Ocehan Kocak Komentator Valentino Simanjuntak yang Bikin Kamu Ngakak Nggak Berhenti

Dijamin nonton bola seperti nonton stand up comedy deh!

oleh Harsadakara
11:00 AM on Sep 9, 2017

Cabang olahraga sepak bola terbukti ampuh membuat hubungan antar orang di suatu negara semakin rekat, khususnya di tanah air. Apalagi setelah Timnas U-19 menghajar Filipina dengan skor 9-0 di Piala AFF 2017. Pertandingan bola merupakan sebuah acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakatnya, tidak terkecuali. Tradisi nobar atau nonton bareng pun kerap terlihat di sana sini. Ternyata, di dunia persepakbolaan Indonesia bukan hanya permainan sang jagoan saja yang ditunggu-tunggu.

Ada satu hal unik yang beberapa tahun terakhir kerap menghiasi kancah olahraga binaan FIFA itu. Ya, ocehan-ocehan yang dikeluarkan oleh sang komentator bola. Bisa disoroti satu spesifik figur yang membawa keceriaan di dalam setiap pertandingan bola tanah air. Dialah Valentino Simanjuntak yang terkenal dengan ocehan “jebret”-nya. Sepertinya netizen harus tahu, selain jebret ultimatum kata serta makna apa lagi yang pernah dikeluarkan oleh Valentino. Mari bersama-sama ikuti ulasan berikut ini.

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Karir Garuda Muda yang Lebih Gemilang daripada Pendahulunya
Mengenal Lebih Dekat Sosok Kapten Timnas U-19 yang Siap Membobol Hatimu

Asal Mula Ocehan Jebret

Sebelum masuk ke ocehan-ocehan yang lainnya, agaknya netizen harus mengetahui dulu akar dari ocehan jebret yang menjadi ciri khas Valentino Simanjuntak. Presenter olahraga sekaligus CEO Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) ini mengaku ada permintaan khusus ketika ia dinobatkan menjadi komentator pertandingan Piala Presiden dan AFF. Ia diminta untuk membawakan dua pertandingan tersebut dengan gaya ala Amerika Latin atau Italia. Kedua negara tersebut memiliki ciri khas yang tidak datar atau flat ketika memandu pertandingan.

Ekspresif [image source]
Alhasil, Valentino mulai memutar otak dan menemukan inspirasi gaya berkomentar seperti lomba di kampung-kampung. Dilansir dari tribunnews.com ternyata kata jebret terinspirasi dari gaya komentator di kampungnya, daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan, ketika membawakan pertandingan semasa kecilnya. Ternyata hal tersebut bisa membuat nama Valentino Simanjuntak kian melejit.

Berbagai Variasi untuk Kata “Umpan”

Pasti netizen penggemar bola sudah tidak lagi asing dengan kata-kata Valentino Simanjuntak yang beredar, apalagi “umpan.” Dalam dunia sepak bola memang kata “umpan” ini sering sekali digunakan. Namun, variasi dari komentator 35 tahun ini bisa membuat perut kita terkocok-kocok saking lucunya. Beberapa di antaranya adalah umpan mubazir, umpan membelah lautan, umpan cuek, umpan membelai, gratifikasi umpan, umpan yang tega, dan umpan racun.

Komentator Hits [image source]
Arti dari masing-masing umpan tersebut juga tidak kalah menghibur. Umpan mubazir merupakan ungkapan ketika pemain salah oper. Umpan cuek berarti mengoper bola tanpa melihat ke pemain yang dioper. Sedangkan umpan racun diucapkan ketika passing bola terlalu keras. Kreatif banget, sih!

Mulai dari Tendangan PHP hingga Posesif dengan Bola

Tambahan kata yang dibubuhkan oleh Valentino dalam ocehannya tidak jauh-jauh dari prahara kehidupan sehari-hari. Contohnya saja tendangan PHP atau Pemberi Harapan Palsu yang berarti tendangan yang diharapkan masuk ke gawang tapi malah menuju ke tribun. Para penonton pasti sontak meneriakkan “hahhhh” tanda kecewa.

Valentino Simanjuntak [image source]
Selain itu, juga ada posesif dengan bola yang tujuannya untuk menyindir pemain yang terlalu lama membawa bola dan tidak segera melakukan passing kepada pemain lain. Posesif terhadap pacar sendiri, aja, masih suka disindir, apalagi bola yang notabene tidak hanya milik pemain yang di lapangan saja, melainkan satu Indonesia yang sedang menonton.

Ocehan yang Laris di Piala AFF 2017

Pertandingan antara Timnas U-19 melawan Myanmar dan Filipina baru-baru ini dalam ajang Piala AFF 2017 juga membuat Valentino melontarkan ocehan lucunya. Namun, ada beberapa ocehan yang sangat laris keluar dari mulut presenter kelahiran 11 Juli 1982 tersebut. Mengingat Timnas U-19 berhasil membabat habis para pemain Myanmar dan Filipina.

Selebrasi [image source]
Ocehan tersebut merupakan tendangan LDR dan merusak kestabilan rumah tangga lawan. Hal tersebut diucapkan karena tadi malam Feby Eka Putra berhasil menjebloskan satu gol tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti di menit ke delapan. Hal tersebut selaras dong dengan ocehan merusak kestabilan rumah tangga lawan karena diketahui pertahanan tim Filipina langsung ambyar setelah gol tersebut.

Sosok Valentino Simanjuntak yang meramaikan dunia sepak bola tanah air menuai banyak komentar baik dari netizen. Beberapa menyebutkan bahwa baru kali ini menonton pertandingan bola bisa melepas tawa seperti ketika menyaksikan pertunjukan stand up comedy. Terima kasih Valentino Simanjuntak karena memberi warna yang baru bagi persepakbolaan Indonesia. Two thumbs up!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA