in

Miris! Demi Bertahan Hidup, 4 Nenek Ini Terpaksa Konsumsi ‘Makanan Hewan’

Kerasnya hidup mungkin tidak hanya dialami oleh kaum millenials yang setiap harinya harus berdesakan di KRL ketika berangkat kerja, ataupun abang ojek online yang masih terus berseteru dengan antek-antek transportasi konvensional. Namun siapa sangka, beberapa lansia di Indonesia yang untuk melihat fisik dan usianya saja sudah membuat kita iba, ditambah lagi jika mereka hidup dirundung petaka.

Menjadi seorang nenek yang hidup bersama keluarganya saja bukanlah perkara mudah, apalagi sebatang kara. Berita tragis baru saja datang dari beberapa orang nenek yang demi bertahan hidup harus rela mengonsumsi hal-hal tak layak karena tidak ada lagi yang bisa dimakan. Simak kisahnya dalam ulasan berikut ini.

1. Nenek Niarti, Minum Air Rebusan Batu Selama Setahun

Mirisnya hidup seorang Niarti, warga Pontianak, Kalimantan Barat. Memasuki usianya yang ke-60, nenek ini hidup sebatang kara dengan ekonomi yang bisa disebut kurang dari cukup. Ia tinggal di sebuah rumah gubuk yang sudah reyot, pengap, dan tak layak huni.

Diketahui dari para tetangga, nenek tersebut menderita penyakit. Namun, karena tidak mempunyai cukup uang, ia tidak pernah sekalipun berobat ke rumah sakit. Jangankan memeriksakan diri, untuk makan saja ia tak memiliki dana sepeserpun sehingga ia harus bertahan hidup selama satu tahun dengan minum air dari rebusan batu.

2. Nenek Rokayah, Hanya Memakan Rumput

Satu lagi kisah yang menyayat hati datang dari seorang nenek warga Jember, Jawa Timur. Saking tidak memiliki harta yang tersisa, ia hidup di tanah milik perusahaan perkebunan dan mengandalkan para tetangga untuk apa yang ia konsumsi setiap hari.

Ketika pasokan makanan dari tetangga tak kunjung datang, dengan segala rasa sedih yang dibawanya, ia pergi ke sebuah tanah kosong di belakang rumahnya dan mencari tanaman rumput untuk dimakan. Semakin miris ketika banyak tetangganya yang tahu tapi tetap membiarkannya seperti itu.

3. Nenek Rosniah, Tukang Urut yang Makan Nasi Aking Sehari-harinya

Berbeda dari kedua nenek di atas, sosok satu ini masih mampu bekerja meski usianya sudah memasuki 90 tahun. Dilansir dari detik.com ia mengutarakan bahwa ia tidak malu menjalani profesinya sebagai tukang urut daripada mengemis. Meski kondisinya pas-pasan, nenek yang tinggal di Bekasi ini tetap bersyukur dengan keadaannya.

Nenek Makan Nasi Aking [image source]
Yang membuat kisahnya banjir air mata adalah terkadang penghasilan mengurutnya tidak cukup untuk memberi makan dirinya sendiri. Alhasil, ia mencari sisa-sisa makanan di depan kontrakannya dan dijemur sehingga bisa dimakan lagi atau ia biasa menyebutnya dengan sebutan nasi aking.

4. Nenek Tiara Devi, Makan Plastik untuk Bertahan Hidup

Meski bukan berasal dari Indonesia, kisah dari nenek satu ini agaknya perlu diulas agar menjadi sebuah tamparan bagi kita semua. Lagi-lagi karena keterbatasan ekonomi serta hidupnya yang sebatang kara, nenek yang berasal dari India ini mengisi perutnya dengan plastik karena tidak sanggup menahan lapar.

Nenek Makan Plastik [image source]
Sebelumnya ia memang mengeluh kesakitan sehingga tetangganya menolong dan membawa dirinya ke dokter. Alhasil, ketika diperiksa dokter, di dalam perutnya ditemukan gumpalan plastik yang sangat memprihatinkan.

Meski keempat nenek di atas harus berjuang sangat keras demi mempertahankan hidupnya, mereka tidak menyerah sedikit pun atau berusaha mengakhiri hidupnya. Pelajaran yang bisa diambil dari kisah di atas adalah tetap bertahan dan berjuang dalam segala keterbatasan. Ingatlah wahai netizen yang budiman, hidup ini begitu indah adanya, hanya kita yang merumitkannya dengan segala problema.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Ironis! 5 Penyanyi Indonesia Ini Pernah ‘Diusir’ dari Panggung, Ada yang Emosi dan Nantang Berantem

Nggak Banyak yang Tahu, Inilah Alasan Kenapa Petani Lebih Bahagia Ketika Memetik Teh di Pagi Hari