5 Negara Ini Doyan Beli Busana Muslim Indonesia, Siap-siap Jadi Kiblat Fashion Islam Dunia

Tinggal lihat saja, beberapa tahun lagi Indonesia akan mengalahkan Turki dalam masalah fashion

oleh Arief Dian
14:00 PM on Jun 12, 2017

Indonesia memang sudah terkenal dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Lebih dari 80%  orang Indonesia beragama Islam. Oleh sebab itu banyak produk-produk muslim yang  beredar di masyarakat. Mulai dari sajadah, tasbih, mukena hingga busana muslim yang khas Indonesia.

Namun siapa sangka kalau yang menggandrungi produk muslim Indonesia bukan hanya rakyatnya. Terutama busana muslim, beberapa negara bahkan rela mengekspornya dengan jumlah besar-besaran. Saking banyaknya, bisa dipastikan beberapa tahun lagi Indonesia bakal menjadi kiblat fashion muslim dunia. Jadi negara mana saja yang mengekspor busana muslim Indonesia? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Inilah Asal-Usul Bambu Runcing yang Pernah Bikin Penjajah Bermimpi Buruk
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!

Malaysia sangat cinta busana muslim Indonesia, dan tidak bisa ditiru

Ternyata di negeri Jiran, busana muslim khas Indonesia bisa sangat laku, bahkan Malaysia menjadi salah satu langganan utama. Mungkin bukan hanya karena murah, busana muslim Indonesia juga sangat terkenal fashionable. Belum lagi busana muslim Indonesia juga sangat terkenal karena memiliki banyak jenis, misal dulu ada busana muslim ala-ala Syarihni dan beberapa artis lainnya.

Batam [image source]
Hal itulah yang membuat para orang Malaysia ini jadi sangat kepincut dengan busana Indonesia. Jadi bukan lagi rahasia kalau saat dekat dengan lebaran, banyak orang Malaysia yang berbondong untuk pergi ke Batam memborong busana muslim. Meskipun mereka memiliki produksi busana Muslim sendiri, namun ternyata masih kalah saing dengan Indonesia.

Sama halnya di Malaysia, Singapura juga kerajingan dengan busana muslim Indonesia

Satu lagi negara tetangga Indonesia yang ternyata juga doyan dengan busana muslim khas Indonesia, yakni Singapura. Memang di Singapura pemeluk agama Islamnya juga lumayan banyak, jadi wajar kalau minat pada busana muslimnya cukup tinggi. Belum lagi dekatnya daerah di Singapura dengan Indonesia itu jadi faktor pendukung negara tersebut lebih suka belanja busana muslim di bumi pertiwi.

Suka produk Indonesia [image source]
Serupa dengan Malaysia, orang Singapura lebih suka jika berbelanja busana muslimnya di Batam ketimbang di negaranya sendiri. Selain sangat jauh lebih murah, busana muslim Indonesia juga banyak varian. Negara ini menjadi langganan terbanyak kedua setelah Malaysia.

Negara ratu Elizabeth juga sering ekspor busana muslim kita

Meskipun penduduk yang beragama Islam di Inggris adalah minoritas, ternyata negara ini menjadi salah satu langganan busana muslim Indonesia. Kurang lebih ada sekitar 3 juta penduduk muslim di negara itu. Namun uniknya, jumlah ekspor yang mereka lakukan ternyata lumayan fantastis.

Busana Muslim Indonesia di Ingris [image soure]
Kurang lebih ekspor baju sebesar $211 juta telah dilakukan Indonesia ke Inggris untuk para penduduk muslim yang ada di sana. Itu merupakan angka yang fantastis mengingat jumlah muslim di sana yang lumayan sedikit.

Negeri paman Sam juga salah satu pengekspor terbanyak

Ternyata hal yang sama juga terjadi di Amerika, di negeri Paman Sam itu busana Muslim Indonesia juga digandrungi warganya. Menurut data ekspor pada tahun 2014, diperkirakan total ekspor jenis pakaian Indonesia di Amerika mencapai angka  $4,86 Miliar.

Amerika mengandrungi Indonesia [image source]
Ini adalah angka yang lumayan fantastis, dan uniknya semakin tahun pertumbuhannya meningkat lebih dari 2%. Menurut Organization of Islamic Cooperation (OIC), berdasarkan pertumbuhan signifikan tersebut, diperkirakan beberapa tahun lagi jumlah busana muslim Indonesia bisa merajai dunia.

Bersaing dengan Turki namun tetap digandrungi

Meskipun sampai saat ini Turki masih menjadi kiblat fashion busana muslim dunia, namun ada persaingan ketat dengan Indonesia. Pada tahun kemarin, Indonesia sudah mencapai angka $4,5 Miliar hanya untuk busana muslim saja. Hal tersebutlah yang menarik minat Turki untuk saling bekerja sama dalam bidang perdagangan busana muslim.

Kerja sama Indonesia Turki [image sourfce]
Namun demikian, karena pertumbuhan busana muslim Indonesia sangat cepat, tidak menutup kemungkinan kalau 4-5 tahun kelak bakal mengalahkan Turki dan menjadi kiblat tren busana muslim dunia.

Ini merupakan berita bagus bagi rakyat Indonesia. Karena akhirnya bumi pertiwi ini bakal dikenal oleh seluruh antero jagat karena akan menjadi kiblat fashion busana muslim. Seharusnya kita patut bangga akan hal tersebut dan tidak perlu malu lagi menggunakan produk Indonesia,

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA