Bukan Cuma Jepang dan Belanda, Ternyata Wilayah Indonesia Pernah Dijajah 5 Negara Ini!

oleh Anas Anas
07:00 AM on Jul 31, 2016

Selama berabad-abad Indonesia memiliki sejarah kelam dijajah bangsa asing. Hal ini tak lain karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Berdalih ingin bekerja sama dalam perdagangan, ternyata negara-negara tersebut justru kian membuka niat busuknya untuk menjajah Indonesia. Jadilah negara yang terkenal santun ini justru menjadi makanan empuk bagi penjajah yang ambisius tersebut.

Dalam sejarahnya, di wilayah Indonesia bukan saja Belanda dan Jepang yang penah bermukim menjajah Indonesia. Portugis, Spanyol, dan Inggris ternyata juga pernah datang ke wilayah Indonesia untuk melakukan penjajahan. Kira-kira bagaimana sejarah penjajahan ke lima negara tersebut? Berikut kami ulas fakta negara-negara yang pernah menjajah Indonesia.

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

1. Portugis, Negara Pertama yang Menjajah Indonesia

Alfonso de Albuquerque adalah tokoh yang paling bertanggung jawab atas dimulainya kolonisasi Indonesia oleh bangsa Eropa selama berabad-abad, terutama oleh Inggris dan Belanda. Pasalnya, pelaut portugis ini adalah orang Eropa pertama yang mencapai lautan nusantara. Darinya, berita melimpahnya hasil rempah-rempah Indonesia tersiar cepat ke daratan Eropa. Apalagi komoditas rempah saat itu sangat dicari dan dianalogikan setara dengan emas.

Peta penjajahan Portugis [image source]
Peta penjajahan Portugis [image source]
Pertama kali tiba di wilayah nusantara, bangsa Portugis sudah menaklukkan Malaka di tahun 1512. Lalu pelayaran berlanjut ke Maluku dengan mendarat di Kepulauan Banda dan kepulauan Penyu. Awalnya mereka diterima dengan baik di Ternate, namun hal itu berakhir di tahun 1570 dengan peperangan yang dikobarkan Sultan Baabullah karena Portugis melaukan monopoli dan persebaran agama. Portugis terusir ke Tidore dan Ambon sampai akhirnya Belanda datang dan berhasil mendepak mereka dari Maluku ke arah Pulau Timor sampai abad ke-20.

2. Spanyol, Sekejap Menjajah Indonesia Karena Perjanjian Saragosa

Kedatangan bangsa Spanyol ke nusantara diawali oleh Cristopher Columbus yang berlayar ke barat dan kemudian justru menemukan San Salvador. Kegagalan ini kemudian diikuti oleh Ferdinand Magellan yang berangkat melewati Samudra Atlantik kemudian masuk ke Samudra Pasifik dan pada tahun 1521 sampai di Filipina. Sayangnya Magellan terbunuh di tempat tersebut karena ada perang suku sebelum Del Cano mengambil alih pimpinan untuk sampai ke Tidore.

Penjajahan Spanyol [image source]
Penjajahan Spanyol [image source]
Kedatangan Spanyol di Tidore tentu membuat panas bangsa Portugis yang merasa tercancam keberadaannya. Terlebih lagi, Ternate yang bersahabat dengan Portugis, ternyata sudah lama bermusuhan dengan Tidore. Pada tahun 1527 meledaklah pertempuran antara kedua daerah itu dengan dibantu Spanyol dan Portugis di masing-masing kubu. Hasilnya, benteng Spanyol di Tidore berhasil direbut Portugis. Untuk menyelesaikan masalah kedua penjajah ini, dibuatlah Perjanjian Saragosa tahun 1534 yang membagi wilayah Maluku menjadi milik Portugis dan Spanyol angkat kaki menuju Filipina.

3. Inggris, Menjajah Indonesia Selama 5 Tahun

Belanda sempat kehilangan wilayah jajahannya di nusantara akibat terjadi Kapitulasi Tuntang, yakni perjanjian yang mengharuskan Belanda menyerahkan Indonesia kepada Inggris. Perjanjian ini terjadi akibat Belanda kalah dari serangan 60 kapal Inggris yang berhasil menguasai Batavia pada tahun 1811. Di saat yang sama, di negeri Belanda juga terjadi penjajahan Perancis di bawah Napoleon Boneparte. Peristiwa yang bersamaan ini terjadi saat Hindia Belanda dipimpin Gubernur Jenderal Jansens.

Penjajahan Inggris [image source]
Penjajahan Inggris [image source]
Selama dijajah Inggris, Stamford Thomas raffles memegang kekuasaan penuh di nusantara. Sayangnya kekuasaannya tak berlangsung lama akibat terjadi perubahan politik di Eropa. Di tahun 1813 terjadi perang antara Inggris dan Perancis yang berhasil dimenangkan Inggris. Pemerintahan Napoleon Boneparte di Belanda pun jatuh di tahun 1814. Di tahun itu juga terjadi perundingan antara Inggris dan Belanda yang menghasilkan Perjanjian London, di mana tahun 1816 Inggris harus mengembalikan wilayah jajahan Belanda yang dulu direbutnya. Dengan demikian, berakhir pula era penjajahan Inggris.

4. Belanda, Negara yang Menjajah Indonesia Selama 350 Tahun

Di tahun 1602 Portugis mengakhiri era penjajahannya setelah bangsa Belanda berganti menjajah Indonesia. Belanda masuk ke nusantara di bawah pimpinan Cornelius de Houtman melalui pelabuhan Banten. Untuk memonopoli pasar rempah-rempah di Indonesia, di tahun itu pula Belanda mendirikan Verenigde Oostindische Compagnie atau yang biasa disebut VOC. Awalnya VOC gagal bersaing dengan pedagang Inggris dan Tionghoa di Banten sehingga harus dipindahkan ke Sulawesi Selatan yang ternyata juga mendapat perlawanan Sultan Hassanudin. Akhirnya VOC pindah dan menetap di Yogyakarta.

Penjajah Belanda [image source]
Penjajah Belanda [image source]
Sepak terjang VOC berakhir di tahun 1800 setelah Belanda kalah perang dari Perancis. Pasca kekalahan itu, justru penjajahan Belanda terjadi semakin parah dan sadis. Daendels ditunjuk sebagai gubernur jendral dan saat itulah dimulai pembangunan jalan raya pos yang memakan banyak korban. Di masa Gubernur Jendral Van Den Bosch penjajahan semakin gila dengan era tanam paksa yang menyiksa rakyat bukan hanya fisik tapi juga materi. Era penjajahan Belanda berakhir setelah mereka menyerah tanpa syarat terhadap Jepang di tahun 1942 melalui Perjanjian Kalijati.

5. Jepang, Negara yang Menjajah Indonesia Selama 3,5 Tahun

Era penjajahan berlangsung tidak lama. Setelah mendapat wilayah jajahan di Indonesia tahun 1942, Jepang mengakhiri penjajahannya tahun 1945. Meski berlangsung singkat, faktanya sistem penjajahannya tidak jauh berbeda dengan penjajah-penjajah terdahulu, bahkan cenderung lebih kejam. Saat itu, Jepang merupakan salah satu negara terkuat setelah Jerman dan Italia dalam Perang Dunia II. Bangsa Jepang pun baru tumbuh menjadi negara imperialis seumur jagung, oleh karenanya mereka memanfaatkan baik-baik masa penjajahan di Indonesia ini.

Penjajah Jepang [image source]
Penjajah Jepang [image source]
Di Indonesia, Jepang bukan saja meraih kejayaan dengan memperoleh pasar rempah-rempah dunia, tapi juga memperoleh kekuasaan atas tanah jajahan yang begitu luas. Hal ini tentu saja sangat berguna untuk pembangunan industri negaranya. Untuk memperkuat ketahanan militer, Jepang juga turut membentuk satuan pasukan Heiho (pasukan Indonesia buatan Jepang), tentara PETA (Pembela Tanah Air) dan Hokokai (pengganti Putera). Selain itu, Jepang yang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia juga membntuk PPKI dan BPUPKI. Akhirnya badan inilah yang mengantarkan kemerdekaan Indonesia di tahun 1945 menyusul kekalahan Jepang atas negara sekutu pasca bom atom di Hiroshima dan Nagasaki.

Nah, itulah negara-negara yang pernah menjajah wilayah Indonesia. Ternyata untuk menjadi negara besar seperti sekarang ini, Indonesia harus melalui jalan terjal penjajahan selama berabad-abad. Untuk itulah, kita sebagai generasi muda Indonesia, harusnya sudah banyak mendapat pelajaran masa lalu. Sehingga, saat inilah waktu yang tepat untuk memberikan yang terbaik dalam membangun Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA