WASPADA! 5 Negara ini Hobinya Mencaplok Wilayah Asing di Perbatasan

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 6, 2016

Secara teori, negara terbentuk melalui banyak sekali proses. Pertama adalah dengan pendudukan, lalu ada juga peleburan beberapa wilayah tertentu, pemisahan, dan terakhir adalah pencaplokan. Di dunia ini, masalah pencaplokan suatu wilayah telah menjadi isu yang sangat besar. Bahkan akibat pencaplokan ini perang pun bisa terjadi.

Di era modern seperti sekarang, pencaplokan wilayah negara tertentu masih sering terjadi. Bahkan Indonesia sendiri pernah mengalaminya. Berikut selengkapnya negara mana saja yang suka merebut wilayah negara lain secara ilegal.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Israel

Sudah menjadi rahasia umum jika Israel telah banyak sekali mencaplok wilayah dari Palestina. Sejak perang yang terjadi puluhan tahun yang lalu. Wilayah dari Israel terus bertambah dengan sangat signifikan. Bahkan bila hal ini terus dibiarkan, Palestina akan kehilangan semua wilayahnya tanpa terkecuali.

Israel mencaplok Palestina [image source]
Israel mencaplok Palestina [image source]
Israel terus melakukan penyerangan-penyerangan dengan brutal. Bahkan mereka rela membunuh rakyat yang tak berdosa dengan senjata yang mematikan. Apa yang dilakukan Israel ini sebenarnya merupakan kejahatan perang. Namun sampai saat ini tak ada pihak yang mau atau berani menindaknya dengan tegas.

2. Tiongkok

Negara selanjutnya yang suka sekali mencaplok wilayah negara lain adalah Tiongkok. Negara yang memiliki penduduk paling besar di dunia ini sejak dulu mencaplok perlahan-lahan wilayah Mongolia. Bahkan Tiongkok menganggap wilayah itu miliknya hingga kerap melakukan hal yang mengerikan.

Presiden Tiongkok [image source]
Presiden Tiongkok [image source]
Selanjutnya adalah wilayah-wilayah di Laut China Selatan. Tiongkok telah mencaplok beberapa wilayah dari kepulauan milik Filipina. Bahkan beberapa saat lalu dikabarkan jika mereka juga ingin memberikan klaim atau kepemilikan Kepulauan Natuna milik Indonesia.

3. Rusia

Rusia adalah negara besar yang ternyata punya sifat tamak seperti Tiongkok. Negeri ini suka sekali mengurusi masalah negara lain dalam hal ini Ukraina. Bahkan dikabarkan jika Rusia perlahan-lahan ingin mencaplok wilayah tersebut dengan mengirimkan banyak sekali pasukan di perbatasan. Akibatnya hubungan Rusia dan Ukraina jadi sangat memanas.

Vladimir Putin [image source]
Vladimir Putin [image source]
Apa yang dilakukan oleh Rusia ternyata mendapatkan ancaman dari dunia internasional. Mereka akan menyerang Rusia jika sampai Ukraina diserang lalu dicaplok begitu saja. Invasi ke Ukraina adalah proyek tersembunyi dari Rusia. Jika ini berhasil maka Rusia akan mempraktikkannya lagi ke negara yang pecah zaman Uni Soviet dulu.

4. Malaysia

Negara tetangga kita yang satu ini memang dikenal suka sekali membuat masalah. Masalah pencaplokan Pulau Sipadan dan Ligitan di masa lalu masih menyisakan luka bagi orang di Indonesia. Belum lagi mereka juga pernah melakukan klaim pada blok Ambalat yang kaya akan kandungan sumber daya minyak.

Ligitan [image source]
Ligitan [image source]
Selain wilayah pulau dan lautan. Malaysia juga kerap secara sengaja mencaplok wilayah di perbatasan. Mereka main serobot dengan mengelola wilayah itu menjadi lebih baik. Apa yang dilakukan oleh Malaysia ini membuat Indonesia harus menjaga ketat perbatasannya yang sangat panjang di Pulau Kalimantan.

5. Timor Leste

Timor Leste adalah negara baru yang bisa dibilang mulai usil mengusik wilayah perbatasan dengan Indonesia. Mereka berani membangun bangunan permanen di wilayah yang seharusnya tak boleh dibangun apa-apa. Menanggapi hal ini Pemerintah Indonesia akan melakukan pembicaraan dengan pihak Timor Leste.

perbatasan Indonesia dan Timor Leste [image source]
perbatasan Indonesia dan Timor Leste [image source]
TNI tidak akan membiarkan sejengkal wilayah pun dicaplok oleh Timor Leste. Pihaknya masih mengkaji kemungkinan Timor Leste hanya melakukan provokasi dan membuat situasi antara dua pihak memanas tak terkendali.

Inilah lima negara yang hobinya mencaplok wilayah negara lain terutama wilayah perbatasannya. Selain lima negara di atas, adakah lagi negara yang hobinya mencaplok wilayah negara lain ya sobat Boombastis?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content