Nostalgia Smallville, Kisah Cinta Superman dan Pemeran-pemerannya yang Super Keren

oleh Norman Duarte
07:00 AM on Nov 8, 2015

Meskipun serial ini lahir di tahun 2001, tetapi generasi 90an masih banyak yang menonton karena saat itu generasi ini sedang beranjak remaja. Smallville bercerita tentang kehidupan seorang anak muda yang ditakdirkan menjadi Superhero terbaik sepanjang masa, Superman!

Ingin nostalgia sebentar, sambil mengetahui kehidupan Superman/Clark Kent dan mengenang kisah cinta di desa kecil bernama Smallville? serta pemerannya yang keren-keren? Nah baca terus yaaa!

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Kal El/Clark Kent (Tom Welling)

Kal El adalah seorang bayi yang dikirim dari planet Krypton oleh kedua orang tuanya. Planet Krypton ini akan mengalami kiamat sehingga orang tuanya terpaksa mengirimkannya ke bumi karena hanya di Bumi lah manusianya memiliki bentuk tubuh yang sama dengan makhluk Krypton, selain itu kondisi di Bumi akan membuat tubuh Kal El memiliki kekuatan super.

Kal El atau Clark Kent yang diperankan oleh Tom Welling
Kal El atau Clark Kent yang diperankan oleh Tom Welling [imagesource]
Saat mendarat di Bumi, Kal El yang masih bayi ditemukan oleh pasangan Jonathan dan Martha Kent. Kedua orang ini lalu membesarkan Kal El sebagai anak mereka sendiri dan merahasiakan asal muasalnya. Anak itu diberi nama Clark Kent. Tokoh Clark Kent ini diperankan oleh model tampan bernama Tom Welling. Aktingnya sangat cocok dengan karakter Clark Kent remaja yang mencari jati diri, menemukan kekuatan super dalam dirinya, namun tetap sopan dan patuh kepada orang tua. Smallville memang lebih fokus bercerita tentang petualangan jati diri Clark sebelum menjadi Superman.

Setelah serial Smallville selesai dalam 10 season (hampir 11 tahun!), Tom Welling tidak begitu aktif dalam dunia akting. Terakhir ia muncul di film Draft Day bersama Kevin Costner dan Jennifer Garner.

2. Jonathan dan Martha Kent (John Schneider dan Annete O’Toole)

Jonathan dan Martha Kent atau juga yang dikenal dengan sebutan Pa dan Ma Kent adalah penyebab mengapa Superman jadi superhero. Didikan mereka yang tegas namun penuh kasih sayang dan selalu menanamkan nilai-nilai kemanusian, menjadikan Superman menjadi superhero panutan yang selalu berusaha melihat kebaikan di dalam diri orang lain meskipun ia penjahat sekalipun. Superman juga tidak pernah membunuh orang, dan percaya pada sistem keadilan.

John Schneider dan Annete O’Toole
John Schneider dan Annete O’Toole [imagesource]
Pa dan Ma Kent diperankan oleh John Schneider dan Annete O’Toole. Kedua aktor dan aktris veteran ini punya pengalaman segudang dalam dunia seni peran, terutama Annete O’Toole yang ternyata pernah bermain sebagai Lana Lang di film Superman tahun 80an.

Lana Lang di film Superman tahun 80an
Annete O’Toole sebagai Lana Lang di film Superman tahun 80an [imagesource]
Setelah Smallville selesai mereka berdua tidak begitu aktif lagi dalam dunia akting. Tetapi masih sering jadi bintang tamu di serial-serial TV lainnya.

3. Lana Lang (Kristen Kreuk)

Siapa yang tidak jatuh hati dengan wajah Lana yang lembut dan cantik banget ini. Lana Lang adalah wanita yang disukai Clark sejak masih kecil. Mereka kemudian menjadi teman sekolahan yang cukup akrab. Clark yang memang dasarnya pemalu selalu salah tingkah jika bertemu dengan Lana. Dalam serial Smallville hubungan mereka berdua putus nyambung. Clark berusaha sedemikian mungkin menjaga rahasia kekuatan supernya, sedangkan Lana selalu merasa dibohongi oleh Clark.

Kristen Kreuk sebagai Lana Lang
Kristen Kreuk sebagai Lana Lang [imagesource]
Pemeran lana adalah Kristen Kreuk yang punya darah keturunan Asia. Wajahnya yang eksotis membuat ia disukai banyak penggemar Smallville. Di luar Smallville, Kristen punya serial sendiri yang berjudul ‘The Beauty dan the Beast’. Ia juga tampil sebagai karakter Chun Li dalam film Street Fighter.

4. Lex Luthor

Pemuda flamboyan ini adalah putra dari Lionel Luthor, seorang milyuner yang licik. Lex pada awalnya sangat benci pada sifat ayahnya. Ia kenal dengan Clark setelah Clark menyelamatkannya dalam sebuah kecelakaan. Sejak saat itu mereka berteman akrab. Namun Clark selalu merahasiakan kekuatannya, dan Lex selalu berusaha mencari tahu apa rahasia yang disembunyikan Clark, oleh sebab itu hubungan persahabatan kedua orang ini menjadi cukup unik. Pada akhirnya Lex menjadi musuh bebuyutan Superman. Tapi ia tidak pernah tahu bahwa Clark adalah Superman.

Michael Rosenbaum sebagai pemeran Lex Luthor
Michael Rosenbaum sebagai pemeran Lex Luthor [imagesource]
Tokoh Lex dibawakan dengan sangat apik oleh Michael Rosenbaum. Banyak fans yang sangat menyukai interpretasinya atas karakter Lex ini. Setelah Smallville, Michael masih aktif berakting dan mengisi suara di film-film animasi.

5. Chloe Sullivan (Allison Mack)

Tokoh Chloe bukanlah tokoh yang diangkat dari komik, melainkan tokoh yang diciptakan khusus untuk serial TV ini. Chloe adalah seorang remaja cerdas yang selalu ingin tahu. Karena sifat ini, ia menjadi wartawan di koran sekolahnya.

Allison Mack pemeran Chloe Sullivan
Allison Mack pemeran Chloe Sullivan [imagesource]
Chloe menyimpan perasaan cinta pada Clark dan mereka juga sempat jadian sebentar. Pada akhirnya Chloe sadar bahwa Clark hanya menyukai Lana. Di akhir cerita mereka tetap berteman baik dan Chloe sering membantu Clark dalam tugas-tugasnya sebagai ‘calon’ Superman.

Allison Mack tidak terlalu aktif di dunia akting semenjak Smallville selesai. Ia lebih sering menjadi pengisi suara di serial animasi.

6. Lois Lane (Erica Durance)

Setelah hubungannya yang putus nyambung dengan Lana, Clark akhirnya jatuh cinta pada Lois Lane. Seorang reporter tempat di mana Clark bekerja. Mereka kenal sudah lama semenjak Clark SMA, karena Lois adalah sepupu Chloe.

Erica Durance pemeran Lois Lane
Erica Durance pemeran Lois Lane [imagesource]
Tetapi Lois selalu menganggap Clark adalah pemuda ‘desa’ yang agak terlalu baik. Pada akhirnya mereka menyadari bahwa mereka saling mencinta.

Erica Durance memiliki serial TV sendiri berjudul ‘Saving Hope’ setelah serial Smallville tamat.

7. Pete Ross (Sam Jones III)

Pete Ross adalah sahabat Clark sejak kecil. Mereka sangat akrab dan selalu keliatan berdua. Tetapi Clark selalu berhasil menyembunyikan rahasia kekuatannya dari Pete hingga SMA. Tapi pada akhirnya Clark menceritakan rahasia ini kepada Pete, yang menyebabkan hidup Pete selalu dalam bahaya sehingga ia memutuskan untuk pergi dari Smallville.

Sam Jones III pemeran Pete Ross
Sam Jones III pemeran Pete Ross [imagesource]
Sam Jones III sempat tersandung kasus narkoba dan video porno dengan pacarnya yang bocor. Saat ini ia aktif sebagai mentor yang mengajar cara pembuatan film.

8. Oliver Queen/Green Arrow (Justin Hartley)

Tokoh Oliver Queen adalah superhero bernama Green Arrow. Ia adalah seorang milyuner muda yang punya hobby memberantas kejahatan. Pada awalnya Clark mengira ia adalah penjahat, dan begitulah sebaliknya. Pada akhirnya mereka berdua menjadi sahabat baik dan saling tolong menolong dalam tugas masing-masing.

Justin Hartley pemeran Oliver Queen atau Green Arrow
Justin Hartley pemeran Oliver Queen atau Green Arrow [imagesource]
Sayangnya di serial TV baru yang berjudul ‘Arrow’, Justin tidak lagi dipasangkan sebagai Oliver Queen. Padahal aktingnya di Smallville lumayan mendapat sambutan yang baik dari fans. Sekarang Justin sering tampil di serial TV ‘Revenge and Mistress’.

9. Kara/Supergirl (Laura Vandervoort)

Kara adalah sepupu dari Kal El. Gadis ini sempat lolos dari kiamat di planet Krypton karena dikirim juga oleh orang tuanya ke bumi. Tetapi perjalanannya terganggu sehingga dia mengalami kebekuan yang sempat menahan laju umurnya. Akhirnya ketika sampai di Bumi, ia lebih muda dari Kal El. Padahal aslinya Kara lahir lebih dulu daripada Kal El.

Laura Vandervoort sebagai pemeran Kara
Laura Vandervoort sebagai pemeran Kara [imagesource]
Gadis cantik ini masih aktif di layar kaca seperti White Collar, Haven, CSI: NY, dan Family Guy. Ia kini juga menjadi bintang di serial supernatural berjudul ‘Bitten’.

10. Lionel Luthor (John Glover)

Ayah dari Lex ini adalah seorang multi-milyuner licik yang rela melakukan apa saja demi kepentingannya. Kadang ia bisa jadi malaikat, kadang pula ia bisa jadi iblis yang amat jahat. Tidak ada yang bisa menebak niat Lionel yang sebenarnya.

John Glover sebagai Lionel Luthor
John Glover sebagai Lionel Luthor [imagesource]
Setelah Smallville, John lebih aktif di panggung-panggung teater. Ia memang aktor veteran yang punya kemampuan akting yang tidak usah diragukan lagi.

Kangen ya nonton serial ini lagi. Mumpung sekarang film-film tentang superhero sedang ramai tayang, siapa tahu ada kesempatan kita bisa liat serial ini lagi di TV. Masa-masa indah dulu yang tak akan pernah terulang lagi. Smallville forever!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA