5 Negara Tanpa Samudra ini Masih Punya Angkatan Laut yang Hebat

oleh Adi Nugroho
09:29 AM on Mar 24, 2016

Di dunia ini ada sekitar 48 negara yang tidak memiliki wilayah samudra. Artinya negara mereka berada di tengah daratan yang dimiliki oleh negara-negara lain. Negara-negara ini sering kali disebut dengan Landlock Country, atau negara yang tanahnya terkunci. Contoh dari negara landlock adalah Swiss, Nepal, dan Paraguay.

Baca Juga : 10 Fakta Negara Tiongkok Suka Bikin Gara-gara dengan Negara Lain

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

Meski tidak memiliki wilayah samudra yang sangat luas, beberapa negara landlock ternyata ada yang memiliki angkatan laut. Lho, kok bisa memiliki angkatan laut padahal tidak memiliki wilayah samudra? Well, lima negara di bawah ini akan menjawab semua pertanyaan anda dengan detail.

1. Bolivia

Bolivia adalah satu dari beberapa negara di Amerika Selatan yang tidak memiliki wilayah samudra. Negara ini terjepit di antara Peru dan Chili hingga tidak memiliki akses ke Samudra Pasifik. Apalagi setelah konflik yang terjadi pada tahun 1963 silam antara Bolivia dan Chili. Negara ini akhirnya menjadi landlock dan tak bisa diubah lagi.

Angkatan Laut Bolivia image source]
Angkatan Laut Bolivia [image source]
Meski Tak memiliki akses ke Samudra Pasifik. Bolivia masih memiliki Angkatan Laut yang cukup kuat. Mereka biasanya melakukan patroli di Danau Titicata dan Sungai Bolivia yang sangat panjang. Setidaknya 5.000 personel dipersiapkan untuk melindungi kawasan negara. Pembentukan Angkatan Laut adalah simbol pantang menyerah dari Bolivia agar memiliki akses ke Samudra Pasifik.

2. Laos

Laos adalah satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki akses menuju lautan. Negara ini terjepit di antara Vietnam, Kamboja, da Thailand. Akses menuju ke Laut Cina Selatan atau pun Laut Andaman benar-benar tertutup. Meski demikian negara ini tak menyerah dan tetap membangun Angkatan Laut meski bertugas di Sungai Mekong.

Angkatan Laut Laos image source]
Angkatan Laut Laos [image source]
Sungai Mekong adalah salah satu jalur lalu lintas penting dalam perdagangan di Laos dan negara di sekitarnya. Banyak sekali kapal barang yang mengaku peti kemas masuk lalui jalur ini. Itulah mengapa Laos terus melakukan penjagaan dengan sangat ketat. Mereka tidak ingin negaranya kemasukan hal-hal mengerikan dari sungai yang mengalir juga di Tiongkok, Myanmar, dan Vietnam.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA