7 Negara Eropa Yang “Tidak Diakui” Kemerdekaannya

oleh Cah Azi
09:30 AM on Mar 17, 2015

Negara Eropa tak hanya Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Belanda atau Spanyol saja. Nyatanya, ada 7 tempat di Eropa yang ingin merdeka dan menjadi negara yang berdiri sendiri.

Dari sekian banyak tempat-tempat di Eropa yang menawan, siapa sangka, tempat yang terpencil ini ingin menjadi negara yang berdaulat. Dilansir dari News Australia, beberapa diantaranya sangat tidak logis untuk berdiri menjadi sebuah negara.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Sealand, Inggris

Negara yang satu ini ingin merdeka. Tapi sangat tidak logis jika menjadi sebuah negara. Pasalnya, negara “yang tidak diakui” ini hanya sebuah tower yang berdiri diatas lautan. letaknya berada di 10 km lepas pantai Suffolk, Inggris.

Sealand (c) dailybeast
Sealand (c) dailybeast

Sebenarnya, Sealand adalah menara pengawas untuk menjaga wilayah Inggris dari serangan udara saat Perang Dunia II. Lama kelamaan, mantan pasukan Inggris yang bernama Roy Bates mendirikan negara Sealand pada tahun 1967. Yang mengejutkan lagi, negara ini memiliki mata uang sendiri.

2. Moresnet, Belgia

Sudah tahu, jika benua Eropa memiliki sebuah negara yang pernah hilang? Pada abad ke-19, ada negara bernama Moresnet yang terletak di perbatasan Liege, Belgia dan Rhine, Jerman. Tidak ada kesepakatan diantara dua negara untuk menentukan garis wilayah negara.

moresnat belgia (asalasah)
moresnat belgia (asalasah)

Singkatnya, pada tahun 1816, didirikanlah negara Moresnet sebagai tempat netral antara negara Belgia dan Jerman Barat. Sayangnya, tahun 1919, negara ini runtuh karena terus menjadi perebutan antara Belgia dan Jerman Barat. Akhirnya, Moresnet menjadi bagian dari negara Belgia dan traveler bisa melihat beberapa tanda perbatasan antara negara Belgia dan Jerman Barat.

3. Seborga, Italia

Di negara Italia, kita tentunya sudah mengetahui ada Vatikan dan san Marino. Dua negara kecil tersebut berada di tengah-tengah Italia. Tapi siapa sangka, ada satu wilayah di negeri Pizza yang ingin merdeka, yakni Seborga.

Seborga (casado)
Seborga (casado)

Seborga berada di kawasan barat laut Italia yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Prancis. Tahun 1960, seorang petani Seborga ingin menjadikan wilayah itu sebuah negara yang berdaulat namun Pemerintah Italia bersikeras menjaga Seborga agar tidak lepas dari wilayahnya. Usut punya usut, ternyata wilayah Seborga memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang sangat bagus.

4. Republik Kugelmugel, Austria

Jika negara ini memiliki kedaulatan sebagai sebuah negara sendiri, mungkin ini adalah negara paling aneh di dunia. Ya, bentuknya hanya sebuah rumah bulat seperti telur raksasa yang dibangun oleh seniman bernama Edwin Lipburger pada tahun 1984 di Wina.

kugelmugel (wikipedia)
kugelmugel (wikipedia)

Walau Lipburger ingin menjadikan rumah tersebut sebagai sebuah negara, pemerintah Austria bersikukuh untuk tidak mengizinkan. Akhirnya Lipburger dijebloskan ke penjara dan rumah Kugelmugel dipindahkan ke Prater Park. Jika kesana, Anda masih bisa menemui rumah tersebut lengkap dengan tulisan Republik Kugelmugel yang masih terpasang.

5. Mapsulon, Italia

Jika Seborga ingin merdeka namun tidak diizinkan oleh pemerintah Italia, tempat yang berada di pegunungan Appennine, Florence ini sudah memerdekakan diri pada tahun 1996 walau tidak mendapat pengakuan.

mapsulon (wikiimages.qwika.com)
mapsulon (wikiimages.qwika.com)

Yang unik lagi, masyarakat setempat menolak segala bentuk teknologi seperti televisi hingga telepon genggam. Jika di Indonesia, mungkin seperti suku Badui. Bahasa sehari – hari warga Mapsulon sendiri adalah bahasa Toscan, bukan bahasa Italia.

6. Christiania, Denmark

Christiania bukan nama seorang cewek. Christiania adalah sebuah tempat di ibukota Denmark, Kopenhagen. Area ini dipenuhi oleh para seniman. Tahun 1971, para seniman tersebut menolak kontrol dari pemerintah Denmark yang dianggap banyak merugikan sebagian masyarakat lokal.

Going to Christiania (wikipedia)
Going to Christiania (wikipedia)

Mereka akhirnya berkumpul di area seluas 34 hektar ini untuk membuat aneka karya yang unik. ada rumah dengan bentuk yang aneh, pertunjukan musik. Para seniman menganggap bahwa ini adalah negara Christiania. Wah, negara di dalam negara dong, jadinya.

7. Uzupis, Lithuania

Nah, satu lagi negara yang mungin konyol jika merdeka. Adalah Uzupis yang masuk ke dalam wilayah Lithuania, Eropa Timur. Lokasi dari negara ini hanyalah sebuah gedung di distrik Bohemian, Vilnius. Di gedung ini berkumpul para seniman yang mendirikan negara Uzupis pada tahun 1998.

Uzupis(nomadtravel)
Uzupis(nomadtravel)

Banyak hasil karya dari seniman yang bisa disaksikan disini. Negara uzupis juga punya presiden, lagu kebangsaan, bahkan Undang-undang Dasar dengan pasal-pasal yang terpampang di kaca gedung. Ada pasal yang unik. Seperti Pasal bahwa setiap orang berhak menganggur.

Negara – negara diatas tersebut mungkin masih asing di telinga kita. Banyak yang tidak diakui jika tempat tersebut adalah sebuah negara. Mungkin akan konyol juga jika menjadi sebuah negara yang merdeka.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA