Ternyata 8 Cabang Olahraga Aneh Ini Dulu Pernah Ada di Olimpiade

oleh Endah Boom
12:41 PM on Aug 8, 2016

Olimpiade ibaratnya seperti pesta para atlet seluruh dunia. Di dalamnya kita bisa menjumpai para atlet pro bertanding dari banyak cabang olahraga demi satu tujuan, menyabet emas dan bikin negara asal bangga. Olimpiade sendiri adalah pesta olahraga paling dinanti, tak cuma bagi para pelakunya tapi juga penonton. Salah satu alasannya tak lain karena Olimpiade mempertontonkan banyak jenis olahraga. Seru, variatif, dan jelas menghibur.

Berbicara soal olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, dulu ternyata ada beberapa cabang olahraga unik yang dimasukkan. Misalnya saja Equestrian Vaulting, atau Pistol Dueling. Ketika dipertandingan,olahraga ini cukup menyita antusiasme. Sayangnya, kemudian dicabut karena satu dan lain hal.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Lalu, kenapa beberapa jenis olahraga dicabut dari Olimpiade? Alasannya sendiri macam-macam. Tapi, yang jelas ini ternyata untuk kebaikan bersama. Lalu, jenis olahraga apa yang dicabut dan kenapa demikian? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Equestrian Vaulting

Ini ada olahraga di mana penunggang kuda melakukan sejumlah gerakan akrobatik seperti pirouettes dan handstands di atas punggung kuda. Menurut American Vaulting Association, olahraga ini sudah ada sejak zaman Romawi. Olahraga ini pernah masuk di ajang Olimpiade tapi cuma sampai tahun 1920 saja.

Equestrian Vaulting [image source]
Equestrian Vaulting [image source]
Ketika cabang olahraga ini masuk di ajang Olimpiade, hanya tiga negara saja yang berpartisipasi, yaitu Jerman, Perancis, dan Swedia. Dan itulah momen untuk pertama dan terakhir kalinya olahraga Equestrian Vaulting ini diadakan di ajang Olimpiade.

2. Lompat Jarak Jauh Kuda (Horse Long Jumping)

Olahraga satu ini mungkin bisa dibilang cabang lompat paling aneh. Bagaimana tidak, jika biasanya si pelakunya adalah manusia, horse long jumping ini mempertandingkan kuda. Jadi, si kuda ini bersaing dengan yang lainnya untuk mencari tahu siapa yang paling jauh lompatnya. Semakin jauh, maka kesempatan menang pun besar.

Horse Long Jumping [image source]
Horse Long Jumping [image source]
Horse Long Jumping ini pernah diadakan tahun 1900 di ajang Olimpiade yang diselenggarakan di Paris. Sebagian besar kuda bisa mencapai jarak minimal 14 kaki. Rekor terjauhnya sendiri adalah sekitar 20 kaki. Uniknya, rekor tersebut masihlah 9 kaki 4 inci lebih pendek dari capaian yang pernah dibuat oleh manusia.

3. Adu Duel Pistol (Pistol Dueling)

Ya, duel ini pernah masuk dalam ajang Olimpiade. Tapi dalam duel ini, peluru yang digunakan bukan peluru asli melainkan yang terbuat dari lilin. Cabang olahraga ini pertama kali diadakan tahun 1908 di Olimpiade London. Pemain yang berduel melindungi senjata pistol mereka dengan kunci tebal dan melindungi wajah mereka dengan plat kaca.

Adu duel pistol [image source]
Adu duel pistol [image source]
Setelah tahun 1908, orang-orang Amerika tertarik dan membuat cabang olahraga ini jadi olahraga terbuka. Penampilan publik olahraga ini diselenggarakan di Carnegie Hall, New York tahun 1909. Saat itu acaranya sangat ramai dan orang-orang begitu antusias. Tampaknya orang-orang saat itu juga penasaran apakah akan ada kejadian fatal dari duel pistol tersebut.

4. Singlestick

Cabang olahraga yang satu ini seperti aksi pukul-pukulan. Jadi pemainnya dibekali satu alat pemukul. Kemudian keduanya beradu untuk saling memukul. Tahun 1904, olahraga ini dimainkan dalam ajang Olimpiade musim panas di St. Louis, Missouri di bawang cabang olahraga anggar.

Singlestick [image source]
Singlestick [image source]
Saat itu ada tiga pemain yang ikut, mereka berasal dari Amerika Serikat dan Kuba. Pada Olimpiade tahun 1904 tersebut, Kuba berhasil memboyong medali emas. Ada juga jenis permainan yang agak mirip dengan singlestick, namanya Cudgeling di mana para pemainnya menggunakan dua alat pemukul untuk bertanding. Namun, cabang olahraga yang satu ini tak pernah masuk ke ajang Olimpiade.

5. Kereta Luncur Anjing (Dog Sled Racing)

Seperti namanya, olahraga ini mempertontonkan kemampuan para anjing menarik kereta salju secepat mungkin. Mekanisme perlombaannya sendiri hanya perlu beradu cepat saja dengan jarak yang sudah ditentukan. Olahraga ini cukup menarik tapi pada akhirnya dihapus dengan berbagai alasan.

Dog Sled Racing [image source]
Dog Sled Racing [image source]
Pada Olimpiade musim dingin tahun 1932 di Lake Placid, New York, perlombaan kereta luncur anjing ini pernah diadakan. Jarak tempuhnya adalah 25,1 mil. Saat itu ada dua negara yang berpartisipasi, Kanada dan Amerika Serikat. Kanada berhasil membawa pulang medali emas dan perunggu. Sedangkan Amerika Serikat berhasil memboyong medali perak.

6. Plunging for Depth

Cabang olahraga yang satu ini memang unik. Bahkan mungkin kita tak pernah mendengarnya sebelumnya. Namanya plunging for depth. Jadi, atlet akan melompat masuk ke air dan membiarkan dirinya tenggelam dengan posisi lengan dan kaki yang tetap tenang dan tak bergerak. Pada dasarnya, olahraga ini seperti olahraga menyelam dan juri akan mengukur seberapa dalam si atlet bisa menyelam. Kedalamannya dihitung 60 detik setelah kepala atlet menyentuh air.

Plunging for Depth [image source]
Plunging for Depth [image source]
Cabang olahraga ini cuma pernah diadakan tahun 1904 di Olimpiade musim panas di St. Louis, Missouri. Cuma ada satu negara yang berpartisipasi saat itu, yaitu Amerika Serikat. Karena cabang olahraga ini lebih menitikberatkan pada berat badan si atlet, banyak kritikan yang muncul sehubungan dengan bahwa cabang olahraga ini sebenarnya tak membutuhkan banyak keahlian.

7. Ballet Ski

Cabang olahraga ini pernah ditampilkan di dua ajang Olimpiade. Pertama, pada tahun 1988 di Olimpiade musim dingin di Calgary, Kanada. Kedua, pada tahun 1992 di Olimpiade musim dingin di Albertville, Perancis.

Ballet Ski [image source]
Ballet Ski [image source]
Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak kan ini cabang olahraga seperti apa? Jadi para pemain ski akan melakukan gerakan atau tarian balet saat bermain ski. Meskipun gerakannya tak seluwes atau secantik balet, tetap saja menyenangkan bisa melihat atlet ski memeragakan gerakan balet di atas salju.

8. Seni

Kalau yang ini tampaknya tak bisa disebut sebagai cabang olahraga ya. Selama 36 tahun, yaitu dari tahun 1912 hingga 1948, International Olympics Committee (IOC) mengadakan kompetisi seni di mana para seniman, penulis, desainer, musisi, dan pekerja seni lainnya bisa mengirimkan karya mereka untuk kemudian dinilai. Karya terbaik jelas akan dianugerahi medali.

Olimpiade Seni [image source]
Olimpiade Seni [image source]
Pencetusnya adalah Pierre de Coubertin, pendiri IOC. Saat ini, para seniman tetap bisa mengirimkan karya mereka ke program budaya Olimpiade hanya saja tak ada kompetisi resminya apalagi penganugerahan medali.

Inilah deretan olahraga aneh yang pernah dipertandingkan di Olimpiade. Kalau dilihat dari penjelasannya sepertinya hal tersebut masuk akal, ya. Pasalnya, beberapa olahraga di atas memang menyleneh dan memiliki banyak kekurangan. Misalnya balapan kereta luncur anjing yang pastinya hanya bisa diikuti oleh orang-orang beriklim dingin saja.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA