Inilah Beberapa Obat Alami Mujarab Yang Disebutkan Dalam Al-Qur’an

oleh Sofia Fitriani
13:12 PM on Mar 17, 2015

Maha Kuasa Allah, dengan segala cintaNya telah Dia berikan semua yang dibutuhkan oleh ummat manusia, tak ada satu ciptaannya pun yang tidak bermanfaat. Semua yang Allah ciptakan selalu memiliki khasiat dan manfaatnya masing-masing. Misalkan seperti ular sekalipun yang begitu menakutkan, namun dengan adanya ular, maka bisa mengurangi populasi tikus yang jika dibiarkan berkembang biak dengan dahsyat maka akan merugikan banyak orang.

Begitupun dengan sakit. Allah tak menurunkan atau memberikan sakit sedikitpun pada seseorang selain pasti ada obatnya. Hanya saja banyak dari kita yang masih belum menemukan atau memahami bahwa sesungguhnya obat-obatan penyembuh sakit yang telah Allah ciptakan itu ada di sekitar kita. Obat-obatan tersebut sangat manjur dan Allah sendiri yang menjaminnya dalam Al-Qur’an. Kita kadang tak memahami atau mengetahuinya karena kita hanya membaca saja namun tidak mentadaburi Al-Qur’an kita.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

Nah, berbicara soal obat-obatan penyembuh sakit atau untuk pencegahan sakit, berikut ini adalah beberapa obat-obatan herbal atau alami yang Allah ciptakan untuk menyembuhkan sakit dan disebutkan dalam Al-Qur’an. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Madu

Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 68-69, “Dan Tuhanmu mewahyukan (mengilhamkan) kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat manusia (peternakan lebah). Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”.

Madu
Madu

Dan menurut penelitian dari para ilmuwan dunia, bahwa madu sangat terkenal ampuh untuk menyembuhkan luka atau borok serta mengembalikan kulit ke bentuk semula, merangsang pertumbuhan jaringan baru bagi kulit, menghaluskan kulit, obat jerawat, antioksidan, menurunkan glukosa darah, mencegah kolesterol tinggi, dan menyembuhkan asma.

2. Susu Kambing

Allah telah berfirman dalam surat Al-Mu’minun ayat 21, “Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagimu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan.”.

Susu Kambing (radaronline)
Susu Kambing (radaronline)

Nah, dewasa ini, susu kambing sendiri telah banyak digunakan sebagai pengganti asupan gizi bagi orang-orang yang alergi terhadap susu sapi. Selain itu, susu kambing juga terbukti mampu membantu penyembuhan saluran pencernaan baik bayi maupun dewasa yang mengalami masalah atau luka.

3. Minyak Zaitun

Seperti dalam firman Allah di surat Al-An’aam ayat 99, “ Dan Dia-lah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka Kami keluarkan tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak, dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.”.

Masya Allah, selain memang diberkahi Allah, minyak zaitun ternyata juga memiliki khasiat sebagai obat dari penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta penyakit diabetes dan obesitas.

minyak zaitun
minyak zaitun

Ketiga bahan alami di atas telah banyak digunakan oleh para pakar kesehatan herbal untuk membantu menyembuhkan atau terapi kesehatan. Dan memang terbukti sekali bahwa apa yang berasal dari Allah, Allah berkahi, dan benar-benar dimanfaatkan sesuai dengan tempatnya itu sungguhlah mujarab. Selain tiga bahan alami di atas, masih ada Habbatussauda atau Jinten Hitam dan Air Zam-zam yang sering sekali kita dengar dan ketahui bersama memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan, keduanya banyak disebutkan dalam hadits Rasulullaah.

Nah, semoga dengan adanya informasi ini, bisa membuat kita lebih giat lagi dalam mempelajari dan mentadaburi Al-Qur’an kita, karena di dalamnya banyak sekali ilmu yang luar biasa bermanfaat dalam kehidupan kita, selain memang berisi pedoman kehidupan. Selain itu juga semoga bisa membantu kita untuk lebih rajin menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan alami yang halal sebelum tubuh kita terpaksa bersentuhan dengan obat kimia. Semoga bermanfaat. (sof)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA