Fakta Miris 5 Negara Termiskin di Dunia

oleh Norman Duarte
13:09 PM on Jul 28, 2015

Yup. Judulnya kayak lagu dangdut maha karya Meggy Z. Tapi kenyataan ini emang nggak bisa dipungkiri, bahwa ada negara-negara yang segitu miskinnya sampai-sampai kita sendiri nggak percaya.

Daftar ini kami buat berdasarkan Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (kalo nggak paham silahkan buka-buka buku pelajaran Ekonomi setingkat SMP) berdasarkan daya beli per kapita.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Liberia ($700)

Salah satu tempat yang paling “kotor” di muka bumi karena tidak adanya fasilitas dasar bagi kehidupan. Permasalahan sistem sanitasi yang mengerikan serta kurangnya makanan adalah sebuah kombinasi yang menyeluruh yang menghancurkan negara ini. Hukum di Liberia sangat semrawut, ekonominya mengalami kolaps. Negara ini menghadapi krisis pada skala yang lebih besar. Hampir setengah dari penduduknya bertahan hidup dengan uang kurang dari $1 per hari. Sangat menyedihkan.

Liberia
Liberia [ImageSource]
Liberia sebenarnya hancur karena perang saudara yang melanda negara ini beberapa kali. Akibatnya, ribuan penduduknya menjadi pengungsi, dan harus hidup di bawah standar yang manusiawi. Pada tahun 2005, Liberia memiliki tingkat pengangguran sebesar 85%. Terburuk di dunia.

2. Burundi ($600)

Negara ini telah mengalami peperangan, korupsi, rendahnya pendidikan dan dampak HIV / AIDS. Burundi adalah sebuah negara yang sangat padat dan mengalami emigrasi besar-besaran. Menurut DHL Global Connectedness Index, Burundi adalah negara yang paling rendah tingkat globalisasinya di dunia. Penyebaran pandemi HIV/AIDS adalah penyakit yang umum di negeri ini.

Burundi
Burundi [ImageSource]
Begitu miskinnya negara ini, sampai-sampai jika dibandingkan dengan Indonesia, pendapatan perkapita Burundi 400 kali lebih kecil daripada Indonesia! Negara ini pun memiliki konflik yang paling banyak dibandingkan dengan negara manapun di dunia.

3. Somalia ($600)

Jika kamu gak pernah habisin makanan yang ada piring kamu, maka ingatlah Somalia! Negara yang ‘terkenal’ dengan kelangkaan makanannya, Somalia dianggap sebagai contoh terburuk dari kelaparan yang disebabkan alam dan manusia. Bahkan kelaparan ini begitu buruknya sehingga menghancurkan keberadaan negara ini.

Somalia
Somalia [ImageSource]
Selain wabah kelaparannya, Somalia juga terkenal di dunia dengan bajak laut mereka. Bahkan Somalia disebut sebagai negara yang paling berbahaya di dunia untuk ditinggali, bukan hanya karena kegiatan terorismenya, tetapi juga karena kondisi ekonomi.

4. Zimbabwe ($600)

Zimbabwe tidak hanya dikenal untuk kemiskinan dan malnutrisi penduduknya, letak geografisnya yang tanpa laut atau kelangkaan pangannya, tetapi juga karena rusaknya hukum di negara ini. Begitu banyak pelanggaran terhadap hak-hak untuk tempat tinggal (alias rumah dan tanah kamu yang bisa diserobot orang seenaknya), kebebasan untuk bergerak dan tinggal, kebebasan berkumpul dan minimnya perlindungan hukum.

Zimbabwe
Zimbabwe [ImageSource]
Negara ini sangat kaya dengan logam mulia, mineral dan sumber daya alam lainnya, tetapi kehidupan penduduknya sengsara. Terlepas dari kenyataan bahwa tanah negara memiliki kandungan berlian yang berlimpah, penduduknya hidup dalam ketakutan, pembunuhan, kelaparan, dan kesewenang-wenangan. Inflasi di negara ini melonjak hingga 2,2 juta % !

Selain AIDS, negara ini juga dilanda wabah Kolera. Korban berjatuhan karena pemerintah tidak mampu memberi fasilitas kesehatan yang layak. Bahkan rumah sakit di sana pada tutup, dan dokter serta petugas medisnya sampai pindah ke negara lain.

5. Kongo ($400)

Perang Kongo Kedua, yang dimulai pada tahun 1998, adalah perang yang sangat dahsyat dan dianggap sebagai ‘perang Dunia Afrika’, karena melibatkan sembilan negara Afrika dan dua puluh kelompok-kelompok bersenjata. Meskipun telah merdeka selama lebih dari 50 tahun, Kongo telah menghadapi serangkaian panjang konflik militer dan sosial tak berujung yang telah menghancurkan negara ini.

Kongo
Kongo [ImageSource]
Selain itu, konflik menguasai kekayaan mineralnya yang berlimpah telah menyebabkan beberapa kekejaman paling kejam dan mengerikan yang pernah terjadi dalam sejarah umat manusia. Sumber mineral Kongo yang berlimpah, telah disedot untuk mendanai perang dan bagi keuntungan pribadi, sementara kebanyakan warganya hidup di bawah garis kemiskinan.

Seluruh negara yang ada di daftar ini adalah negara-negara yang berada di Afrika. Padahal benua Afrika adalah benua yang subur, kekayaan alam berlimpah, kekayaan mineralnya pun tak terhitung. Emas, berlian, dan segala jenis batu mulia adalah kekayaan Afrika yang tidak pernah menjadi milik mereka. Rupanya negara-negara Afrika sengaja dibuat miskin, dibuat kelaparan, dibuat penuh konflik, agar kekayaan alamnya habis dikuras oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kita sangat beruntung tinggal di Indonesia. Meskipun kekayaan alam kita pun sudah dikuras asing, setidaknya bangsa Indonesia masih bisa hidup dengan cukup layak dengan segala fasilitas, rejeki, dan kehidupan yang ada. Kisah tentang negara-negara Afrika ini seharusnya membuat kita lebih menyadari betapa rasa aman, tenggang rasa, serta rasa syukur menjadi salah satu harta kita yang paling berharga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA