in

5 Negara Paling Korup di Tahun 2016, Indonesia Apa Kabar?

5. Sudan Selatan, Negara yang Cukup Kaya Tapi Miskin

Seperti yang disinggung di poin sebelumnya, perang saudara di Sudan menyebabkan perpecahan wilayah. Hingga akhirnya berdirilah negara Sudan Timur yang beribu kota di Juba itu. Meskipun memilih untuk memisahkan diri, tak lantas membuat negara yang berbatasan dengan Kenya ini serta merta makmur. Justru mereka menghadapi petaka besar. Ya, korupsi.

Sudan Selatan [Image Source]
Sudan Selatan [Image Source]
Sudan Selatan sebenarnya cukup kaya, mereka nyatanya punya ladang minyak yang cukup untuk membuat semua rakyatnya hidup dengan cukup. Sayangnya, alih-alih dipakai untuk menyejahterakan rakyat, sumber daya ini justru dikorupsi oleh pihak-pihak tertentu. Salah pemerintah mereka juga yang dikatakan payah dalam mengelola tambang-tambang minyak yang ada.

BACA JUGA: 5 Fakta Ngeri Tentang Penjara Guantanamo, Lapas Paling Kejam di Dunia

Inilah daftar negara paling korup di dunia. Miris sih kalau lihat keadaanya, korupsi sampai membuat negara mereka hancur. Namun, kabar baiknya, Indonesia tidak masuk dalam daftar ini. Artinya, negara kita bukan lagi dicap negerinya koruptor. Meskipun demikian, bukan berarti lantas kita bisa berleha-leha tanpa melakukan aksi preventif terhadap hal-hal yang berbau korupsi tersebut.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Sari Cuka Apel [image source]

Sari Cuka Apel Murni Penangkal Jerawat

NGERI, 5 Daerah di Indonesia ini Dikenal Dengan Kegilaan Para Begalnya