Ngerinya Virus Smallpox yang Mampu Membuat Seseorang Buruk Rupa dalam Sekejap

oleh Rizal
08:03 AM on Aug 24, 2016

Virus Ebola pernah jadi bahasan yang sangat intens beberapa waktu lalu. Rata-rata orang sih ngeri dan sangat ketakutan dengan virus ini. Alasannya tak lain karena Ebola gampang menular dan sangat berpotensi mematikan. Masih ingat juga kan penyebarannya yang meluas itu. Hanya dalam beberapa bulan, Ebola sukses bermigrasi ke banyak negara dan menjangkiti semuanya. Begitu paranoidnya orang-orang ketika itu, sampai-sampai maskapai pesawat terbang ogah melayani perjalanan dari atau menuju Afrika.

Kalau berkaca pada sejarah, Ebola sebenarnya bukanlah satu-satunya virus paling mematikan yang pernah ada. Masih ada beberapa virus yang sama atau bahkan lebih mengerikan. Salah satunya yang paling terkenal dan punya cerita kelam adalah Smallpox. Tidak seperti Ebola yang langsung memberikan kematian, Smallpox membuat korbannya menderita dengan parah dulu baru kemudian meninggal.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Smallpox sangat mematikan dan menyumbang banyak kematian di dunia. Menurut catatan yang ada, sebelum abad 20 Smallpox sukses menjangkiti orang-orang di seluruh dunia. Dan pada abad ke 20 diduga Smallpox sudah membunuh sekitar 300 juta orang. Gila!

Smallpox Ternyata Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu

Kalau melihat sejarahnya, Smallpox ternyata bukan ada beberapa abad lalu, melainkan sudah lama sekali. Hal ini diyakini oleh para peneliti yang secara pasti menemukan virus sejenis Smallpox di mumi Ramses V. Kalau dilihat dari waktu eksistensinya, Ramses V hidup setidaknya 3.000 tahun sebelum masehi. Jadi, bisa dibilang Smallpox juga berumur setua itu.

Ramses V dengan Smallpox [Image Source]
Ramses V dengan Smallpox [Image Source]
Di Tiongkok, virus ini sudah ada sejak 1122 tahun sebelum masehi dengan bukti tulisan-tulisan serta kisah-kisah yang ada. Tak hanya di sini, India pun juga dijajah Smallpox sejak lama. Bahkan orang-orang sana dulu sampai menyembah dewa yang bernama Sitala Mata yang dianggap sebagai Dewi-nya Smallpox.

Lebih dalam Tentang Smallpox yang Mengerikan

Hal yang mengerikan tentang Smallpox adalah penyebarannya. Begitu seseorang terjangkiti, Smallpox akan langsung menggerogoti korbannya dengan giras. Pertamanya sih hanya mulut dan dan leher, tapi jika tidak segera diatasi maka ia akan menyebar luas hanya dalam 12 hari. Jika masih belum tertolong, Smallpox mulai menyerang organ-organ termasuk juga tulang.

Ngerinya Smallpox [Image Source]
Ngerinya Smallpox [Image Source]
Tanda-tanda tubuh yang muncul jika terkena Smallpox awalnya hanya hal-hal sepele macam demam dan masalah pencernaan. Tapi, jika sangat parah dan kadung menyebar, Smallpox akan membuat kulit seseorang mengeluarkan benjolan-benjolan mengerikan. Yang pertama kali akan muncul di wajah, kemudian akan berlanjut ke seluruh tubuh. Seiring waktu berjalan dan Smallpox yang kunjung tidak terobati, virus ini juga akan menyerang retina dan menyebabkan kebutaan. Dan sebagai akhir dari siklus mengerikan ini tentu saja adalah kematian.

Smallpox Meninggalkan Bekas Luka Menyeramkan

Seperti yang disinggung sebelumnya, Smallpox bisa ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan mengerikan di wajah terutama dan juga seluruh tubuh. Benjolan ini ukurannya tidak tentu, tapi bisa sebesar ujung kelingking orang dewasa. Benjolan ini sendiri berisi cairan yang kalau dipecahkan semakin memperparah benjolannya.

Smallpox meninggalkan bekas luka mengerikan [Image Source]
Smallpox meninggalkan bekas luka mengerikan [Image Source]
Ngerinya benjolan Smallpox ini adalah ia takkan bisa benar-benar hilang. Meskipun si korbannya sudah sembuh total. Jadi, ini akan jadi tanda yang selamanya takkan pernah hilang sampai si korbannya tutup usia. Bisa hilang hanya dengan treatment operasi plastik dan juga obat-obatan khusus. Tapi, untuk itu biayanya tentu tidak murah.

Smallpox Menghabisi 300 Juta Manusia

Jika dihitung dari awal muncul hingga hari ini, Smallpox sudah menghabisi setidaknya lebih dari sejumlah manusia yang ada di Indonesia. Angka pastinya tidak diketahui, tapi yang jelas tak kurang dari 300 juta orang meninggal gara-gara virus satu ini. Ini pun belum dihitung masa sebelum masehi yang jumlah korbannya juga tak main-main.

Orang Indian meninggal massal karena Smallpox [Image Source]
Orang Indian meninggal massal karena Smallpox [Image Source]
Dunia belahan mana yang tak tersentuh Smallpox? Hampir semua daerah di muka Bumi pernah merasakan ngerinya virus ini. Berawal dari Mesir, virus ini menyebar ke India, kemudian Tiongkok, Jepang, lalu ke wilayah Asia Tenggara. Eropa juga terjangkiti bahkan hampir semua daerahnya. Dari Eropa, Smallpox menyebar lagi ke Amerika dan juga Australia. Virus Smallpox mungkin lebih kecil dari batu kerikil sekalipun, tapi ia bisa memberikan teror yang benar-benar mendunia.

Ketika Smallpox Menjadi Senjata Biologis Mematikan

Ketika semua orang sedang dihebohkan dengan kebingungan mencari obat yang mujarab untuk Smallpox, ternyata ada orang-orang keji yang memanfaatkan ini sebagai senjata biologis mematikan. Sejarah mencatat beberapa kali Smallpox dikemas menjadi senjata-senjata mematikan dalam perang.

Smallpox dijadikan senjata kimia [Image Source]
Smallpox dijadikan senjata kimia [Image Source]
Salah satu yang paling diingat adalah ketika Inggris menggunakan Smallpox untuk menghajar para Indian. Hasilnya benar-benar sangat fatal. Ketika itu, penghuni asli benua Amerika tersebut mengalami penurunan jumlah penduduk yang drastis. Setidaknya lebih dari 50 persen orang Indian meninggal lantaran Smallpox. Tak hanya itu, di Perang Dunia II senjata biologis berupa Smallpox juga terbukti digunakan oleh Inggris, Amerika Serikat, dan juga Jepang.

Hari ini virus Smallpox benar-benar sudah berhasil dihancurkan. Tapi, baru terjadi sekitar 2011 lalu. Di satu sisi ini mungkin jadi pencapaian yang bagus, tapi di sisi lain hal tersebut juga sangat memalukan. Smallpox sudah ada sejak ribuan tahun lalu, kenapa baru belakangan virus ini berhasil dihancurkan. Ini jadi yang hal kontradiktif lho kalau melihat pesatnya teknologi kedokteran di tahun tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA