7 Obat-obatan Terlarang Paling Laris dan Banyak Dipakai Dunia, Waspadalah!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 10, 2015

Narkoba atau obat-obatan terlarang tak diizinkan digunakan di Indonesia. Efek buruk yang ditimbulkan membuatnya seperti barang haram. Pun berurusan dengan narkoba artinya berurusan dengan penegak hukum. Memakai atau mengedarkan benda haram ini artinya harus rela dipidana. Banyak efek negatifnya kan?

Meski memiliki side effect yang banyak. Ternyata narkoba masih banyak digunakan oleh manusia di dunia ini. Ada yang untuk pengobatan, ada juga yang sekadar untuk have fun. Tapi apa pun alasannya narkoba tetaplah benda yang sangat berbahaya.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Anyway, inilah tujuh narkoba yang paling banyak dipakai di dunia itu!

1. Marijuana

Marijuana atau reefer, pot, weed, Mary Jane, dan nama lainnya adalah narkoba paling banyak dipakai. Di sekolah-sekolah di Amerika bahkan digunakan oleh anak muda nyaris setiap hari. Pemerintah setempat bahkan sampai kuwalahan untuk mengatasi banyaknya siswa yang teler akibat pengaruh marijuana.

Marijuana [image source]
Marijuana [image source]
Cara pemakaiannya yang mirip rokok menyebabkan marijuana susah dideteksi. Pasalnya jika ditutupi dengan rokok biasanya, marijuana tak akan nampak. Merokok marijuana memang akan memberikan efek yang hebat pada tubuh. Namun lambat laun otak kita bisa gangguan. Apalagi jika kita sampai kecanduan.

2. Alkohol

Ok, secara kasat mata minuman ini bukan berupa pil atau sesuatu yang bisa dibakar. Namun efeknya sangat besar bagi siapa saja yang meminumnya. Alkohol layak dimasukkan dalam daftar ini karena memiliki pemakai yang sangat banyak. Di dunia ini memiliki jutaan orang yang aktif menenggak air memabukkan ini.

Alkohol [image source]
Alkohol [image source]
Alkohol akan jadi buruk ketika pemakainya jadi kecanduan. Mereka bisa menjadi hilang kendali setiap saat hingga melakukan hal-hal tak baik. Perhatikan saja betapa banyak orang yang terkontaminasi alkohol berbuat kejahatan di muka bumi ini. Seharusnya alkohol benar-benar dibatasi, atau bila perlu dilarang.

3. Pil Obat

Beberapa obat yang dijual di apotek memiliki efek mirip narkoba jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sebut saja obat-obatan jenis penenang, obat batuk, hingga obat anti mabuk. Banyak orang yang tak mampu membeli narkoba yang mahal menggunakan obat ini sebagai alternatif yang mudah didapat.

Pil Obat [image source]
Pil Obat [image source]
Apotek seharusnya juga berperan untuk membatasi pembelian. Terlebih melihat pembeli yang mencurigakan. Obat jenis ini akan sangat berbahaya jika dikonsumsi banyak. Bahkan bisa merusak kerja ginjal. Memang sih bukan obat terlarang, tapi jika penggunaannya banyak pantaslah dianggap narkoba. Toh efeknya juga sama.

4. Ekstasi

Ekstasi atau memiliki nama lain MDMA adalah sebuah obat yang mampu memberi efek menyenangkan bagi pemakainya. Setiap kali mengkonsumsi MDMA orang akan merasa dirinya orang yang paling hebat di dunia ini. Seluruh percaya dirinya akan naik dengan drastis.

Ekstasi [image source]
Ekstasi [image source]
Itulah mengapa MDMA banyak dipakai oleh kalangan musisi. Mereka ingin tampil tanpa takut, percaya diri, dan menjadi dirinya sendiri. Ekstasi sangat populer hingga membuatnya seperti pisau bermata dua. Di satu sisi berguna, di satu sisi akan menggerogoti kewarasan manusia secara perlahan-lahan.

5. Garam Mandi

Garam mandi atau bath salts adalah obat terlarang jenis baru yang pemakaiannya berbarengan dengan orang mandi. Garam ini dilarutkan dengan air panas di bath tub. Pemakai tinggal berendam dan menikmati aromanya yang sangat menenangkan, tapi lama-lama akan membuat pemakainya menjadi mabuk.

Garam Mandi [image source]
Garam Mandi [image source]
Ternyata garam mandi ini memiliki senyawa semacam MDVP. Senyawa ini akan membuat penghirupnya seperti orang gila. Rasa bahagia berlebih akan membuat pemakainya jadi enggan beranjak dari kamar mandi. Memakai ini dalam jangka waktu lama akan merusak otak secara permanen.

6. Kokain

Kokain masih menjadi narkoba atau obat terlarang yang banyak dipakai oleh manusia di dunia ini. Alasannya adalah obat jenis ini cenderung murah tapi efek yang ditimbulkan cukup besar. Di negara besar obat ini sering digunakan untuk pesta-pesta.

Kokain [image source]
Kokain [image source]
Kokain memiliki efek yang sangat buruk bagi tubuh. Pertama adalah membuat berat badan pemakaiannya turun drastis, selalu gelisah jika tidak memakai hingga bisa merusak sistem saraf manusia. Memakai kokain sama halnya membunuh diri sendiri secara perlahan-lahan.

7. Amfetamin

Amfetamin adalah obat terlarang terakhir yang sering dipakai oleh orang di seluruh dunia. Obat ini akan membuat pemakaianya jadi semangat setiap saat, tidak merasakan kantuk, hingga membuat fokus kita jadi semakin meningkat.

Amfetamin [image source]
Amfetamin [image source]
Di kalangan pelajar atau mahasiswa, obat ini sering digunakan untuk membantu belajar. Efeknya akan membuat siapa saja mampu belajar dengan baik. Tapi, efek samping dari amfetamin bisa membuat otak dan sistem saraf manusia terganggu. Itulah mengapa amfetamin dilarang di beberapa daerah di dunia.

Itulah tujuh obat-obatan terlarang atau narkoba yang banyak dipakai manusia di dunia. Efeknya mungkin bisa membuat semua orang jadi semangat, tenang, dan fokus. Tapi efek sampingnya bisa membuat nyawa melayang. Kita harus waspada, jangan sampai tertarik untuk mencobanya. Sekali mencoba artinya anda sudah bunuh diri.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA