in

Om Bob Sadino dan Celana Pendeknya

bob sadino memberikan ceramah ilmiah, 23 November 1985. dok. Kompas
bob sadino memberikan ceramah ilmiah, 23 November 1985. dok. Kompas

Bob Sadino, pengusaha sukses yang tutup usia kemarin, Senin (19/1/2015) di usia 75 tahun itu meninggalkan banyak kenangan. Salah satu yang tak bisa dilupakan dari sosok bernama asli Bambang Mustari Sadino itu adalah pakaian “kebesarannya” yaitu celana jeans pendek dan kemeja lengan pendek dengan kancing atas terbuka.

Di berbagai kesempatan, lelaki yang lahir pada tanggal 9 Maret 1933 senantiasa memakai pakaian khasnya tersebut. Bahkan seperti dilansir oleh Kompas, Bob menuturkan pada tahun 1980-an kala Presiden Soeharto berkunjung ke kebunnya yang kini menjadi rumahnya, ia menerima Presiden dengan mengenakan celana pendeknya.

bob sadino memberikan ceramah ilmiah,  23 November 1985. dok. Kompas
bob sadino memberikan ceramah ilmiah, 23 November 1985. dok. Kompas

Baginya, pakaian merupakan kepribadian. ”Bagi saya, pakaian adalah kepribadian. Soal tudingan bahwa celana pendek simbol tidak menghargai orang lain, itu sekali lagi hanyalah mindset orang kebanyakan. Saya pernah diusir dari Gedung DPR karena semata mengenakan celana pendek. Saya dituntut memakai celana panjang kalau mau masuk ke gedung rakyat itu. Oke, saya mau bertanya. Lebih baik mana, celana pendek tapi dibeli dengan uang sendiri atau celana panjang tetapi dibayar dengan uang rakyat? Ha-ha-ha,” kata Bob kala itu.

Pengusaha senior dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Mohammad Suleman Hidayat mungungkapkan kenangannya pada sosok Bob Sadino, baginya pemilik usaha Kemchick itu adalah orang yang sangat kharismatik dengan penampilan yang sederhana. Hidayat menambahkan, bahkan tak ada yang bisa melarang Bob bercelana pendek di acara-acara tertentu, sekalipun para tokoh dan pejabat yang seringkali akhirnya mengalah dan membiarkan Bob bercelana pendek “Sering diminta ganti celana panjang, tapi dia tidak mau,” Ini salah satu fenomena pengusaha sukses di Indonesia.”

Written by venny

Leave a Reply

Potong Lidah dan Telinga Agar Mirip Vampir 1

Potong Lidah dan Telinga Agar Mirip Vampir

Tibet, Negeri Di Atas Awan - (c)jetgalaindonesia.com

Serba Serbi Tibet, Negeri Eksotis Yang Bikin Penasaran