Miris! 5 Negara Besar ini Ternyata Lebih Korup dari Indonesia

oleh Adi Nugroho
15:20 PM on Apr 2, 2016

Setiap tahun Transparency International merilis sebuah indeks yang menunjukkan posisi negara di dunia dalam hal korupsi. Semakin tinggi indeks CPI (Corruption Perceptions Index) yang dimiliki suatu negara, maka negara itu semakin rendah dalam kasus korupsinya. Indonesia berada di peringkat 88 dengan nilai CPI sebesar 36. Nilai ini ternyata masih kalah jauh dengan Singapura yang memiliki skor 85, dan Malaysia dengan skor 50.

Selain Indonesia, ternyata banyak sekali negara-negara yang memiliki skor CPI sangat rendah. Bahkan korupsi di negeri itu seperti budaya yang biasa hingga susah ditanggulangi. Inilah daftar negara besar yang ternyata lebih korup dari Indonesia. Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Venezuela

Venezuela adalah negara ke-32 paling luas di dunia. Negara ini memiliki sektor utama berupa tambang minyak. Selain itu tingkat pariwisata di negeri ini juga sangat tinggi. Venezuela juga merupakan negara yang dikenal memiliki prestasi di dunia pageant dunia. Tak mengherankan jika negeri yang terletak di Amerika Latin ini memiliki banyak gadis yang sangat cantik.

Protes korupsi di Venezuela image source]
Protes korupsi di Venezuela [image source]
Prestasi hebat di atas sepertinya tak membuat negeri ini kian maju. Pasalnya pada tahun 2015 saja nilai CPI negeri ini hanya mencapai 17. Atau berada di peringkat 158 sebagai negara yang bersih dari korupsi. Setiap ada pergantian pemimpin baru, korupsi selalu merajalela. Parahnya, hampir semua warga di Venezuela percaya jika 75% orang pemerintahan adalah mereka yang sangat korup.

2. Rusia

Rusia memiliki peringkat 119 sebagai negara paling bersih dalam kasus korupsi. Nilai CPI dari Rusia hanyalah 29 saja. Saat ini Rusia adalah satu-satunya negara yang bisa melawan Amerika. Militer dan ekonomi negeri ini juga termasuk jajaran atas dunia. Di bawah Vladimir Putin, Rusia telah menjelma menjadi kuda hitam yang siap menjegal kekuatan besar di dunia.

Vladimir Putin [image source]
Vladimir Putin [image source]
Sebelumnya Rusia berada di peringkat 90-an pada daftar negara paling anti-korupsi. Namun peringkat itu langsung anjlok dan akhirnya bertahan di angka 119. Hal ini bisa terjadi karena negeri ini mulai darurat penyuapan. Segala hal yang ada di Rusia bisa dibeli dengan uang. Disadari atau pun tidak, Valdmir Putin pun kerap menggunakan uang negara untuk keperluan-keperluan pribadinya. Mirip sekali dengan Kim Jong-un.

3. Pakistan

Pakistan adalah salah satu negara paling besar di dunia. Jumlah penduduknya berada di peringkat 6 atau satu tingkat di bawah Indonesia. Untuk masalah korupsi, negeri ini ternyata juga jago. Bahkan saking banyaknya korupsi di negeri ini, Pakistan hanya mendapatkan peringkat 117 dengan nilai CPI 30. Peringkat ini termasuk lumayan tinggi jika dibandingkan dengan negara satu regionalnya seperti Afganistan dan Turkmenistan.

Protes korupsi di Pakistan image source]
Protes korupsi di Pakistan [image source]
Pakistan sebenarnya negara yang kuat dalam bidang militer. Negara ini bahkan sudah mengembangkan senjata nuklir yang bahkan Indonesia saja tak mampu. Korupsi di Pakistan merajalela di bidang hukuk, pendidikan, kesehatan, kepolisian, pajak, hingga olahraga. Segala hal di Pakistan sepertinya dijadikan sebagai ladang untuk mengeruk uang sebanyak-banyaknya.

4. Vietnam

Vietnam berada di peringkat 112 dan skor CPI hanya berada di angkat 31. Mungkin Indonesia boleh sedikit berbangga hati karena ada negara satu regional yang lebih parah korupsinya. Meski demikian, akan lebih baik jika kebanggaan itu dikembangkan menjadi sebuah budaya anti korupsi hingga akhirnya Indonesia bisa menyamai prestasi dari Singapura.

Dialog anti-korupsi image source]
Dialog anti-korupsi [image source]
Sejak merdeka dan akhirnya bebas dari perang, negeri ini mulai dikuasai oleh kaum kapitalis. Sektor-sektor penting pun akhirnya menjadi lahan korupsi yang tak ternilai harganya. Akibat maraknya korupsi di negeri ini, investor asing jadi enggan menanamkan modalnya. Hal ini berdampak buruk pada perekonomian Vietnam. Pemerintah negeri ini sebenarnya sudah mengusahakan peraturan anti korupsi, namun korupsi yang telah mengakar ternyata susah diatasi.

5. Iran

Iran berada di peringkat 130 dengan skor CPI hanya berkisar 27 saja. Nilai yang sangat rendah ini membuat Iran semakin terpuruk dalam hal korupsi. Bahkan dari tahun ke tahun nilai ini tetap bertahan dan tidak ada peningkatan yang signifikan pada program anti korupsi yang mulai digalakkan oleh negara yang menjadi musuh bebuyutan Arab Saudi ini.

Presiden Iran (Kiri) image source]
Presiden Iran (Kiri) [image source]
Iran adalah negara yang sangat kuat dalam bidang minyak bumi. Bahkan sektor inilah yang menyebabkan konflik dengan negara Liga Arab. Selain itu negeri ini juga sangat kuat dalam bidang militer. Pengembangan senjata nuklirnya bahkan membuat banyak negara dunia bergejolak. Sayangnya, korupsi di negeri ini seperti tidak ada habisnya.

Inilah lima negara besar yang ternyata lebih korup dari Indonesia. Di negara ini korupsi sudah membudaya dan susah sekali diuraikan. Semoga di masa depan Indonesia akan semakin baik dan tidak menjadi negara yang hobinya korupsi. Anyway, mungkin enggak ya negeri ini benar-benar bebas korupsi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA