in

9 Negara Paling Sehat di Dunia, Indonesia?

9. Jerman

Negara yang pernah terpecah menjadi dua bagian ini memiliki ekspektasi hidup yang sangat tinggi, 81 tahun. Tingginya ekspektasi hidup di Jerman ditunjang dengan gaya hidup sehat yang dilakukan oleh warganya. Orang Jerman tradisional banyak mengkonsumsi sayur dan daging sebagai makanan seari-hari dan rendah karbohidrat. Bagi orang Jerman, sarapan pagi adalah hal yang paling utama untuk menunjang kesehatan.

Jerman [image source]
Jerman [image source]
Sekitar 11% dari total keuangan negara di Jerman digunakan untuk pelayanan kesehatan. Bayangkan betapa pemerintah Jerman sangat memperhatikan seluruh warganya. Bahkan saat keadaan darurat, anda tidak akan perlu membayar taksi yang mengantarkan anda menuju rumah sakit dalam keadaan darurat!

Bonus…

Okinawa

Sebenarnya Okinawa bukanlah negara, tapi deretan kepulauan paling selatan dari Jepang. Di pulau ini, hampir sebagian besar warganya memiliki umur lebih dari 100 tahun. Meski demikian mereka tetap hidup dengan sehat dan dapat melakukan aktivitas fisik seperti berkebun hingga menjadi nelayan di lautan meski umurnya tak lagi muda.

Okinawa [image source]
Okinawa [image source]
Rahasia penduduk di Okinawa memiliki umur sangat panjang adalah kualitas dietnya. Mereka banyak mengkonsumsi makanan segar dari kebun dan laut. Selain itu konsep makan orang Okinawa adalah berhenti makan sebelum perut kenyang dan makan lagi sebelum kelaparan. Resep ini diwariskan turun temurun kepada anak dan cucu di Okinawa. Ah nyaris ketinggalan, satu lagi resep awet muda ala Okinawa: kurangi stress dan selalu bahagia!

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Benda Unik yang Terinspirasi Sosok Hitler

Bawa 20 Mobil Mewah, Pria ini Malah Ditolak Lamaran Cintanya