Temukan Nintendo Playstation Langka, Pria Ini Bisa Kaya Mendadak

oleh Rizal
13:25 PM on Jul 9, 2015

Biasanya barang-barang elektronik harganya bakal menurun seiring dengan waktu. Kalau nggak percaya silahkan jual televisi atau mesin cuci lamamu dan pasti bakal dihargai jauh dari banderol awalnya. Tapi, aturan ini nggak berlaku untuk semua barang elektronik lho. Ada beberapa yang dikenakan perlakuan khusus. Misalnya barang elektronik yang justru sangat usang, tapi legendaris dan langka

Yup, alasan sejarah membuat beberapa jenis barang elektronik lama dihargai dengan nggak lazim. Misalnya seperti game console satu ini. Buat para gamer, pasti kamu belum pernah memainkan game lewat konsole ini. Bahkan, mungkin kamu nggak tahu kalau benda ini benar-benar ada. Yup, ini adalah Nintendo Playstation!

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Console ini adalah gabungan dari konsol Playstation dan Nintendo. Uniknya, hanya ada beberapa buah aja yang tersisa di dunia dari jumlah 200an yang dibuat. Kabarnya benda ini dilelang dengan harga yang sangat tinggi. Nah, penasaran dengan konsol super langka ini? Simak ulasannya berikut.

1. Sejarah Nintendo Playstation

Dunia gaming saat ini dipenuhi dengan persaingan ketat. Termasuk salah satunya adalah kompetisi antara Nintendo dan Sony. Masing-masing punya console andalan saat ini. Misalnya Nintendo dengan Wii-nya dan Sony lewat Playstation 4-nya. Siapa yang menyangka meskipun sekarang jadi saingan berat, keduanya pernah akur dan bikin project bareng lho.

Benda ini adalah saksi kolaborasi Nintendo dan Sony [Image Source]
Benda ini adalah saksi kolaborasi Nintendo dan Sony [Image Source]
Yup, Nintendo Playstation-lah buktinya. Dulu mereka sangat positif bakal mendapatkan animo yang baik dari para gamers lewat kerja sama ini. Kemudian dibuatlah 200 prototipenya. Sayangnya sesuatu terjadi dan keduanya sepakat mengakhiri kerja sama serta membuang semua console yang masih diuji coba itu. Untungnya masih ada beberapa yang selamat.

2. Bentuk Unik Nintendo Playstation

Mungkin kamu pernah memainkan console lama milik Sony bernama Playstation 1 atau mesin Nintendo lama. Nah, Nintendo Playstation adalah gabungan dari dua benda ini. Bentuknya pun jadi lebih berimprovisasi dan cukup keren pada zamannya.

Bahkan bentuk joystick-nya adalah gabungan keduanya [Image Source]
Bahkan bentuk joystick-nya adalah gabungan keduanya [Image Source]
Pada bagian atas terdapat part untuk memasukkan gaming disk Nintendo yang bentuknya kotak. Sedangkan bagian bawahnya terdapat semacam CD-ROM untuk memasukkan kepingan CD Playstation. Hingga saat ini belum ada yang tahu caranya memainkan games dari benda ini.

3. Berhasil Ditemukan Seorang Pria

Boleh jadi Nintendo dan Sony membuang semua prototipe Nintendo Playstation, tapi bukan bukan berarti nggak ada yang tersisa sama sekali nih. Yup, pria bernama Dan asal Amerika ini berhasil mengejutkan publik ketika memposting sebuah video keren ketika ia menemukan konsol legendaris ini.

Seorang pria berhasil menemukan salah satu dari 200 prototipe yang udah dihancurkan [Image Source]
Seorang pria berhasil menemukan salah satu dari 200 prototipe yang udah dihancurkan [Image Source]
Ketika tengah memeriksa loteng rumahnya, tanpa sengaja Dan menemukan mesin ini dan dibuat terkejut. Ayahnya pun kemudian bercerita kalau semasa muda pernah menerima pemberian Olaf Olafsson sebuah mesin game. Buat kamu yang belum tahu, Olafsson adalah orang yang memprakarsai kerja sama antaran Sony dan Nintendo. Dan masih bekerja keras nih untuk mencoba menyalakan si mesin legendaris yang udah tidur selama bertahun-tahun ini.

4. Dihargai Sangat Mahal

Menemukan mesin unik ini sama aja lho kayak mendapatkan emas. Gimana nggak, meskipun usang tapi sejarah yang ada di dalamnya begitu mendalam. Sehingga nggak heran banget kalau harga jualnya tinggi. Dan pernah mencoba menjual Nintendo Playstation yang mungkin satu-satunya di dunia ini dengan harga $35,000 atau sekitar Rp 466 juta.

Nintendo Playstation ini pernah dijual dengan harga ratusan juta dan bisa lebih mahal! [Image Source]
Nintendo Playstation ini pernah dijual dengan harga ratusan juta dan bisa lebih mahal! [Image Source]
Menurut para pengamat harga tersebut masih bisa lebih tinggi lagi lho. Mengingat kondisinya juga masih cukup terawat. Wih, bisa beli berapa puluh konsol Sony dan Nintendo terbaru tuh!

Well, kadang bukan sebuah benda yang bikin harga jualnya tinggi. Melainkan adalah sejarah yang ada di dalamnya. Seperti Nintendo Playstation ini yang pernah merekam jejak kolaborasi dua perusahaan yang kini bersaing sengit. Kalau kamu ternyata memiliki benda ini di rumah, bisa tuh ikutan dijual dan pasti bakal dapat banyak uang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA