Saking Tercemarnya, 5 Negara Ini Menjualbelikan Udara Bersih dengan Harga Mahal

Di Indonesia mah enak, udara sangat banyak yang bersih, tinggal hirup sana sini

oleh Arief Dian
09:00 AM on Jun 20, 2017

Beberapa waktu yang lalu kita digegerkan dengan berita udara bersih kalengan yang laku di jual di China. Seolah tidak bisa dipercaya, namun ternyata hal tersebut benar adanya. Keadaan polusi udara yang begitu kritis mengakibatkan mengimpor udara dari negara lain. Akhirnya berapa perusahaan mengeluarkan produk udara bersihnya untuk dijual ke China.

Salah satu perusahaan yang lumayan sukses menjual udara bersih adalah “Vitality Air”. Dari sana kita jadi tahu negara mana saja yang menghargai udara bersih jadi sangat mahal. Bukan hanya itu, kita juga bisa tahu seberapa parahnya negara itu dalam krisis udara. Yang jelas hal itu membuat kita bersyukur hidup di Indonesia. Jadi negara mana sajakah itu?

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Menjadi kebutuhan pokok bagi rakyat Iran

Iran [image source]
Dari penjualan produk udara bersih semacam “Vitality Air”, kita jadi mengetahui keadaan di beberapa negara yang mengalami krisis parah masalah udara. Iran sampai saat ini memang menduduki peringkat pertama sebagai negara paling tercemar di dunia. Hal tersebut dikarenakan memang banyak di kawasan Iran merupakan daerah industri. Pencemaran di sana bisa dimasukkan dalam kategori kritis. Semua elemen alam di beberapa kota di Iran sudah sangat tercemar, baik air, udara bahkan hingga makanan, sudah tidak layak untuk digunakan. Perusahaan Vitality Air sendiri sudah mengkonfirmasi kalau menjual produknya ke negara timur tengah itu.

Langganan utama dari China

China [image source]
Negara yang satu ini sudah sangat terkenal dengan krisis udaranya yang luar biasa parah. Oleh sebab itu produk berbasis udara bersih ternyata sangat laku di sana. Sudah ada beberapa perusahaan berbeda yang mengeluarkan produk udara bersih untuk masyarakat China. Ada sangat beragam varian harga yang diberikan, mulai dari Rp. 3 ribu rupiah hingga Rp. 6 ratus ribu rupiah bahkan jutaan rupiah. Dan semuanya selalu laku diborong oleh masyarakat di sana, terutama di kota besar seperti Xi’an atau Beijing.

Di India, udara segar juga sangat laku di pasaran

India [image source]
Sama halnya yang ada di tanah Bollywood, ternyata udara bersih juga menjadi salah satu barang yang diperjualbelikan secara bebas. Untuk menikmati sebuah udara bersih, seseorang harus mengeluarkan uang kurang lebih 12,50 rupee atau ratusan ribu rupiah untuk satu kalengnya. Meskipun terkesan lumayan mahal ketimbang yang ada di negara lain, namun produk udara bersih ini selalu saja laku di pasaran. Memang India ini beberapa kotanya dinobatkan sebagai pemilik udara yang paling tercemar di dunia, bahkan China saja kalah darinya.

Di Pakistan juga dijual mahal

Pakistan [image source]
Serupa dengan yang ada di India, rencananya produk udara bersih itu juga akan dijual di Pakistan. Tentunya dengan harga yang tidak jauh dengan yang ada di India. Perusahaan Vitality Air sudah mengkonfirmasi sudah ada agen di area sekitar Karacchi. Memang negara mayoritas muslim ini sudah sangat terkenal dengan polusi parahnya di dunia. Lebih dari tiga kotanya masuk dalam jajaran kota yang paling kotor dan tidak layak untuk dihuni manusia. Sama seperti daerah lain, kemungkinan produk udara bersih itu juga bakal laku keras di sana.

Di Eropa malah dijadikan cinderamata

Udara kalengan souvenir [image source]
Lain lagi yang ada di beberapa daerah di Eropa, pasalnya meskipun di sana tidak kekurangan udara bersih, namun produk serupa juga dijual di pasaran. Bukan sebagai kebutuhan bernafas, udara bersih dijual sebagai salah satu cinderamata yang sangat diminati oleh masyarakat. Entah sejak kapan tren ini dimulai, tapi sampai sekarang masih banyak orang yang membeli produk tersebut. Bukan hanya satu jenis, namun semua dijual dengan tipe yang berbeda tergantung dari mana udara tersebut didapatkan.

Bagi kita mungkin udara adalah hal sepele, tapi siapa sangka jika di luar sana orang-orang bahkan harus membayar cukup mahal untuk itu. Kita mesti bersyukur hidup di Indonesia ini, udara bersih ada di mana-mana. Ini juga jadi PR kita untuk tetap menjaganya dan tidak mencemarinya jika tidak ingin seperti negara di atas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA