Di 5 Negara Ini Profesi Petani Jadi Buruan Anak Muda, Penghasilannya Juga Setara Direktur

Bahkan mereka yang sekolah non-pertanian pun berebut jadi petani

oleh Arief Dian
15:00 PM on Sep 7, 2017

Beberapa waktu yang lalu pernyataan presiden Jokowi sempat bikin heboh masyarakat. Ya, beliau sempat menyindir kalau banyak lulusan pertanian namun malah memilih kerja di bank. Kalau dipikir-pikir hal ini memang benar, kini jumlah petani muda makin sedikit. Namun di balik semua itu, pastinya ada berbagai alasan logis, mulai dari takut minim penghasilan jika jadi petani hingga memang sudah diterima kerja. Satu sama lain tidak bisa disalahkan.

Namun ternyata, berlawan dengan minimnya petani baru di Indonesia itu, beberapa negara ini jumlah pemuda yang bekerja di sektor agraris luar biasa banyak. Selain bakal mendapat penghasilan menjanjikan, mereka juga bakal memperoleh banyak fasilitas tunjangan. Lalu negara mana saja itu?

Baca Juga
5 Tipe Kelakuan Super Nyeleneh Emak-Emak Saat Naik Ojek Online, Dijamin Bikin Ngakak
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang

Para petani di Jepang sangat kaya raya

Ternyata di Jepang, profesi yang kadang dianggap biasa oleh orang Indonesia ini di sana memiliki penghasilan luar biasa. Bayangkan saja, dilansir dari Tribunnews, di desa Kawakami penghasilan rata-rata para petani Jepang adalah sekitar 25 juta yen atau setara dengan 2 Miliaran rupiah.

petani jepang [image source]
Bahkan dari data tersebut diketahui kalau penghasilan para petani ini memang mengalahkan gaji para pegawai kantoran di sana. Jadi bukan hal yang aneh kalau sangat banyak para anak muda yang langsung mendaftarkan diri sebagai petani. Hal ini pastinya berbanding terbalik dengan di Indonesia yang malah kebanyakan anak mudanya minder jadi petani.

Penghasilan petani Belanda yang luar biasa

Negara lain yang juga  memiliki para petani kaya adalah Belanda. Bayangkan saja, di negara kecil ini ekspor dalam bidang pertanian masuk pada peringkat kedua di dunia. Jadi bukan hal yang aneh kalau penghasilan para petani ini juga luar biasa.

petani belanda [image source]
Bahkan satu orang petani bisa mendapatkan uang minimal 14 juta per bulannya. Tentu hal itu juga dipengaruhi dengan sistem cocok tanamnya yang juga terlampau modern. Dengan pendapatan seperti itu, wajar kalau banyak orang yang berbondong jadi petani di sana.

Di Australia petani adalah profesi terpandang

Rupanya di negeri kanguru, profesi petani bukanlah sebuah pekerjaan yang biasa. Apalagi mengingat kebanyakan penghasilan negara didapat dari ekspor perkebunan dan pertanian. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak orang berminat mendaftar jadi seorang petani di sana.

Petani Australia [image source]
Ya, bayangkan saja ada dua pertiga atau sekitar 485 juta hektar tanah Australia sengaja dibuka untuk sektor pertanian. Bisa dibilang baik para petani dan pemerintah jadi saling mendukung untuk sama-sama menyukseskan nasib para pekerja sektor agraris di sana.

Petani China yang yang super makmur

Di negara tirai bambu ini, profesi petani lagi-lagi jadi buruan para anak muda.  Bahkan tak jarang mereka yang lulus dari jurusan non-pertanian pun berebut jadi petani. Itu bukan hal yang aneh mengingat  penghasilan para petani di sana yang luar biasa banyak.

petani china [image source]
Pada tahun 2009, negara ini masuk dalam daftar yang paling tinggi pada bidang pertaninan. Bayangkan saja, penghasilan rata-rata petani di sana adalah sampai 9 juta lebih. Angka itu pastinya makin meningkat pada setiap tahunnya. Bisa dibilang kalau jadi petani di sana bakal dijamin tajir.

Negara paman Sam juga tidak ketinggalan

Negara lain yang juga masih meminati profesi petani tidak lain dan tidak bukan adalah Amerika. Ya, di negara paman Sam ini rupanya menjadi petani adalah hal yang menjanjikan. Apalagi mengingat teknologi di sana yang sangat maju, jelas hal ini akan menampung kemakmuran petani di sana.

petani amerika [image source]
Soal penghasilan, tidak perlu ditanya, pastinya pegawai kantoran pun lewat. Hal ini bukan sesuatu yang aneh mengingat penghasilan negara terbesar juga berasal dari sektor pertanian.

Itulah beberapa negara yang pemudanya punya antusias menjadi petani. Indonesia bisa saja seperti mereka asalkan baik anak mudanya dan pemerintah saling bekerja sama. Jika banyak anak muda yang tidak minder menjadi petani dan pemerintah siap menjembatani serta membantu mereka, impian itu bukan lagi sebuah mimpi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA