Tree House [Image Source]
Tidak ada rumah pohon yang seindah di Inkaterra Canopy Tree House [Image Source]
Bukan hanya papan kayu yang disusun, rumah pohon ini benar-benar seperti memindahkan sebuah kamar mewah untuk diletakkan di atas pohon. Apa saya yang akan kamu dapatkan di sini? Cukup banyak dan memuaskan, mulai dari dua kasur mewah, satu set tempat duduk, kursi malas, sampai teras dengan pemandangan hutan yang sangat menenangkan. Hampir semua perniknya terbuat dari kayu, sehingga makin menguatkan kesan lebih mendekat dengan alam.

Bosan bermalas-malasan di kamar, kamu juga bisa berjalan-jalan di atas jembatan kanopi yang dibangun tinggi di pohon-pohon sekitar kamarmu. Sensasi serunya tidak pernah akan kamu dapatkan di kota-kota besar.

3. The Wedding House – Amberg, Jerman

The Wedding House adalah one room hotel paling kecil di dunia, dengan lebar hanya 2,5 serta total ruang 53 meter. Meskipun begitu kecil, kamu akan mendapatkan segalanya di sini. Mulai TV flat super besar, mini spa, dan juga sederet pernik mewah lainnya.

Bulan madu di tempat ini dipercaya melanggengkan pernikahan lho [Image Source]
Bulan madu di tempat ini dipercaya melanggengkan pernikahan lho [Image Source]
Ada cerita unik di balik pembangunan Wedding House ini. Dulu pada tahun 1728 ada sepasang kekasih yang ingin menikah, tapi lantaran keduanya tidak punya tempat tinggal, pemerintah pun menangguhkannya. Hingga akhirnya pasangan ini menemukan celah sempit di antara dua bangunan. Kemudian akhirnya dibeli dan dibagunlah sebuah rumah. Pemerintah pun akhirnya menyetujui pernikahan ini dan rumah tersebut pun akhirnya dinamai The Wedding House.

Seperti namanya, hotel ini sangat direkomendasikan bagi pasangan yang baru saja menikah. Si pemiliknya yang bernama Marina Schreiner dan juga masyarakat sekitar percaya jika ada pasangan yang menginap di tempat ini maka cinta mereka akan abadi selamanya.

4. Cinderella Castle Suite – Walt Disney World, Orlando, Florida

Cinderella adalah salah satu dongeng paling legendaris. Tidak hanya cerita soal kebaikan, keberuntungan dan sepatu kaca, tapi juga bangunan megah ala kastil raja. Sepertinya nikmat betul ya bisa tinggal di sana untuk beberapa hari. Singkirkan lamunan itu karena kamu benar-benar bisa mewujudkannya. Yup, hanya di Cinderella Castle Suit yang ada di Orlando ini.

Nikmati nyamannya tidur ala raja-raja dongeng Disney di tempat ini [Image Source]
Nikmati nyamannya tidur ala raja-raja dongeng Disney di tempat ini [Image Source]
Tempat ini benar-benar jadi representasi dunia nyata dari kamar raja di negeri dongeng. Tiap sudutnya dibuat dengan sangat detail dan berkesan vintage nan elegan. Seperti yang lain, tempat ini hanya tersedia satu kamar saja, namun kamu bisa mendapatkan semua sihir ala negeri dongeng di sini.

Ada dua buah kasur king size, kursi ala kerajaan yang mewah, sampai perapian elektrik siap dinikmati siapa pun yang menyewanya. Belum puas dengan itu, kamu juga akan mendapatkan sebuah jendela dengan pemandangan kembang api ala Disney World yang meriah itu. Benar-benar tak terbayangkan bukan keindahannya? Beberapa selebritis pernah juga menyewa tempat ini, mulai dari Kevin dan Danielle Jonas sampai Tom Cruise dan anaknya, Suri.

5. The One Hotel – Angkor, Kamboja

Bermalas-malasan di tempat tidur queen size empuk, nikmati mewahnya jacuzzi ala jutawan, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati bangunan ala Perancis klasik, hal tersebut bisa kamu lakukan di The One Hotel yang ada di Angkor, Kamboja. Harus diakui memang desainnya seperti memampatkan satu hotel untuk sebuah ruangan saja, tapi hasil akhirnya benar-benar indah tiada tara.

Menyendiri tidak pernah senikmat di The One Hotel [Image Source]
Menyendiri tidak pernah senikmat di The One Hotel [Image Source]
Tidak hanya semua keindahan itu, kamu juga bisa menikmati damainya termenung di backyard garden yang indah itu. Masih belum lengkap? Nikmati juga masakan ala bistro yang bisa kamu panggil langsung ke kamarmu yang satu-satunya itu.

6. Hotel CasAnus – Antwerp, Belgia

Akan datang saat dimana kamu merasa sudah bosan dengan semua kamar hotel yang itu-itu saja. Nah, jika mood seperti itu sedang kamu alami, maka berkunjung ke Hotel CasAnus adalah jawaban yang tepat. Singkirkan imajinasi mainstream soal kamar hotel, karena yang akan kamu dapatkan benar-benar sangat berbeda.

Alih-alih muntah, kamu akan super nyaman di tempat ini [Image Source]
Alih-alih muntah, kamu akan super nyaman di tempat ini [Image Source]
Jika kamu sedikit mengeryitkan dahi gara-gara nama CasAnus, maka yang akan kamu dapatkan memang demikian. Nampak dari luar, one room hotel ini berbentuk seperti anus dan sambungan usus bagian dalam. Bahkan si pembuatnya juga menambahkan guratan ornamen berupa otot-otot di samping agar makin menguatkan kesan. Ketika masuk ke dalamnya, semua juga tidak jauh dari kesan anus dan usus.

Bagian dalamnya mayoritas berwarna putih krim dengan kontur tembok yang tidak rata dan memang sangat mirip bagian dalam usus. Namun tenang saja, karena hanya kemewahan yang ditawarkan bukan rasa mual. CasAnus cukup lengkap fasilitasnya. Mulai dari kamar tidur, bathroom sampai dengan dapur. Penasaran dengan sensasi tinggal di dalam usus? Tidak ada salahnya mampir ke sini.

7. Villa Cheminee – Cordemais, Perancis

Mercusuar, tempat ini memang menyediakan pemandangan indah lautan dan sekitarnya. Tapi untuk dijadikan tempat tinggal? Sepertinya tak banyak orang yang akan melakukannya. Namun beda kalau mercusuar yang dimaksud adalah Villa Cheminee yang ada di Perancis ini.

Villa Cheminee menawarkan pemandangan unik yang tak kan mudah kamu dapatkan [Image Source]
Villa Cheminee menawarkan pemandangan unik yang tak kan mudah kamu dapatkan [Image Source]
Dari luar memang berbentuk mercusuar, namun bagian dalamnya adalah one room hotel yang mewah. Villa Cheminee menawarkan nyamannya menyendiri di sebuah tempat terpencil nan mewah. Di sini kamu akan menemukan banyak sekali fasilitas menawan. Mulai dari double bed empuk, perapian yang nyaman dan juga dapur.

Asyiknya tinggal di sini adalah tentu saja kamu akan mendapatkan pemandangan indah mercusuar. Walaupun aslinya Villa Cheminee berada di tepi sebuah danau, tapi pemandangan yang ditawarkan tidak kalah menakjubkan. Begitu hangat dan sendiri, akan membuatmu lupa akan masalah dan pekerjaan yang menumpuk itu.

One room hotel jadi alternatif tempat singgah yang keren lho. Karena rata-rata desainnya benar-benar beda dari kamar hotel kebanyakan. Sayangnya, harga sewanya sendiri pastinya lebih mahal. Mengingat secara harfiah kamu memang menyewa sebuah hotel, bukan kamar. Tapi pengalaman tinggal di sana takkan mudah dilupakan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA