7 Negara Ini Aman Sentosa Meskipun Tidak Memiliki Kekuatan Militer

Tanpa militer negara-negara ini tak pernah diusik.

oleh Arief Dian
11:00 AM on Mar 29, 2017

Keberadaan militer bagi sebuah negara adalah hal yang sangat penting. Ibaratnya seperti cakar pada harimau atau bisa pada ular yang vital bagi perlindungan. Lantaran valuenya yang sangat penting, maka seperti yang kita ketahui, negara-negara di dunia pun berlomba-lomba untuk memperkuat angkatan perangnya.

Militer sangat penting eksistensinya, tapi ada beberapa negara yang malah tidak memiliki hal tersebut. Bukan sok berani atau bagaimana, tapi lantaran satu dan lain hal ada negara-negara yang tak masalah tanpa diperkuat militer. Meskipun demikian negara-negara ini dikenal cukup kuat karena punya sekutu yang selalu siap melindungi kapan pun.

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Vatikan, negara terkecil

vatikan [image source]
Sebagai negara terkecil di dunia, Vatikan jelas tidak memiliki tentara sendiri. Alasannya tak lain karena negara ini begitu sempit sehingga jumlah penduduknya pun sedikit. Meskipun demikian, sampai sekarang tak ada satu pun negara yang berani mengganggunya karena Vatikan dijaga betul oleh Italia. Seandainya hal-hal buruk terjadi, maka si negeri Pizza akan berjuang mati-matian. Vatikan sendiri memang tidak memiliki tentara, meskipun demikian mereka memiliki semacam satuan khusus. Tapi tugasnya hanya sebatas membantu keamanan saja.

Liechtenstein, antara dua negara

Liechtenstein [image source]
Negara kecil di antara Austria dan Swiss ini tidak memiliki tentaranya sendiri. Liechtenstein merupakan negara yang berbentuk kerajaan. Setelah perang pada tahun 1800-an dahulu, Liechtenstein mengalami kerugian yang sangat banyak akibat perang. Alhasil, negara ini menghapuskan militernya agar biayanya dapat digunakan untuk kepentingan lain. Bila terjadi peperangan, Liechtenstein akan meminta bantuan militer dari negara tetangganya.

Kosta Rika, paling banyak dapat bantuan militer

Kosta Rika [image source]
Akibat perang saudara yang memakan banyak korban serta biaya yang sangat besar, negara ini menghapus militernya. Hingga saat ini, Kosta Rika hanya dilindungi oleh Fuerza Publica, semacam kesatuan kepolisian yang menjaga ketertiban yang ada di sana. Bila negara ini di serang, maka Kosta Rika boleh meminta bantuan kepada 21 negara seperti Amerika, Kuba dan lain-lain.

Palau , “anak” dari Amerika

Palau [image source]
Negara ini ada dalam perlindungan negara adikuasa Amerika. Yang ada dalam negara kepulauan ini hanya satuan kepolisian yang siap mengamankan saat terjadi suatu serangan atau peperangan. Karena tidak memiliki tentara, Palau harus meminta bantuan terhadap negara-negara yang ada di sekitarnya saat hal buruk terjadi. Atau kalau tidak, Palau langsung meminta bantuan pada negara pelindungnya Amerika Serikat.

Andorra, pernah menantang jerman

Andorra [image source]
Pernah nyatakan ini berperang dengan Jerman dengan hanya 10 personel tentara. Namun oleh Jerman hal tersebut tidak digubris. Negara di antara Spanyol dan Perancis ini sudah tidak memiliki militer untuk menjaga kedaulatan negara. Akan tetapi mereka punya satuan polisi yang dilatih khusus untuk menjaga kedamaian. Bila terjadi peperangan, Andorra mendapatkan perlindungan dari Perancis, Spanyol dan NATO.

Kepulauan Solomon, perlindungan dua negara

Kepulauan Solomon [image source]
Akibat konflik yang berkepanjangan dan pemerintahan yang belum stabil, membuat Solomon tidak memiliki militer. Seperti negara kecil yang lainnya, Solomon hanya memiliki satuan Polisi yang menjaga perdamaiannya. Bila terjadi perang, maka kepulauan Solomon akan meminta bantuan pada Selandia Baru dan Australia sebagai negara pelindungnya.

Grenada, tanpa perlindungan

Grenada [image source]
Negara ini selain tidak punya militer juga tak memiliki perjanjian perlindungan dari negara lain. Setelah terjadinya invasi yang dilakukan Amerika terhadap negara ini, membuat negara ini memutuskan untuk membubarkan satuan militernya. Seumpama suatu ketika Grenada sedang apes dan dijajah negara lain, hal tersebut sepertinya akan terjadi dengan sangat mudah. Kalau militer Indonesia sih, paling tidak sampai 2 jam bisa menguasai negara ini.

Keberadaan militer adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya untuk berperang tentu saja, tapi menjaga kedaulatan. Tak hanya itu, angkatan perang juga jadi simbol pamor sebuah negara. Makin hebat tentu semakin dihormati. Namun demikian, beberapa negara tanpa militer punya pertimbangan pentingnya sendiri kenapa membubarkan angkatan perangnya. Dan itu harus dihormati.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 5 Cara Menyelamatkan Nyawa dari Harimau, Meski Hidupmu Ada di Ujung Taring Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA