5 Negara yang Kerap Memicu Perang ini Telah Melakukan Aksinya Sejak Ratusan Tahun Lalu

oleh Adi Nugroho
09:00 AM on Jan 9, 2016

Sejarah telah mencatat jika umat manusia terus melakukan perang tanpa ada akhirnya. Bahkan, sebelum masehi pun perang telah ada dan membuat banyak sekali kekacauan di seluruh dunia. Namun, siapa yang memicu perang? Atau negara mana yang mengakibatkan sebuah perang berkibar dengan sangat mengerikan dan jutaan orang harus tewas dalam keadaan yang mengenaskan.

Well, mungkin anda sudah menebak beberapa negara yang kemungkinan besar menjadi biang keladi perang: Amerika. Namun jauh sebelum negara ini terbentuk, perang sudah dilakukan oleh banyak sekali negara atau mungkin kerajaan yang saat itu berkuasa. Berikut daftarnya untuk anda.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Kekaisaran Roma

Tak ada yang menandingi berapa banyaknya perang yang dilakukan oleh bangsa di Kekaisaran Roma. Mereka telah melakukan serangan-serangan ke wilayah sekitar hingga daratan Timur Tengah sejak abad ke-8 sebelum masehi. Artinya sejak 2.800 tahun yang lalu bangsa Roma telah melakukan perang yang mengerikan.

Kekaisaran Roma [image source]
Kekaisaran Roma [image source]
Di masa lalu, bangsa ini dikenal sangat kuat. Itulah mengapa mereka terus melakukan penyerangan demi memperluas wilayah. Sayangnya, pada abad ke-5, Kekaisaran Roma harus runtuh hingga akhirnya sekarang masuk ke dalam wilayah negara Italia. Jika bangsa ini masih ada hingga sekarang, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi di Eropa, kan?

2. Kekaisaran Tiongkok

Tiongkok atau Cina adalah negara kedua yang banyak sekali memicu perang sejak ribuan tahun yang lalu. Perang pertama yang berhasil dicatat oleh sejarah dilakukan pada tahun 221 sebelum masehi. Artinya, sejak 2.200 tahun yang lalu bangsa ini telah melakukan praktik mengerikan dan menghabiskan banyak nyawa.

Kekaisaran Tiongkok [image source]
Kekaisaran Tiongkok [image source]
Perang yang paling sering dilakukan oleh Tiongkok adalah perang dengan negara di sekitarnya seperti Jepang, Rusia, hingga invasi mereka ke Vietnam dan Korea. Selain perang yang melibatkan negara lain. Tiongkok juga kerap melakukan perang dengan orang di negaranya sendiri. Setidaknya perang sipil terjadi lebih dari 12 kali di era modern.

3. Prancis

Prancis adalah negara yang banyak sekali melakukan perang sejak ribuan tahun yang lalu. Kala itu Prancis masih bernama Gaul dan terlibat peperangan dengan Kekaisaran Roma. Perang ini terjadi sebanyak lebih dari 100 kali dari zaman kuno hingga modern. Dari zaman Napoleon Bonaparte hingga zaman modern seperti sekarang.

Prancis [image source]
Prancis [image source]
Saat ini Prancis telah menjadi negara modern yang bersekutu dengan Amerika. Negara ini telah banyak sekali melakukan perang di negara Timur Tengah, hingga mengakibatkan banyak orang terluka dan meninggal dunia. Meski sekarang Prancis kerap mengalami serangan teror, dahulu merekalah yang kerap melakukan teror ke seluruh penjuru Eropa.

4. Inggris

Inggris yang saat ini merupakan saudara baik dari Amerika telah melakukan banyak sekali perang di seluruh dunia. Bahkan sejak tahun 1700-an, negara ini telah melakukan misi-misi ke seluruh dunia dengan mencari negara jajahan untuk diambil hasil buminya. Salah satu negara yang pernah dikuasai Inggris sangat lama adalah India dan Australia.

pakaian militer Inggris [image source]
pakaian militer Inggris [image source]
Di zaman modern, Inggris lebih banyak terlihat sebagai tangan kanan. Negeri ini selalu mengikuti apa saja yang Amerika lakukan. Bahkan hampir di setiap perang yang dilakukan oleh Amerika, Inggris selalu terlibat di dalamnya.

5. Jerman

Jerman memulai perang sejak abad ke-19, dari Jerman memiliki nama German Empire sampai Federal Republic of Germany. Setidaknya, lebih dari 25 perang melibatkan Jerman di dalamnya. Paling parah adalah saat Hitler berkuasa dan mengobrak-abrik Eropa, juga membuat jutaan warga Yahudi harus rela dimasukkan ke kamp konsentrasi dan dibunuh dengan gas beracun.

Jerman [image source]
Jerman [image source]
Jerman adalah negara yang kerap sekali menyulut perang. Mereka terobsesi menjadi negara yang superior dibandingkan dengan negara lain. Untung saja Hitler telah tiada dan digantikan dengan pemimpin yang baru. Meski demikian, Jerman juga ikut terlibat perang di Suriah yang membuat banyak sekali gelombang pengungsi datang ke Eropa.

Itulah lima negara yang kerap sekali memicu perang di seluruh dunia. Dari lima negara di atas, kira-kira mana yang menurut anda menyebabkan banyak sekali kematian di seluruh dunia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA