5 Negara Super Rahasia yang Mungkin Namanya Baru Kamu Dengar Sekali ini

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 19, 2015

Fenomena negara rahasia mungkin hanya ada dalam film atau cerita-cerita fiksi. Negara rahasia tersebut seringkali digambarkan sebagai wilayah antah berantah yang tak banyak diketahui namun punya keistimewaan khusus. Nah, percaya atau tidak, ternyata hal yang seperti ini ada lho di dunia nyata. Ya, ada banyak negara-negara rahasia yang berdiri di muka Bumi tanpa banyak yang mengetahuinya.

Salah satu contohnya adalah Republik Lakotah. Pernah mendengar namanya? Mungkin jarang ya, lantaran negara ini sering dianggap tidak ada padahal eksis. Lakota terletak di sepanjang Montana sampai Dakota, Amerika. Meskipun sering dianggap angin lalu, Lakota sejatinya sudah ada sejak dulu dan kini penduduknya sudah mulai berani muncul untuk menyuarakan berdirinya negara Lakota secara legal. Harapannya sendiri agar negara tersebut bisa diakui secara internasional.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Tak hanya Lakota, ternyata ada banyak negara rahasia lainnya yang masing-masing punya keunikannya sendiri. Berikut ulasannya.

1. Barotseland

Barotseland dulunya merupakan sebuah kerajaan mandiri yang berdiri sendiri. Hingga kemudian kerajaan ini bergabung dengan Zambia pada tahun 1964 lewat sebuah perjanjian. Dalam persetujuan tersebut Barotseland memiliki hak untuk mengontrol Zambia secara penuh. Namun sayangnya, beberapa dekade berlalu Barotseland hanya dianggap sebuah provinsi biasa tanpa hak istimewa apa pun.

Salah satu atraksi wisata di Barotseland [Image Source]
Salah satu atraksi wisata di Barotseland [Image Source]
Hingga pada tahun 2012 kemarin, Barotseland mendeklarasikan  pecahnya mereka dari Zambia. Proses deklarasi tersebut tak mudah karena Baroseland sampai harus berkonfrontasi militer dengan pemerintah. Setelah melewati usaha sulit itu, negara yang hanya seluas 126 ribu kilometer itu berhasil merdeka. Bahkan Inggris mengakui eksistensi mereka.

2. Chinland

Chinland adalah sebuah negara kecil yang terletak di Myanmar, tepatnya di bagian perbatasan antara India dan Bangladesh. Mungkin negara ini tidak pernah kita dengar sebelumnya, namun siapa sangka jika Chinland sejatinya sudah ada sejak zaman imperalis dulu. Chinland dulu negara yang berdiri sendiri, hingga Inggris menginvasi mereka dan pada akhirnya melebur dengan Myanmar.

Potret anak-anak Chinland [Image Source]
Potret anak-anak Chinland [Image Source]
Makin berjalan waktu, para penduduk Chinland tambah yakin jika mereka harusnya memang berdiri sendiri. Hingga akhirnya mereka menuntut kemerdekaan kepada Myanmar dan nampaknya masih belum membuahkan hasil. Chinland sendiri dihuni hampir 1,5 juta orang yang di dalamnya terbagi atas 63 suku yang memiliki 20 bahasa daerah.

3. Degar

Cerita berdirinya Degar sangat mirip dengan kisah-kisah pemberontakan yang pernah ada di Indonesia, hanya saja mereka lebih dramatis. Diceritakan jika Degar berkhianat kepada Vietnam lantaran ingin berdiri sendiri. Saat itu, penduduk Degar yang ingin merdeka justru membantu Amerika melawan Viet Chong.

Pasukan Degar tengah dilatih oleh militer Amerika untuk melawan Viet Cong [Image Source]
Pasukan Degar tengah dilatih oleh militer Amerika untuk melawan Viet Cong [Image Source]
Seperti yang kita tahu, perang dua negara ini berakhir dengan kemenangan Vietnam. Degar yang dalam hal ini membela Amerika, turut menelan kekalahan pula. Kini eksistensi mereka bagai aib lantaran kerap disebut pemberontak dan lain sebagainya. Degar saat ini diketahui masih membangun kekuatan lagi untuk bisa benar-benar lepas dari Vietnam.

4. Republik Nagorno –Karabakh

Sebelum menjadi Rusia seperti sekarang ini, negara tersebut adalah gabungan dari wilayah yang sangat luas, dan kita mengenalnya dengan Uni Soviet. Hingga pada akhirnya, negaranya Stalin itu goyang dan menyebabkan beberapa daerah milik mereka dulu melepaskan diri. Salah satunya adalah Republik Nagorno-Karabakh.

Salah satu sudut Nagorno–Karabakh, negara yang tak dianggap oleh dunia [Image Source]
Salah satu sudut Nagorno–Karabakh, negara yang tak dianggap oleh dunia [Image Source]
Beberapa daerah pecahan Soviet mendapatkan pengakuan, sedangkan untuk yang satu ini tidak. Hingga sekarang, Rusia bahkan dunia tak mengakui eksistensi Nagorno-Karabakh. Padahal mereka memenuhi syarat untuk disebut negara. Nagorno-Karabakh memiliki pemerintahan dan juga militer. Sayangnya, negara kecil ini letaknya pas sekali di tengah-tengah Azerbaijan. Alhasil, Nagorno dianggap bagian dari negara itu meskipun kenyataannya mereka terus berjuang untuk bisa merdeka.

5. Orde Militer Berdaulat Malta

Percaya atau tidak, negara ini tidak memiliki wilayah yang jelas tapi mereka punya atribut kenegaraan yang lumayan lengkap. Termasuk pengakuan dari PBB, hubungan diplomatik dengan 105 negara, bahkan punya paspor sendiri. Keanehannya ya hanya satu tadi, negara ini tidak memiliki teritorial yang spesifik.

Tanpa wilayah, negara ini justru sangat diterima oleh PBB [Image Source]
Tanpa wilayah, negara ini justru sangat diterima oleh PBB [Image Source]
Orde Militer Berdaulat Malta mengalami perjalanan panjang hingga akhirnya menjadi negara. Kisahnya diawali oleh sekelompok kesatria Katolik yang menemukan sebuah pulau Malta. Lalu tak lama kemudian Napoleon menginvasi Malta dan mengusir semua penduduknya. Lalu entah bagaimana akhirnya negara hantu yang tak punya wilayah ini bisa berdiri sendiri. Perlu diingat jika Orde Militer Berdaulat Malta berbeda dengan Malta.

Rata-rata negara rahasia ini ternyata adalah pecahan dari negara-negara yang sudah ada. Namun beberapa justru sudah ada sejak dulu kemudian hilang dan akhirnya mulai bangkit lagi. Mengklaim sebuah negara memang tak semudah apa yang kita kira. Harus ada syarat-syaratnya serta belum lagi intervensi negara-negara lain yang berkepentingan. Tapi jika demikian, kenapa Orde Militer Berdaulat Malta bisa disebut negara padahal ia tak memiliki wilayah yang jelas?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA