Seharga Sebungkus Rokok, Pernikahan Pasangan Ini Diklaim Paling Murah di Dunia

Hanya Rp 17 ribu, itu nikah atau mau main PS?

oleh Arief Dian
08:00 AM on Jul 1, 2017

Namanya pernikahan selalu identik dengan kesan mewah dan megah. Oleh sebab itu kadang perlu menabung beberapa tahun agar pernikahan bisa semeriah yang diharapkan. Mulai dari catering, dekorasi hingga rias pengantin perlu dipikirkan matang-matang. Jadi bukan lagi hal yang aneh kalau pernikahan lekat dengan stigma mahal.

Namun, tak selalu pernikahan seperti itu. Di dunia ini masih ada tempat-tempat di mana kita bisa melangsungkan pernikahan dengan harga yang super duper murah, misalnya di Skotlandia. Jadi, di negara ini pernah dilangsungkan pernikahan murah yang dilakukan oleh pasangan Georgina Porteous dan Sid Innes. Percaya atau nggak dua orang ini menikah dengan mengeluarkan biaya kurang dari Rp 50 ribu. Murah banget nggak tuh? Karaoke dan makan saja lebih mahal dari itu. Lalu seperti apa potret pernikahan termurah itu dan kenapa bisa demikian? Simak ulasannya berikut.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Diklaim sebagai resepsi nikah paling murah di dunia

Ketika rata-rata orang mengeluarkan begitu banyak uang untuk menikah, pasangan asal Skotlandia bernama Sid dan Georgina justru melakukan hal yang sangat berbeda. Kamu mungkin takkan percaya, tapi dua orang ini mengeluarkan biaya nikah plus tetek bengeknya hanya sekitar satu Euro atau sekitar Rp 17 ribuan saja.

Paling murah [image source]
Kalau kamu tanya kenapa bisa semurah ini, jawabannya akan membuatmu langsung sadar. Menurut keduanya, menikah tidak selalu tentang gengsi dan foya-foya karena sejatinya esensi ikatan perkawinan itu adalah tentang janji sehidup semati. Jadi, daripada mengeluarkan banyak uang, mereka pun menghemat biaya pernikahannya sedemikian rupa.

Biaya satu Euro sebenarnya hanya buat beli baju

Percaya atau tidak namun hal itu memang benar. Biaya yang setara dengan Rp 17 ribu itu sebenarnya digunakan oleh pasangan ini hanya untuk membeli gaun pengantin. Itupun mereka dapat setelah memilah-milah dari beberapa situs jual beli online. Akhirnya ditemukan lah gaun paling murah yang bisa mereka beli. Lalu bagaimana dengan kebutuhan lain?

Hanya 17 ribu [image source]
Meskipun serba minim, ternyata pernikahan pasangan ini tidak kalah dengan yang lain. Ada band Jazz yang siap menghibur undangan yang rela tidak dibayar. Belum lagi acara pernikahan yang diselenggarakan di taman sehingga membuatnya minim budget. Masalah cincin kawin, mereka tak khawatir karena masih ada tanduk yang bisa dibentuk. Jadilah cincin kawin yang berasal dari tulang pengganti emas dan belian.

Beda nasib dengan pernikahan termahal di dunia

Kamu mungkin kaget dengan pernikahan yang satu ini. Pasalnya biaya nikahnya bisa untuk memberikan SPP gratis anak sekolah Indonesia dalam beberapa bulan. Bukan dari Amerika atau negara timur tengah, pernikahan di India ini diklaim paling mahal sedunia.

Nikah termahal [image source]
Bayangkan hanya untuk mengesahkan dua pasangan ini, mereka harus mengeluarkan biaya sampaiĀ  Rp 975 Miliar. Kalau dipikir benar-benar mubazir yang pernikahan seperti itu. Ternyata nikah serba hedon itu dilakukan oleh anak politisi terkemuka yang ada di sana. Jadi bukan hal yang aneh andai saja pernikahan ini menelan biaya yang sangat fantastis.

Esensi nikah itu ada pada janji sucinya

Tidak hanya di Indonesia, hal serupa sepertinya juga terjadi di berbagai negara. Namanya pernikahan, selalu identik dengan kesan meriah dan megah. Karena gengsi, kadang kita jadi lupa esensi pernikahan itu sendiri. Bukan pada terletak pada seberapa meriahnya pernikahan namun pada janji suci yang diikat oleh kedua mempelainya.

Menikah [image source]
Pasangan asal Skotlandia ini ternyata bisa membuktikan hal tersebut. Hanya dengan Rp 17 ribu, buktinya mereka sah menjadi seorang suami istri. Biasanya sih yang menentang hal seperti itu kalau tidak orang tua yang pihak mertua. Hanya karena gengsi, banyak orang jadi menunda menikah.

Sebenarnya nikah murah bisa saja dilakukan di Indonesia, asalkan tidak hanya menuruti gengsi. Pada dasarnya namanya menikah yang penting adalah mahar dan ijab kabulnya. Kalau semua sadar esensi dari menikah, mungkin hal ini bukan lagi masalah buat para lajang yang ingin jadi halal. Uangnya juga bisa ditabung buat keperluan masa depan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA