5 Negara Penjajah Ini Ternyata Pernah Merasakan Kejamnya Dijajah Negara Lain

oleh Nikmatus Solikha
07:26 AM on Dec 18, 2016

Orang bijak mengatakan jika hidup itu berputar seperti roda. Kadang berada di atas, namun ada waktunya juga bakal berada di bawah. Ungkapan ini bisa dikatakan tepat dan benar. Pasalnya, mungkin hampir setiap orang mengalaminya. Dan tidak tentang bisnis saja, tapi juga hal-hal lain. Bahkan kalau boleh bicara sesuatu yang lebih besar, penjajahan pun juga demikian.

Ya, agak janggal memang kesannya, tapi penjajahan itu juga berlaku hukum roda. Kadang yang menjajah bakal dijajah atau sebaliknya. Salah satu contohnya adalah Belanda. Kita tahu sendiri negara ini menjajah bangsa kita sekian lama, namun siapa yang menyangka jika dulunya mereka juga terjajah. Mereka pun berjuang agar bisa merdeka dan hasilnya malah bisa menjajah kita.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Tak hanya Belanda yang bernasib seperti ini. Masih ada banyak negara lain yang juga punya takdir serupa. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Belanda, Penjajah yang Terjajah

Belanda [Image Source]
Belanda dikenal sebagai negara penjajah yang menguasai Indonesia selama hampir tiga setengah abad. Tapi, perlu kita ketahui bahwa Negara Belanda sendiri pun pernah dijajah negara lain sebanyak tiga kali. Pada abad ke-16 saat Belanda berada di bawah pemerintahan Wangsa Hapsburg, negara ini berhasil dikuasai oleh Bangsa Spanyol. Satu abad kemudian Belanda akhirnya berhasil direbut oleh Napoleon Bonaparte. Louis Napoleon yang merupakan adik kandung dari Napoleon Bonaparte akhirnya diangkat menjadi Raja Belanda. Kemudian, Louis Napoleon memerintahkan William Daendles untuk menjajah Pulau Jawa. Setelah Napoleon menyerah atas kekalahannya, akhirnya Belanda mampu merebut kemerdekaannya pada tahun 1813. Pada tahun 1815, Belanda berhasil mendirikan kerajaannya.

2. Amerika Serikat juga Pernah Mengalami Penjajahan

Amerika Serikat [Image Source]
Amerika Serikat merupakan jajahan dari negara Inggris dan berhasil meraih kemerdekaan pada tanggal 4 Juli 1776. Amerika Serikat berhasil mengalahkan Inggris saat terlibat dalam perang revolusi Amerika. Wilayah Amerika Serikat zaman dahulu pun luasnya begitu sempit karena  13 wilayah negara bagian yang menjadi 13 wilayah koloni Inggris seperti Virginia, Rhode Island, Pennsylvania, South Carolina, New Jersey, North Carolina, New Jersey, New Hampshire, Massachusets, Maryland, Georgia, Delaware dan Connecticut.

3. Perancis yang Hebat pun Pernah Dijajah

Perancis [Image Source]
Perancis adalah salah satu negara penjajah paling hebat. Bagaimana tidak, negaranya Napoleon ini mampu menguasai sekitar lima persen wilayah dunia. Namun, meskipun hebat seperti itu, negeri cinta ini pun juga pernah dijajah. Ya, diketahui Jerman berhasil menguasai wilayah Perancis sejak bulan Juni yang terjadi antara tahun 1940. Dan berhasil memperoleh kemerdekaannya kembali di tahun 1944.

4. Britania Raya Pernah di Bawah Kaki Romawi

Britania Raya [Image Source]
Negara Britania Raya juga sempat dijajah oleh Bangsa Romawi. Kehadiran Bangsa Romawi ke Britania Raya untuk merebut wilayah kekuasaan dilakukan sejak 43 sampai 410 Masehi. Masa penjajahan Bangsa Romawi ke wilayah ini berlangsung dalam kurun waktu yang sangat lama yaitu selama 367 tahun. Penjajahan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan sumber daya alam seperti timah dan emas yang menarik perhatian Bangsa Romawi.

5. Belgia Pernah Juga Jadi Rebutan untuk Dijajah

Belgia [Image Source]
Belgia merupakan negara yang berhasil menjajah wilayah Kongo di Afrika. Namun, Belgia ternyata juga pernah dijajah oleh tiga bangsa lain. Dahulu wilayah Belgia masih menjadi satu dengan Belanda. Pada masa itu, wilayah ini sempat dijajah oleh bangsa Perancis dan Spanyol. Tidak hanya itu, di masa perang dunia II Bangsa Jerman juga sempat berhasil merebut kekuasaan Belgia. Pada tahun 1830, Belgia berhasil mendirikan wilayahnya sendiri.

Siapa yang menyangka ya jika negara-negara hebat di atas ternyata pernah merasakan tidak enaknya dijajah. Yang paling mengejutkan dari fakta di atas adalah Inggris. Negara sang penjajah terhebat ini nyatanya juga pernah dikungkung oleh Romawi dalam waktu yang sangat lama.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA