7 Ninja Paling Hebat Dalam Sejarah Jepang Kuno yang Tak Banyak Diketahui Orang

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 26, 2015

Ninja selalu diidentikkan dengan kegesitan dan juga kehebatan dalam menyerang musuh. Selain itu ninja juga dikenal sangat lihai dalam bersembunyi dan menyamar.  Kemampuan ini dipelajarinya untuk mampu bertahan hidup dan mendapatkan uang dari orang yang menggunakan jasanya.

Ngomong-ngomong tentang ninja, siapa tokoh ninja yang anda kenal? Well, jangan menyebutkan Naruto atau Ninja Hatori ya. Mereka cuma fiksi yang dibuat untuk menghibur semua orang. Ok, kembali lagi, siapa ninja hebat dan asli yang anda kenal?

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Baiklah mari kita bahas satu per satu ninja hebat dalam sejarah Jepang!

1. Hattori Hanzo

Hattori Hanzo adalah ninja paling terkenal di Jepang. Ia berpengaruh besar dalam pemerintahan dinasti Tokugawa yang pada abad ke-16 menguasai Jepang. Hanzo adalah ninja dari Iga yang berjuang sekuat tenaganya untuk melindungi tuannya yang saat itu banyak sekali mendapatkan serangan.

Hattori Hanzo [image source]
Hattori Hanzo [image source]
Di bawah kepemimpinannya, ninja di Iga menjadi berkembang dan mendapatkan pamor yang besar. Kelompok ini sangat ditakuti banyak orang hingga Tokugawa menjadi semakin kuat. Setelah Hanzo meninggal dunia, penerus dari grup ini akan mendapatkan nama “Hattori Hanzo”. Hal ini dilakukan agar kehebatan Hanzo menempel dan tak lekang oleh waktu.

2. Kato Danzo

Kato Danzo adalah seorang ninja yang dianggap memiliki banyak sekali kelebihan. Beberapa musuh menyebutnya memiliki kekuatan ajaib. Ia bahkan dikabarkan bisa terbang dan menghilangkan benda. Beberapa ilmuwan yang meneliti Danzo menyimpulkan jika ia sebenarnya seorang ilusionis.

Kato Danzo [image source]
Kato Danzo [image source]
Kehebatan Danzo akhir menarik perhatian seorang bernama Uesugi Kenshin. Pria itu memintanya untuk mengambil pedang yang tersembunyi. Akhirnya Danzo mengambil dan membuktikan dia hebat dan bisa melakukan banyak hal. Setelah mengetahui hal ini Kenshin meminta Danzo untuk menjadi anak buahnya. Tentu saja Danzo menolak, terlebih ia berhasil menggagalkan serangan dari seseorang yang ditugaskan Kenshin untuk membunuhnya.

3. Ishikawa Goemon

Ishikawa Goemon dikenal sebagai Robin Hood-nya Jepang. Di masa lalu ia dikabarkan sering sekali mencuri dari orang kaya yang tamak lalu memberikannya kepada rakyat yang miskin. Apa yang dilakukan Goemon ini ternyata membuatnya jadi semakin terkenal. Bahkan sampai sekarang masih dihormati dan menjadi legenda.

Ishikawa Goemon [image source]
Ishikawa Goemon [image source]
Ia sebenarnya hanya seorang ninja pemula. Namun keluar dari padepokan dan memilih menjadi bandit. Ia mencuri banyak sekali uang lalu menyebarnya ke rumah penduduk. Pada tahun 1594 ia ditangkap dan dimasak hidup-hidup setelah gagal membunuh Toyotomi Hideyoshi yang saat itu berkuasa.

4. Mochizuki Chiyome

Mochizuki Chiyome adalah seorang kunoichi atau ninja wanita paling terkenal dalam sejarah  Jepang. Ia adalah seorang bangsawan yang diperistri oleh samurai bernama Mochizuki Nobumasa. Sebuah rumor beredar jika ia adalah anggota asli klan ninja Koga yang sangat hebat.

Ilustrasi Mochizuki Chiyome [image source]
Ilustrasi Mochizuki Chiyome [image source]
Saat sang suami perang dan tak kunjung kembali. Akhirnya Chiyome memutuskan untuk berjuang sendirian. Ia merekrut sekitar 200 wanita di desa Nazu. Setelah itu melatih wanita ini bertempur dan bekerja sebagai mata-mata. Kehebatan dari Chiyome terhenti setelah ia ditemukan tak bernyawa secara misterius di tahun 1573.

5. Fujibayashi Nagato

Fujibayashi Nagato adalah salah satu ninja paling hebat di Jepang. Ia adalah pentolan klan ninja Iga yang sangat terkenal. Di bawah kepemimpinannya, klan Iga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Salah satunya adalah tercipta beberapa teknik rahasia bernama Bansenshukai. Teknik ini digunakan untuk menyembunyikan rahasia menjadi berlapis-lapis.

Fujibayashi Nagato [image source]
Ilustrasi Fujibayashi Nagato [image source]
Pada tahun 1581, terjadi pertarungan hebat di Provinsi Iga, perang besar ini diberi nama Tensho Iga War. Perang ini bertujuan untuk memusnahkan semua klan ninja Iga dan Koga. Dalam peperangan ini Nagato meninggal dunia akibat diserang banyak musuh. Meski demikian pencapaiannya selama hidup telah membuatnya menjadi seorang panutan.

6. Tomo Sukesada

Tomo Sukaseda adalah seorang jonin atau master ninja dari klan Koga. Ia adalah orang yang disewa oleh Tokugawa Ieyasu untuk membantunya melawan musuh bebuyutannya dari klan Imagawa. Sukesada menerima tawaran yang baik dari Ieyasu dan membawa sekitar 80mninja Koga yang sangat berpengalaman.

Ilustrasi kastil Imagawa [image source]
Ilustrasi kastil Imagawa [image source]
Dalam penyerangan ke kuil Imagawa. Kelompok ninja ini mampu menghabisi sekitar 200 pasukan musuh termasuk jendral perangnya. Apa yang dilakukan oleh Sukesada ini sering dikenal sebagai Mikawa Go Fukodi. Dan masuk ke dalam jajaran buku sejarah Jepang.

7. Momochi Sandayu

Momochi Sandayu adalah salah satu pendiri dari klan Iga. Ia juga yang membuat teknik ninja bernama Ryu Ninjutsu. Sandayu adalah seorang Jonin yang sangat hebat di masanya. Ia telah menghasilkan banyak sekali ninja hebat yang salah satunya bernama Ishikawa Goemon.

Momochi Sandayu [image source]
Momochi Sandayu [image source]
Sandayu mengabdikan dirinya untuk kemajuan klan Iga. Saat terjadi perang besar bernama Tensho Iga War. Sandayu dilaporkan meninggal dunia akibat dikeroyok banyak sekali orang. Ia bertugas menjaga tiga rumah yang berisi banyak sekali anak dan wanita. Akhirnya ia tak mampu mengatasinya sendiri dan meninggal dalam perang.

Itulah tujuh ninja paling hebat dalam sejarah Jepang. Meski telah tiada, mereka kini tetap dikenang oleh banyak orang. Bahkan beberapa nama diadaptasi menjadi salah satu tokoh fiksi ninja yang yang hebat. dari tujuh ninja di atas, mana yang menjadi favorit anda?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA