7 Oase Menakjubkan Ini Bagai Keajaiban di Gurun Pasir yang Panas!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Aug 22, 2015

Gurun pasir selalu identik dengan kekeringan, panas, dan juga penderitaan. Banyak orang yang enggan melewati padang pasir karena merasa tidak kuat. Manusia akan menjadi cepat lelah karena udara yang panas akan memanggang mereka selama berjam-jam. Parahnya lagi, di tengah gurun tidak ada apa-apa, selain pasir, kaktus, atau unta.

Namun ternyata ada beberapa bagian dari padang pasir yang terkenal sangat subur. Bagian ini memiliki pohon-pohon, dan sumber air segar yang sangat melimpah. Para pengembara biasanya akan singgah dan istirahat sejenak di tempat yang sering kita sebut oase. Anyway, ternyata banyak sekali oase di padang pasir yang terkenal sangat indah. Tujuh oase ini akan membuat anda kagum dan mulai menyukai gurun!

Baca Juga
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu
Bikin Haru, Seperti Inilah Potret Penduduk Daerah Terdepan Indonesia Ketika Merayakan Kemerdekaan

1. Oase Seba, Libya

Seba Oasis adalah bagian kecil dari gurun terbesar dunia, Sahara. Oasis ini terletak di bagian kota Sabha, sebelah barat daya Libya. Jika anda datang ke tempat ini, deretan pohon palem hijau akan membentang memenuhi jalanan. Pohon ini dikenal sangat kuat terhadap cuaca yang sangat panas seperti di gurun.

Seba Oasis [image source]
Seba Oasis [image source]
Penduduk di sekitar oase Seba sengaja memanam banyak tumbuhan hijau untuk melindungi kandungan air di sana. Jadi meski cuaca berubah sangat ekstrem, kandungan air di dalam tanah tidak akan habis. Kalau anda sedang tersesat di gurun Sahara mampirlah ke oase ini dan minumlah air dari mata airnya yang terkenal sangat segar.

2. Oase Huacachina, Peru

Huacachina adalah sebuah oase yang terletak di distrik Ica, Peru. Wilayah ini terbentuk dari sebuah danau alami kecil yang airnya tak pernah habis, meski di kelilingi oleh padang pasir. Hingga awal tahun 2000-an ada sekitar 100 warga yang tinggal dan membangun oase ini. Mereka kebanyakan berprofesi sebagai pemilik penginapan atau pemilik restoran.

Huacachina, Peru [image source]
Huacachina, Peru [image source]
Bayangkan anda sedang berada di gurun yang panas lalu melihat oase Huacachina yang megah ini. Itu pun lengkap dengan fasilitas meski sederhana namun terasa mewah di tengah kekeringan gurun. Danau yang menjadi pusat dari Huacachina ini kerap digunakan untuk olahraga air! Nahlo, main air di tengah gurun, keren kan?

3. Oase Danau Sabit, China

Dalam sejarah kita kerap mempelajari tentang Jalur Sutra. Sebuah jalur perdagangan menghubungkan pedagang dari China  ke seluruh daerah di Asia. Jalur ini sebagian besar melewati gurun Gobi yang merupakan gurun terbesar di Asia. Ternyata di tengah gurun kering ini terdapat sebuah oase yang sangat indah bernama Oase Danau Bintang.

Oase Danau Sabit [image source]
Oase Danau Sabit [image source]
Oase ini terletak di dekat kota Dunhuang, danau yang tercipta memberikan sebuah kesegaran di tengah gurun yang super kering. Pengunjung yang kebetulan lewat bisa mampir ke pinggiran danau untuk sekadar menyegarkan diri atau minum. Jika anda merasa capai dan ingin istirahat, jangan khawatir. Ada sebuah penginapan khas China di tengah sana. Pemerintah China bahkan membuat pusat souvenir. Hebat!

4. Oase Chebika, Tunisia

Oase Chebika adalah sebuah oase yang terletak di gurun negara Tunisia. Oase ini merupakan sebuah kaki gunung bernama Djebel el Negueb. Di sini terdapat sebuah air terjun meski tak begitu tinggi, namun mampu menyajikan keindahan sekaligus kesegaran, bagi siapa saja yang kebetulan singgah.

Oase Chebika, Tunisia [image source]
Oase Chebika, Tunisia [image source]
Orang Arab menyebut oase ini sebagai Qasr el-Shams atau Kastil Matahari. Setiap hari menjelang senja matahari akan masuk ke dalam tebing mirip kastil dan menyajikan pemandangan yang sangat indah. Di masa lalu, oase ini kerap digunakan untuk tempat persembunyian saat perbudakan masih marak di daerah Tunisia. Jika anda ke oase ini, pemandangan indah bisa membuat anda betah lama-lama di tengah gurun.

5. Oase Pica, Chili

Oase Pica terletak di gurun Atacama, sebelah utara Chili. Oase ini dikenal paling luas di antara seluruh oase yang pernah ada di seluruh dunia. Bahkan pemerintah Chili membangun sebuah resort untuk wisata air dengan fasilitas yang sangat lengkap!

Oase Pica, Chili [image source]
Oase Pica, Chili [image source]
Tumbuhan-tumbuhan di oase ini dapat hidup karena kandungan airnya di tanah sangat tinggi. Selain itu, selama beberapa kali, oase ini mendapatkan kiriman uap air dari Samudra Pasifik. Setahun sekali, beberapa burung seperti Flaminggo yang berwarna pink akan datang untuk singgah. Hal ini menambah daya tarik hingga oase ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

6. Oase Zulganai, Mongolia

Gurun gobi ternyata tak hanya menyimpan satu oase indah seperti Danau Sabit yang telah kita bahas di atas. Ternyata gurun Gobi juga memiliki sebuah oase yang sangat besar di daerah selatan Mongolia. Oase ini bernama Zulganai. Sebuah padang rumput hijau yang memiliki beberapa aliran sungai.

Oase Zulganai, Mongolia [image source]
Oase Zulganai, Mongolia [image source]
Aliran sungai ini membuat pasir-pasir lenyap. Padang hijau membentang memenuhi oase ini. Kadang-kadang terdapat hewan seperti kuda milik penjelajah atau burung-burung yang bermigrasi untuk bertelur. Oase Zulganai adalah sebuah padang rumput di tengah padang pasir Gobi yang dikenal sangat panas dan kering!

7. Oase Ein Gedi, Israel

Ein Gedi adalah sebuah oase yang kerap dibicarakan dalam kitab suci orang Kristen. Beberapa menyebut oase ini sebagai Taman Eden. Nama Ein Gedi sendiri memiliki arti Anak Musim Semi. Hal ini diberikan kepada oase ini karena tak pernah ada musim kekeringan di sana. Setiap hari dalam setahun selalu hijau dan banyak bunga bermekaran.

Oase Ein Gedi, Israel [image source]
Oase Ein Gedi, Israel [image source]
Beberapa orang menggunakan oase ini untuk tempat spiritiual. Bahkan mereka membangun taman agar indah seperti deskripsi Taman Eden. Jika anda ke sini, bersiaplah merasakan keindahan yang tak terkira. Bahkan sangat kontras dengan keadaan sekitar yang begitu kering dan panas. Oase Ein Gedi seperti titik hijau di tengah kegersangan yang tiada habis.

Oase layaknya sebuah permata yang terkubur di tengah padang pasir yang lebar. Kecil, namun jika ditemukan akan memberikan dampak yang sangat besar. So, setelah melihat oase-oase ini, tertarikkah anda untuk menjelajah gurun pasir yang panasnya tidak terkira?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA