Beberapa Alasan Ini yang Bikin Nyebrang Jalan Itu Sulit

oleh Tetalogi
16:17 PM on Jul 21, 2015

Jalan-jalan raya di kota besar saat ini semakin meningkat kepadatannya. Ini tidak lain juga karena semakin banyak pengendara mobil dan motor yang ramai memadati jalan raya. Sebenarnya tidak akan jadi masalah kalau semua mau mematuhi peraturan di jalan raya, tapi kalau semua mau menang sendiri, jalan raya juga jadi semrawut.

Dengan semrawutnya jalanan dan karena banyaknya orang yang mau menang sendiri, akibatnya hal sederhana seperti menyeberang jalan juga jadi tantangan tersendiri. Nah, berikut ini beberapa hal yang bikin nyebrang jalan jadi sulit sekali.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan E-KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Kendaraan yang Tidak Mau Mengalah

Salah satu alasan kenapa nyebrang jalan jadi hal yang sulit adalah karena banyaknya volume kendaraan. Tapi bukan itu saja, akan jadi repot jika kendaraan yang begitu banyak tidak ada yang mau mengalah untuk memberi jeda pada pejalan kaki agar bisa nyeberang.

Kendaraan yang Sulit Mengalah [Image Source]
Kendaraan yang Sulit Mengalah [Image Source]
Ada kalanya saat jarak kendaraan dengan pejalan kaki sudah cukup jauh dan si pejalan kaki sudah siap nyebrang, kendaraan tersebut malah mempercepat lajunya dengan harapan agar tidak terpotong waktunya karena harus berhenti sejenak. Padahal seharusnya saat berada di zebra cross, pengemudi harusnya memperlambat laju kendaraannya.

2. Angkot yang Ngotot

Pernahkah saat kamu sudah bersiap menyeberang jalan dengan berdiri di samping jalan raya, tiba-tiba kamu harus kembali mundur karena ada angkot yang tiba-tiba berhenti dan menawarimu naik angkot? Hal ini juga menjadi salah satu kendala yang membuat kita sulit nyebrang jalan.

Angkot yang Ngotot [Image Source]
Angkot yang Ngotot [Image Source]
Padahal jika seseorang memang ingin naik angkot, ia pasti akan memberi isyarat pada sopir angkot. Karena kamu kaget dengan angkot yang tiba-tiba berhenti di depanmu, sekali lagi kamu jadi nggak jadi nyebrang dan harus nunggu lagi.

3. Zebra Cross Penuh Kendaraan yang Nunggu Lampu Merah

Fungsi zebra cross adalah untuk lahan bagi para pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan. Tapi sayang, sekarang fungsinya sudah sering beralih dengan semakin banyaknya pengendara motor yang berhenti tepat di zebra cross.

Pengendara Motor Berhenti di Zebra Cross [Image Source]
Pengendara Motor Berhenti di Zebra Cross [Image Source]
Di rambu-rambu lalu lintas dengan zebra cross, sering kita jumpai kendaraan yang berhentinya terlalu ke depan. Akibatnya mereka memakan tempat untuk para pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan. Hal ini juga yang menyulitkan pejalan kaki yang ingin menyeberang jalan.

4. Tidak Ada Tempat Penyeberangan Jalan

Di beberapa kota besar, sudah dibangun tempat penyeberangan jalan yang memadai seperti jembatan penyeberangan atau zebra cross. Namun di kota yang lebih kecil, beberapa tempat tertentu tidak ada tempat untuk menyeberang jalan.

Menyeberang Jalan Sembarangan [Image Source]
Menyeberang Jalan Sembarangan [Image Source]
Dengan kurangnya tempat menyeberang jalan yang memadai, maka pejalan kaki terpaksa menyeberang jalan di tempat yang seadanya. Padahal hal ini juga berbahaya apalagi dengan banyaknya kendaraan yang yang melintas.

Jika sudah disediakan tempat yang memadai, hendaknya pejalan kaki memang menyeberang di tempat yang sudah disediakan. Sedangkan untuk para pengguna jalan yang lain, usahakan untuk tidak mau menang sendiri dan sedikit mengalah saat melewati zebra cross dengan memberikan kesempatan bagi pejalan kaki untuk lewat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA